Galaxy Note 7 Bakal Segera Dijual Kembali! Ini Bedanya dengan yang Gampang Meledak!

Galaxy Note 7 Meme

Merespon keluhan 35 kasus meledaknya Galaxy Note 7, Samsung pun menarik kembali (recall) smartphone besar tersebut dari pasaran. Sekitar 2,5 juta unit Galacy Note 7 ditarik kembali dari pasaran (satu juta unit terjual, dan 1,5 juta lainnya sudah siap dijual). Sayangnya, tidak semua dari 35 kasus tersebut terekspos. Beberapa waktu lalu lalu memang kita mendapati beberapa gambar yang memperlihatkan Galaxy Note 7 terbakar dan meledak, dan jelas jika area ledakan berada pada bagian baterainya. Samsung juga merespon hal ini, dan mengakui jika memang baterai dalam phablet tersebut bermasalah. Mereka memilih me-recall semua unit ke negara asalnya untuk inspeksi lebih lanjut. Kabarnya, biaya untuk proses penarikan kembali ini mencapai Rp13 trilyun!

Galaxy Note 7 Meledak

Meme Galaxy Note 7 Terbukti! Android Samsung Ini Lebih Kuat dari Granat!

Meme Galaxy Note 7 Terbukti! Smartphone Samsung Ini Lebih Kuat dari Granat! Galaxy Note 7 Meme, Ban Galaxy Note 7 Banned, Galaxy Note 7 Dilarang
Baca Juga

Menurut Samsung, salah satu pemasok baterai Galaxy Note 7 adalah Samsung SDI, yang melengkapi hingga 70% Galaxy Note 7 yang sudah diproduksi hingga saat ini. Baterai produksi mereka yang sudah dipastikan menjadi “tersangka” utama phablet ini mengalami overheat, dan akhirnya meledak. Selain melakukan recall, beberapa langkah lainnya dilakukan Samsung untuk mengantisipasi “korban.” Seperti dengan menggulirkan update software untuk mengatasi masalah overheat, sehingga ketika di-charge, baterainya tidak akan terisi melebihi 60%.

“For the global recall of 2.5 million units, Samsung SDI is expected to bear the expense for most of the battery parts,” – Lee Seung-hyuck, analyst at Korea Investment & Securities

Namun solusi terbaiknya, tetap dengan memberikan unit pengganti. Unit baru ini secara fisilk memang sama. Namun Samsung berencana akan memberikan perbedaan pada indikator baterainya. Indikator baterai yang pada Galaxy Note 7 sebelumnya berwarna putih, nantinya diubah warnanya menjadi biru, yang menandakan itu unit yang sudah diganti baterainya menjadi baterai yang aman.

Galaxy Note 7 Dijual

Selain indikatornya diubah warnanya menjadi biru. Samsung sepertinya juga berencana mengubah nama unit yang sudah diganti baterainya tersebut, dengan menyebutnya sebagai Galaxy Note 7S, dengan huruf “S” mewakili kata safety, menandakan itu unit yang aman, untuk menghindari kebingungan konsumen.

Galaxy-Note-7-4

Ini Hikmah yang Bisa Dipetik dari Kasus Galaxy Note 7 Meledak di Seluruh Dunia!

Ini Hikmah yang Bisa Dipetik dari Kasus Galaxy Note 7 Meledak di Seluruh Dunia! Harga Galaxy Note 7 Spec, Spesifikasi Galaxy Note 7
Baca Juga

Kemudian satu pertanyaan lainnya yang selalu diangkat oleh calon pengguna Galaxy Note 7, adalah kapan sebenarnya Galaxy Note 7 yang sudah aman, dan sudah diganti baterainya, dijual kembali oleh Samsung pasca recall ini. Menurut Samsung, siapa pun yang membeli Galaxy Note 7 sebelum tanggal 15 September 2016 kemarin, kemungkinan besar phablet tersebut bermasalah baterainya. Sedangkan untuk unit yang sudah diganti baterainya, Samsung mengatakan akan mulai menjualnya 21 September 2016 mendatang untuk wilayah Amerika Utara (Samsung juga menawarkan penggantian dengan unit lain, seperti Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge). Sayangnya, untuk wilayah lainnya, Samsung belum mengungkapkan kapan Galaxy Note 7 dijual kembali.

Galaxy-Note-7-Battery-3 Galaxy-Note-7-Battery-4

Kecewa Karena Recall, Netizen Bikin Meme Galaxy Note 7 Meledak yang Super Kocak!

Kecewa Karena Recall, Netizen Bikin Meme Galaxy Note 7 Meledak yang Super Kocak! Exploding Galaxy Note 7 Meledak, kenapa Galaxy Note 7 meledak
Baca Juga

Selain baterai produksi Samsung SDI, sebenarnya Galaxy Note 7 juga dilengkapi oleh baterai produksi pemasok dari Cina, yaitu ATL. Sisa 30% Galaxy Note 7 dijual yang memiliki baterai ATL bisa saja masih beredar di pasaran, jika tidak ikut dalam gelombang recall Samsung. Galaxy Note 7 dengan baterai sudah dipastikan aman oleh Samsung. Namun untuk mengetahui apakah phablet yang sudah berada di tangan konsumen itu menggunakan baterai ATL, hanya bisa ditandai dengan mengecek nomor IMEI-nya. Nomor IMEI Galaxy Note 7 bisa diketahui dengan cara berikut ini, dan pengecekannya bisa langsung melalui laman resmi Samsung di sini. Tinggal masukkan saja IMEI Galaxy Note 7 di sana, jika tidak aman, akan muncul respon seperti gambar di atas.

Sumber: Samsung, Korea Herald


SHARE
Previous articleVainglory World Championship Akan Digelar Mulai Tahun Ini!
Next articleInilah Lima Pegulat WWE Paling Ditakuti Sepanjang Masa!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.