Membandingkan Final Fantasy XII The Zodiac Age Versi PS4 dengan PS2!

Final Fantasy XII The Zodiac Age

UPDATE: Square Enix telah merilis versi extended video trailernya, yang bisa kalian lihat di bawah ini!

Event video game tahunan terbesar di Jepang, Tokyo Game Show 2016 (TGS 2016) telah digelar mulai 15 September kemarin. Event ini bakal berlangsung hingga 18 September 2016 nanti, dengan Duniaku.net kembali ditunjuk (selama lima tahun berturut-turut) sebagai media partner resmi dari Indonesia, dan bakal melaporkan langsung event ini dari lokasi berlangsungnya TGS 2016 di pusat konvensi Makuhari Messe, Chiba, Jepang. Salah satu penerbit game dari Jepang yang tidak pernah absen selama TGS adalah Square Enix. Dewanya game role-playing game (RPG) ini datang dengan salah satu game remastered yang banyak dinantikan kehadirannya, Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Berikut video trailer terbarunya yang dirilis bersama Sony Interactive Entertainment (karena memang eksklusif PlayStation 4) khusus untuk TGS 2016.

Final Fantasy XII: The Zodiac Age, yang sejauh ini belum dipastikan tanggal rilisnya (hanya tahun 2017 mendatang), meningkatkan kualitas game aslinya yang hadir tahun 2006 lalu dengan grafis dan suara high-definition, waktu loading yang jauh dipersingkat, fungsi auto-save, mode bermain dengan kecepatan tinggi hingga pembenahan di sisi gameplay pertarungan serta juga sistem job-nya. Peningkatan tersebut sepertinya sudah menjadi standar perlakuan Square Enix untuk game-game “daur ulangnya” beberapa tahun belakangan.

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (4)

Dreams Come True! Final Fantasy XII: The Zodiac Age Dikonfirmasikan untuk PS4

Akhirnya, setelah sekian lama, rumor menjadi kenyataan... Final Fantasy XII mendapatkan versi remastered dan membawa semua pembenahan dari versi Internastional! Lanjutkan dengan remake Vagrant Story, please!!
Baca Juga

Meskipun kami sempat menyangsikan langkah Square Enix dalam mengarahkan masa depan serialFinal Fantasy, namun tidak bisa dipungkiri strategi mereka membangkitkan seri-seri klasiknya, yang sepertinya digunakan sebagai sarana nostalgia, atau bagi mereka yang sedikit tidak setuju dengan konsep karakter “boyband” dalam Final Fantasy XV, juga termasuk harapan yang dulu mungin hanya menjadi angan-angan saja. Namun dengan diwujudkannya Final Fantasy VII Remake, penggemar Final Fantasy, khususnya seri-seri lama untuk PlayStation One dan PlayStation 2, seakan mendapat semangat baru kembali menggemakan harapan agar Square Enix mau memoles kembali game lamanya untuk platform modern.

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (5)

Termasuk Final Fantasy XII, yang juga termasuk seri Final Fantasy terfavorit, serta menjadi indikasi kuat jika game lainnya yang memiliki latar lokasi sama dari keluarga Ivalice Alliance juga akan mengikutinya. Versi remastered ini juga memilih versi Final Fantasy XII International Zodiac Job System sebagai basis, yang merupakan versi terlengkap dan terupdate dari Final Fantasy XII, dan dirilis setahun setelah versi aslinya, pada Agustus 2017 silam untuk PS2. Sayangnya, versi International Zodiac Job tersebut tidak pernah ditranslasikan, sehingga menjadikan remake untuk PS4 ini kesempatan emas untuk siapa saja yang ingin merasakan Final Fantasy XII dalam gameplay yang lebih lengkap. Hal itu juga menjelaskan kenapa dalam remake ini ditambahkan subtitle “The Zodiac Age.”

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (6)

Ini yang Perlu Diketahui dari Dragon Quest VII, Game yang Bisa Bikin Kalian Kembali Jomblo!

Versi global Dragon Quest VII segera hadir... Lihat berbagai videonya berrikut untuk mengenal seperti apa game yang sanggup mengambil ratusan jam waktu kalian hanya untuk memainkannya....
Baca Juga

Oh ya, membaca kebiasaan Square Enix sebelumnya, kalian sabar saja, karena kemungkinan setahun setelah versi PS4 game ini dirilis, akan menyusul versi PC melalui Steam.

Berikut detail daftar pembenahan yang mereka lakukan untuk versi remastered ini:

Peningkatan Visual

  • Kini menggunakan visual resolusi tinggi untuk latar belakang, model karakter, dan semua bagian 2D termasuk juga font tulisan
  • Adegan film cutscene juga diubah resolusi tinggi
  • Ekspresi visual menyesuaikan dengan kekuatan platform game saat ini

Peningkatan Suara

  • Dukungan suara surround 7.1channel
  • Dukungan suara berkualitas tinggi
  • Suara karakter dalam bahasa Inggris dan Jepang (bebas diganti dalam konfigurasi)
  • Musik soundtrack orisinalnya, dan juga yang diaransemen ulang (bebas diganti dalam konfigurasi)

Peningkatan Sistem

  • Waktu loading yang dipersingkat
  • Fungsi save data otomatis
  • Mode high-speed / Turbo yang diperbaiki, serta pengoperasian selama mode tersebut juga ditingkatkan

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (1)

Impian RPG Dissidia Final Fantasy Terwujud, Opera Omnia Diumumkan untuk Android dan iOS

Kalian pasti sudah menantikannya sejak lama, akhirnya Square Enix mewujudkan sebuah RPG yang karakternya berisi para jagoan utama serial Final Fantasy! Kerennya lagi, game ini dibuat untuk hape Android dan iPhone!
Baca Juga

Untuk perbandingan kualitas screenshot game aslinya dengan yang baru, bisa kalian lihat melalui video di bawah:

Jika kalian ketinggalan, berikut dua video lainnya, impresi gameplay yang didemokan selama event E3 2016 pada bulan Juni lalu.

Final Fantasy XII The Zodiac Age – E3 2016 LiveCast

Final Fantasy XII The Zodiac Age – New PS4 Gameplay

Duniaku Network adalah media partner resmi #TokyoGameShow untuk Indonesia.

Sumber: Square Enix


SHARE
Previous articleTidak Puas “Nodai” Resident Evil, Hollywood Bakal Garap Film Monster Hunter!
Next articleLagi-Lagi Bandai Namco Pamer Pose Keren Para Petarung Tekken 7
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.