Ingin Naikkan MMR Dota 2? Ikuti 4 Saran Berikut Ini!

mmr dota 2
Amer “Miracle” Al-Barqawi, salah satu pemain dota 2 professional yang mencapai skor MMR 9k.

Kebanyakan orang menghindari memainkan role support untuk menaikkan MMR Dota 2. Beberapa alasannya seperti, takut carry teman cupu, merasa role support minim peran di dalam permainan, atau merasa percuma karena rekan satu tim kemungkinan besar cupu.

Padahal role apapun di dalam Dota 2 sebenarnya punya peran yang sama pentingnya. Di luar dari apa kata orang, bermain role support di setiap matchmaking MMR Dota 2 tentu masih bisa membuat MMR Dota 2 milikmu jadi meningkat. Nggak percaya? Nih simak kisah redditor tremojo meningkatkan MMR dari 3.8k ke 6k dengan bermain role support sepanjang waktu.

1

Ada Pemain Cancer? Biarkan saja!

mmr dota 2
Sudah ada hero mid, tapi malah pick shadow fiend dan kepingin main di mid lane juga.

Namanya bermain matchmaking, bertemu orang-orang dengan berbagai sikap dan kelakuan memang wajar adanya! Orang-orang egois, pemain yang hobi menyalahkan orang lain, pemain yang main asal-asalan, memang bisa muncul kapan saja. Tetapi dalam bermain matchmaking ada baiknya kamu fokus pada dirimu sendiri saja.

Fokus pada permainan, lakukan yang terbaik sesuai dengan tugas dari role yang kamu mainkan. Disalahkan orang? Lebih baik kamu mute chat, lalu kembali fokus bermain saja.

2

Fokus Mainkan Beberapa Hero Saja

Badman, salah satu pemain yang populer karena mencapai MMR 8k hanya dengan menggunakan Spectre.
Badman, salah satu pemain yang populer karena mencapai MMR 8k hanya dengan menggunakan Spectre. Sumber: youtube.com

Kalau kamu sudah cukup mengikuti kancah kompetitif Dota 2 sejak lama, kamu mungkin pernah kenal pemain bernama Badman. Pemain ini grinding MMR Dota 2 dengan menggunakan Spectre secara konsisten. Hampir setiap MMR matchmaking ia menggunakan hero Spectre. Sampai-sampai ia mencapai MMR 9k.

Hal ini bisa kamu terapkan dalam hal grinding MMR dengan menggunakan support. Usahakan hanya menggunakan beberapa hero saja. Tremojo bercerita hampir 80% permainannya menggunakan Witch Doctor.

Tujuan dari menggunakan beberapa hero saja, agar kamu bisa lebih fokus dengan cara mainmu menjadi support. Jadi kamu tak perlu lagi belajar gaya main atau skill hero dari awal lagi jika kamu bermain dengan hero yang belum pernah kamu mainkan.

3

Belajar Dari Para Pemain Dota 2 Profesional

naikmmrdota 3
Petuah dari kang Peter “PPD” Dager

Sepertinya sudah jadi rahasia umum, bahwa jika kamu ingin ingin punya MMR 9k, tentu kamu harus belajar dari cara main mereka pemain MMR 9k. Maka dari itu, menonton para pemain Dota 2 profesional bermain bisa membantumu memberi pelajaran cara bermain.

Tremojo juga menyarakan beberapa pemain Dota 2 professional yang hobi grinding MMR dengan role support. Ia menyarankan kamu untuk menonton channel twitch milik Swindlemelonzz atau melonzz pemain Complexity Gaming, Stan KingPPDRyuUbourZ, dan YapzOr.

4

Latihan Main Dengan Teman Yang Jago

Bermain lobby game bersama teman-teman yang jago juga bisa membantumu jadi tambah jago, dan membantu meningkatkan MMR secara tidak langsung.
Bermain lobby game bersama teman-teman yang jago juga bisa membantumu jadi tambah jago, dan membantu meningkatkan MMR secara tidak langsung.

Meski tujuanmu untuk meningkatkan solo MMR, bukan berarti kamu harus bermain sendirian setiap harinya. Jika kamu ada kesempatan untuk bermain dengan mereka yang lebih jago, manfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

Bermain dengan orang yang lebih jago bisa membantu kamu untuk belajar lebih banyak hal lain lagi di dalam Dota 2. Maka apabila kamu semakin paham dengan mekanika permainan di dalam Dota 2, secara tak langsung bisa membantu kamu meningkatkan solo MMR ketika bermain sendiri.

Sudah mempraktekkan empat saran di atas? Bagaimana hasilnya? Share di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleKepopuleran League of Legends Sukses Mengalahkan DOTA 2!
Next articleFlame x Blaze, Game MOBA Mobile Terbaru Garapan Square Enix!
Bukan orang biasa yang hobi main game dan jadi hobi menulis tentang game. Game favorit adalah game multiplayer kompetitif, kini juga jadi pengamat dunia persilatan eSport lokal dan internasional.