6 Tips Bermain Mode MyClub di PES 2017 untuk Pemula

Mode MyClub

Jika kamu baru pertama kali bermain mode MyClub di game Pro Evolution Soccer (PES), maka ada baiknya kamu membaca beberapa tips dari artikel ini. Kali ini saya akan memberikan beberapa hal yang kamu harus tahu untuk bermain mode MyClub ini. Jika kamu belum tahu, MyClub adalah sebuah mode online di game PES 2017 dimana kamu bisa membangun sebuah club sepak bola sendiri, dari membeli pemain-pemain sepak bola, manager, dan kamu dapat bermain melawan club pemain lain atau melawan computer. Berikut adalah beberapa tipsnya:

PES-2017-Mode-MyClub-4

  1. Kegunaan kedua mata uang di mode MyClub PES 2017

MyClub mempunyai 2 mata uang, GP dan MyClub Coin. Sebenarnya tidak ada perbedaan jauh dari kedua mata uang tersebut. Kedua mata uang tersebut dapat kamu gunakan untuk membeli pemain-pemain sepak bola baru, menyewa manager, dan juga bisa untuk memperpanjang kontrak pemain sepak bola yang kamu miliki sebelumnya.

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan kedua mata uang tersebut adalah dengan menyelesaikan tugas-tugas yang tersedia di mode game tersebut. Tugas-tugas ini dapat kamu lihat dari menu MyClub Records. Contohnya, kamu dapat mendapatkan GP dengan melakukan gerakan spesial didalam game, seperti melakukan driblling, umpan silang, umpan manual dan sebagainya. Atau juga bisa mendaftarkan 5 pemain dengan menggunakan agent.

Cara terbaik lainnya untuk mendapatkan kedua mata uang tersebut adalah dengan memenangkan pertandingan-pertandingan. Hanya saja pemain-pemain yang akan kamu temui dipertandingan di PES 2017 ini kebanyakan sudah memiliki pengalaman bermain lebih jauh, karena mereka sudah menguasai mode MyClub dari game PES sebelumnya.

Bagian paling menarik dari memainkan mode MyClub ini adalah mendaftarkan pemain baru. Kamu harus waspada karena pemain yang kamu daftarkan memiliki batas kontrak. Masa kontrak akan habis setelah kamu menggunakannya dalam 10 permainan dan kamu harus membayar lagi untuk memperpanjang batas kontrak. Biaya sekisar antara 1000 GP atau sampai lebih dari 3000 GP untuk pemain kelas atas. Jadi, jika kamu tidak memenangkan pertandingan, kamu harus menghemat dan menyisakan uang untuk memperpanjang batas kontrak pemainmu.

MyClub Beginners Tutorial

 

  1. Manager manakah yang harus dibeli?

Manager itu seperti pemain sepak bola, semakin baik manager itu semakin mahal harganya. Di game mode MyClub ini manager berfungsi sebagai pengatur strategi, dan kamu harus mencari manager yang cocok dengan gaya permainanmu. Perlu diketahui bahwa manager mempunyai “Management Skills” yang disimbolkan dengan angka. Setelah kamu memiliki banyak pemain yang mahal, kamu akan sadar bahwa perlu juga untuk membeli manager yang baru dan lebih baik. Karena Management Skills yang dimiliki managermu tidak cukup untuk menampung tim “Total Cost.” Setiap pemain memiliki Cost yang berbeda-beda, pemain yang mahal memiliki Cost yang tinggi. Manager kamu harus bisa menampung semua Cost 18 pemain tidak lebih dari Management Skills yang ia punya. Jika Total Cost semua pemain melebihi Management Skills yang dimiliki oleh manager, Team Spirit kamu akan berkurang drastis yang pastinya berpengaruh dengan pertandingan yang kamu hadapi.

Menariknya lagi, setiap manager dapat dijadikan sebagai asisten pelatih. Itu artinya satu manager kamu dapat bertanggung jawab sebagai pengatur taktik utama dalam pertandingan, dimana manager lainnya dapat menjadi asisten pelatih, yang bertanggung jawab untuk menyediakan taktik cadangan, dimana kamu bisa mengaktifkannya ketika pertandingan berlangsung. Cara ini dapat membingungkan lawan, terlebih jika pemain kamu sudah menguasai taktik ganda ini. Dengan menggunakan lebih dari satu manager maka Team Spirit kamu juga akan lebih tinggi.

PES-2017-Mode-MyClub-3

  1. Mengenal grade pemain sepak bola

Di mode MyClub ini, kemampuan pemain akan terbagi menjadi beberapa grade, berdasarkan keahlian mereka bermain. Untuk pemain yang paling baik mereka akan diberi grade dengan logo bola berwana hitam. Sedangkan untuk pemain yang paling buruk akan diberi grade dengan logo bola berwarna putih. Dalam bursa transfer pemain, para Agent dapat mendaftarkan pemain dengan grade yang berbeda-beda.

PES-2017-Mode-MyClub-2

  1. Cara memenangkan pertandingan demi pertandingan

Selain dari pengalaman dari kamu bermain, kamu dapat mempelajari dari pemain yang lebih baik. Sangatlah penting untuk meningkatkan Team Spirit hingga mencapai poin 90 secepat mungkin. Kamu bisa melakukan hal itu dengan cara memakai manager dan pemain yang sama secara konstan. Team Spirit sangatlah penting untuk membentuk suatu tim yang berkompeten. Dengan Team Spirit yang tinggi kamu bisa memenangkan pertandingan dengan lebih mudah.

PES-2017-Mode-MyClub-1

  1. Macam-macam kegunaan ticket

Ada 2 macam ticket di game mode MyClub ini. Pertama adalah stamina ticket, untuk memulihkan stamina pemain yang lelah, hingga 100%. Ticket ini cocok digunakan untuk pemain yang sangat dibutuhkan dalam suatu pertandingan. Jika kamu mempunyai pemain cadangan yang bisa menggantikan pemain yang lelah di pertandingan, kamu lebih baik tidak menggunakannya. Ticket ini  sangat sulit didapatkan, jadi kamu harus bijak dalam menggunakannya.

Yang kedua adalah ticket untuk pembaruan kontrak pemain, ticket ini bisa kamu dapatkan 1 hingga 2 buah per musimnya. Jadi kamu harus juga bijak menggunakannya, misalnya untuk pemain terbaik dari tim yang kamu miliki. Sebab biaya pembaruan kontrak pemain yang baik sangat mahal.

 

  1. Mengenal fitur trainer

Dengan sejalannya permainan, akan ada pemain yang kamu tidak butuhkan lagi di dalam tim. Kamu bisa mengubahnya menjadi trainer. Mereka akan menggunakan pengalamannya untuk melatih pemain yang masih aktif, sehingga mereka akan mendapatkan atribut yang lebih baik. Setelah itu, para trainer akan menghilang. Nantinya akan ada trainer spesial yang disediakan oleh game. Mereka mempunyai lebih banyak pengalaman dari trainer biasa untuk dibagi kepada tim.


SHARE
Previous articleBaru 6 Hari, Paladins Masuk Jajaran Top 5 Game Steam di Indonesia!
Next articleHacker Berulah, Jutaan Data Pengguna Yahoo Dicuri! Ini yang Perlu Kalian Lakukan!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.