Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari BlackBerry DTEK60, Versi Ekonomis BlackBerry Priv

Spesifikasi BlackBerry DTEK60

BlackBerry mungkin tidak sepopuler beberapa tahun yang lalu, ketika layanan unggulan mereka BlackBerry Messenger (BBM) masih menyatu dengan smartphone BlackBerry yang identik dengan keyboard QWERTY dan layar persegi. Namun paska BBM juga dibuka untuk OS lainnya, smatphone mereka seakan terlupakan. Bahkan ketika BlackBerry mengenalkan smartphone Android pertanya, BlackBerry Priv, atau yang sebelumnya dikenal sebagai Venice akhir tahun lalu, smartphone asli BlackBerry pun mulai ditinggalkan.

Seperti Ini Lho BlackBerry Venice, BlackBerry Pertama Ber-OS Android!

Lama ditunggu, akhirnya BlackBerry memproduksi BlackBerry pertama mereka dengan OS Android, lengkap dengan kayboard QWERTY yang menjadi andalan BlackBerry selama ini.
Baca Juga

Dengan Priv yang mengacu pada kata privilege serta privacy yang identik dengan kelas atas, tidak heran jika harganya ketika dirilis sangat tinggi. Kritik tajam pun banyak diarahkan kepada BlackBerry karena masih banyak flagship Android lainnya dengan spesifikasi yang lebih baik, namun harganya lebih murah dibandingkan Priv, yang di Indonesia juga masuk dipatok di atas Rp10 jutaan. Mendengarkan respon pasar, BlackBerry (dulunya dikenal sebagai RIM) pun langsung menyiapkan beberapa tipe smartphone lainnya yang menyasar kelas menengah. Karena itulah, awal tahun 2016 ini beberapa nama bermunculan, seperti Neon, Mercury, dan Argon. Sejauh ini baru BlackBerry Hamburg, atau Neon saja yang sudah resmi dikonfirmasikan akhir Juli 2016 lalu sebagai BlackBerry DTEK5O, dan sudah dijual sejak awal Agustus 2016 lalu dengan harga sekitar Rp4 jutaan. Sedangkan kedua kode nama lainnya tersebut sepertinya akan segera diungkapkan.

Spesifikasi BlackBerry DTEK60

Kemarin BlackBerry tidak sengaja melalui laman resminya mengunggah spesifikasi dan beberapa keterangan singkat Argon, atau nantinya akan dikenal sebagai BlackBerry DTEK60. Apa saja yang membedakannya dengan Neon aka DTEK50?

Berikut spesifikasi BlackBerry DTEK50:

  • OS: Android 6.0 (Marshmallow)
  • UI: BlackBerry Hub
  • Prosesor: Qualcomm MSM8952 Snapdragon 617, Octa-core (4×1.5 GHz Cortex-A53 & 4×1.2 GHz Cortex-A53)
  • Memory: 3GB RAM
  • GPU: Adreno 405 dengan kecepatan 550MHz
  • Layar: 5.2-inchi LCD IPS, 1080 x 1920 pixel, 424 ppi
  • Dimensi: 147 x 72.5 x 7.4 mm
  • Berat: 135gram
  • Storage: 16GB internal storage, bisa diperbesar melalui micro SD (menggunakan slot SIM 2, atau hybrid)
  • Kamera Utama: 13MP, dengan bukaan lensa f/2.0, sistem fokus phase-detect, dual LED flash dual tone
  • Kamera Depan: 8MP, dengan bukaan lensa f/2.2
  • Konektivitas: 3G/4G, Bluetooth 4.2, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dual band, WiFi Direct, GPS (A-GPS + GLONASS atau BDS), NFC, micro USB v2
  • Baterai: 2,610-mAh, mendukung fast charging Quick Charge 2.0, mengisi 50% dalam 51 menit
  • SIM: dual micro SIM
  • Sensor: Accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Fitur Audio: Speaker Stereo, BlackBerry Hub, BlackBerry Keyboard, software keamanan BlackBerry DTEK (melacak semua aplikasi dan memberi peringatan jika ada seseorang selain pemilik smartphone menggunakan DTEK50 tanpa sepengatahuan pemilik), BlackBerry Convenience Key (tombol hardware khusus), pop-up widgets, BlackBerry Device Search, Instant Actions, dan Gesture Controls.
  • Pilihan Warna: Hitam

DTEK50. Fully Android. Super Secure. All the features you could ever want.

DTEK50 by BlackBerry – BlackBerry Hub

DTEK50 by BlackBerry – Keyboard and Typing

BlackBerry-DTEK60-1

Bagaimana dengan BlackBerry DTEK60? Meskipun belum banyak informasi yang terungkap, namun sudah dipastikan jika spesifikasi BlackBerry DTEK60 berada di atas Neon. Sejauh ini diketahui layarnya berpenampang 5.5-inchi dengan resolusi Quad HD (2560 x 1440-pixel, menghasilkan kerapatan pixel 534-ppi), ada RAM 4GB, chipset trkencang saat ini, Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, dengan prosesor Quad-Core 64-bit (2+2 Kryo 2.15GHz / 1.6GHz), GPU Adreno 530 dengan kecepatan 624MHz, kamera utama 21-megapixel, kamera depan 8-megapixel, internal storage 32GB, port USB Type-C, baterai 3000-mAh dengan fast-charging Quick Charge 3.0, dan juga sensor sidik jari.

BlackBerry-DTEK50-6

Dilihat dari spesifiki BlackBerry DTEK60 tersebut, harganya pasti juga ditawarkan cukuo tinggi. Jika DTEK50 dengan chipset Snapdragon 617 yang untuk merk lain saja bisa ditawarkan hanya Rp2 jutaan, untuk sebuah BlackBerry, pasti bisa di atas Rp5 jutaan, mengingat BlackBerry DTEK50 dijual di angka Rp4 jutaan.

BlackBerry-DTEK50-2

Belum diketahui kapan BlackBerry DTEK60 bakal diungkapkan. Namun yang pasti, seperti DTEK50, BlackBerry menggunakan basis hardware smartphone Android racikan TCL, yang selama ini kita kenal memproduksi smartphone Alcatel. BlackBerry DTEK50 sendiri mirip dengan spesifikasi dan bentuk Alcatel Idol 4, yang sudah dijual Alcatel sejak Juni 2016 lalu. Sedangkan untuk spesifikasi DTEK60, bisa jadi menjadi upgrade dari Alcatel Idol 4s (menggunakan prosesor Snapdragon 652, RAM 3GB, dan kamera 16-megapixel), yang juga sudah dirilis sejak Juli 2016 lalu.

BlackBerry-DTEK50-4

Sumber: BlackBerry


SHARE
Previous articleResmi! Warkop DKI Reborn Jadi Film Terlaris Sepanjang Sejarah Perfilman Indonesia
Next articleWOW! Ada Pemain NBA yang Menyokong Tim Dota 2!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.