Sistem Terbaru Steam Telah Membangkrutkan Developer Indie!

Steam

Steam baru saja mengimplementasikan sebuah perubahan baru kepada sistem review mereka, dan hal ini telah mengubah skor dari beberapa game secara drastis. Walaupun banyak orang menganggap kejadian ini sebagai sebuah hal kecil, sebagian besar orang merasa hal ini akan sangat merugikan reputasi dari para developer gamenya.

Steam

Pada bulan September, Steam telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan beberapa perubahan kepada sistem review pembelinya. Secara singkat, para petinggi diperusahaan tersebut merasa ada keanehan yang terjadi dibelakang layar dan memutuskan untuk melakukan sesuatu kepada hal tersebut. Sayangnya, bagi beberapa developer hal ini secara tidak langsung telah mempengaruhi reputasi mereka, karena game yang pada awalnya mendapat skor tinggi mendadak berubah secara drastis.

Steam

Ternyata, Hanya Gara-Gara yang Satu Ini Sony Kebelet Jual PlayStation 4 Pro!

Apa mungkin karena konsol game mulai gak laku? Atau, mereka memang pengen mengeluarkan konsol baru setiap satu tahun sekali?
Baca Juga

Menurut pengumuman dari Steam, banyak game berhasil meningkatkan nilai review mereka dengan memberikan banyak orang sebuah “Key” yang dapat digunakan untuk mengunduh game tersebut tanpa harus membelinya. Walaupun key pada awalnya digunakan untuk memberikan sebuah review, atau sebagai salah satu cara mendistribusikan game yang dibuat berkat bantuan Kickstarter, ada beberapa developer yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan review positif pada gamenya.

Steam

Bagi beberapa outlet game besar, kita harus menjelaskan darimana kita mendapatkan produk tersebut saat akan membuat sebuah review. Namun, bagi orang biasa, hal ini tidak wajib untuk dilakukan. Dengan kata lain, jika kamu ingin game buatanmu mendapatkan nilai tinggi, kamu dapat memberikan puluhan key secara gratis kepada orang yang berjanji akan memberikan review positif di Steam. Keputusan Steam untuk menghapus review yang dibuat oleh pemilik key game tersebut telah berakibat cukup fatal bagi banyak pihak. Perubahan ini sangat mempengaruhi beberapa game besar.

Steam

Mass Effect: Andromeda Memiliki Dua Tokoh Utama Secara Bersamaan

Setelah kepergian Commander Shepard, kali ini BioWare akan menampilkan dua karakter utama yang dapat kita mainkan secara bersamaan.
Baca Juga

Berdasar data yang kami peroleh dari SteamSpy, ada hingga 428 game yang paling dipengaruhi oleh perubahan terbaru sistem penilaian Steam tersebut, dan kebanyakan dari game tersebut berasal dari studio game indie. Memberikan Key secara gratis kepada banyak orang sudah seringkali dilakukan oleh studio kecil, dan hal ini terpaksa mereka lakukan karena tidak adanya biaya untuk melakukan promosi lebih besar. Namun, menurut Steam, sudah terlalu banyak orang memanfaatkan hal ini demi keuntungan mereka sendiri.

Steam

Jika kita melihat beberapa game seperti A Boy and His Blob, mereka berhasil mendapatkan peningkatan review yang cukup signifikan, mulai dari 65 menjadi 85. Di sisi lain, ada juga game seperti Valiant Hearts yang reviewnya menurun drastis dari 86 menjadi 60. Hal kecil seperti ini mungkin tidak terlihat begitu signifikan, namun, bagi para studio kecil hal ini sangatlah fatal.

Steam

Karena 5 Alasan Inilah Masa Depan PlayStation 4 Pro Bakal Mengkhawatirkan!

Dengan hardware baru yang diberikan untuk PlayStation 4 Pro, seharusnya konsol ini mampu menggantikan peran PC gaming yang tiap tahun bisa menjadi begitu "manjanya" karena minta di-upgrade...
Baca Juga

Hingga saat ini banyak yang masih memperdebatkan apakah keputusan Steam untuk menghentikan sistem review tersebut benar atau tidak. Sistem baru ini memang menguntungkan beberapa pembeli dari gamenya, dan menghukum mereka yang memanfaatkan Key untuk mendapatkan review positif. Namun, jika tindakan ini menyakiti para developer kecil, apakah hal ini dapat dibiarkan?

Bagaimana menurutmu sistem terbaru ini? Apakah tindakan Steam sudah seharusnya mereka lakukan, atau harus lebih memikirkan cara lain untuk memonitor penjualan game mereka? Jangan lupa untuk memberikan pendapat kalian tentang hal ini yah!