Bermasalah (Lagi), Jadwal Rilis The Last Guardian Ditunda (Lagi)

jadwal rilis the last guardian

Sembilan tahun rupanya masih belum cukup untuk mengembangkan game ini. Karena ada masalah lagi, jadwal rilis The Last Guardian pun ditunda lagi! Ditunda sampai kapan ya?

Sembilan tahun (hampir satu dekade!) mengembangkan sebuah game tentu bukan waktu yang sebentar. Bahkan, ada juga beberapa game yang “terpaksa” harus berpindah platform ke yang lebih modern karena tuntutan perkembangan generasi konsol yang lebih cepat. Hal tersebut dialami oleh The Last Guardian, judul yang digadang-gadang bakal menjadi penerus dari ICO dan Shadow of the Colossus. Awalnya direncanakan rilis untuk PS3, banyak masalah menghampiri dalam pengembangannya sebelum akhirnya “dibangkitkan” kembali menjadi judul eksklusif PS4.

Namun The Last Guardian sepertinya “akrab” dengan masalah. Pasca dikonfirmasikan bakal rilis bulan Oktober 2016 ini dalam E3 2016 lalu, game besutan genDesign dan SIE Japan Studio ini rupanya harus rela ditunda lagi perilisannya. Padahal pada saat itu, Sony pun dengan pede mengungkapkan bahwa jadwal rilis The Last Guardian tersebut sudah resmi dan tidak akan molor lagi.

Lalu molor berapa lama lagi? Dilansir dari pernyataan boss Sony Games Shuhei Yoshida, jadwal rilis The Last Guardian molor kurang lebih dua bulan. Semula dirilis bulan Oktober, game ini akhirnya direncanakan rilis pada tanggal 7 Desember 2016 mendatang. Alasannya klasik: masih banyak ditemukan bug, dan developer masih ingin memolesnya sehingga menawarkan pengalaman bermain yang maksimal saat dirilis nanti.

jadwal rilis the last guardian

“Fumito Ueda, genDesign dan Japan Studio sudah memiliki visi menakjubkan untuk The Last Guardian, dan kami ingin memberikan pengalaman terbaik untuk para fans yang sudah mendukung kami selama ini,” ungkap Yoshida seperti dikutip dari pernyataannya. “Penundaan ini adalah keputusan sulit, namun kami menemukan bug yang lebih dibandingkan yang kami perkirakan ketika pengembangan sudah memasuki tahap akhir. Untuk memastikan The Last Guardian bisa memberikan apa yang diharapkan, kami membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

Sudah hampir 10 tahun dikembangkan, tapi masih ada saja masalah yang menghampiri? Benar-benar akrab dengan masalah ya!

jadwal rilis the last guardian

Masalah serupa pun dialami oleh Final Fantasy XV yang juga sudah lama “terkurung” dalam studio pengembangan. Sebelumnya (dan dengan alasan yang hampir sama), Square Enix juga memastikan bahwa jadwal rilis Final Fantasy XV ditunda, semula bulan September ini menjadi 29 November 2016 mendatang.

Penantian 9 Tahun Berakhir, Ini Dia Jadwal Rilis RESMI The Last Guardian!

Hampir satu dekade penantian, akhirnya Sony mengkonfirmasikan jadwal rilis resmi The Last Guardian! Semoga tidak ditunda lagi ya...
Baca Juga

Jadi, bagi yang ingin memainkan The Last Guardian, harap bersabar beberapa bulan lagi ya! Semoga setelah ini tidak ada penundaan lagi…

Duniaku Network adalah media partner resmi #TokyoGameShow untuk Indonesia.

 


SHARE
Previous articleTernyata Ini Rahasia Capcom untuk Membuat Resident Evil 7 Makin Horor!
Next articleBenarkah MOD Fallout 4 Tidak Akan Bisa Digunakan dalam PS4?
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.