Mekanika Dota 2: Pengertian Stacking dan Cara Melakukannya

tips stacking dota 2

Dota 2 bisa dibilang sebagai sebuah game yang lebih dari sekadar game. Selalu ada hal baru yang bisa dipelajari di Dota 2. Salah satunya adalah konsep stacking. Stacking? Apa itu? Bagaimana cara melakukannya? Berikut tips stacking Dota 2.

Stacking, Menumpuk Neutral Creep Sebagai Tabungan

tips stacking dota 2
Kalah di lane? Ga usah khawatir, ada stack.

Pada dasarnya stacking bisa dijelaskan sesederhana sebagai kegiatan menumpuk neutral creep pada suatu camp yang ada di jungle. Hal ini biasa dilakukan oleh para pemain sebagai cara agar mendapaat gold dan experience lebih banyak ketimbang hanya membunuh satu kelompok neutral creep di camp.

Dengan melakukan stacking kamu juga jadi bisa akselerasi perolehan gold dan experience tim. Cara ini juga biasa dilakukan sebagai sarana menabung, berjaga-jaga jika laning phase para core-heroes tak berjalan dengan baik.

Konsep Dasar Stacking

dota2stacking 1
Persegi warna kuning tersebut adalah spawn box.

Neutral creep stack bisa terjadi berkat interaksi antara creep dengan kotak imajiner yang disebut sebagai spawn box. Setiap camp yang ada di jungle memiliki spawn box, tentunya dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Spawn box jadi hal utama yang harus diperhatikan jika kamu ingin stacking neutral creep yang ada di camp.

Konsep dari stacking sebenarnya cukup sederhana: Setiap menitnya, algoritma atau program spawn box akan memeriksa apakah ada sebuah unit (creep, hero, atau ward) di dalamnya. Jika algoritma spawn box tak mendeteksi kehadiran unit di dalam camp, maka camp akan otomatis spawn kelompok neutral creep baru. Jika ada unit di dalam spawn box, maka creep camp tak akan spawn kelompok neutral creep.

Cara Melakukan Stacking

dota2stacking 2
Tarik creep sejauh-jauhnya dari spawn box.

Sudah paham konsep jungle creep stack? Maka untuk melakukan stacking sebenarnya sesederhana menarik semua neutral creep yang ada di camp menjelang awal menit. Bila kamu menarik sang neutral creep sejauh mungkin menjelang awal menit, spawn box akan menganggap camp tersebut kosong, sehingga camp akan spawning kelompok neutral camp baru. Ketika creep yang ditarik kembali ke camp-nya, maka creep stack telah terjadi.

Neutral creep pertama muncul di detik ke-30 permainan, kemudian ia akan spawn di setiap pergantian menit (menit 1:00, menit 2:00 dan seterusnya). Untuk melakukan stack kamu dapat tarik neutral creep di detik ke-52, 53 atau 55 tergantung lokasi neutral creep camp yang ingin kamu stack.

Terlalu cepat menarik akan membuat creep camp kembali ke spawn box terlalu cepat, sehingga kelompok creep baru jadi tidak muncul. Terlambat menarik neutral creep akan membuat mereka jadi tak sempat meninggalkan spawn box, sehingga kelompok creep baru jadi tidak muncul.

Bagaimana Menarik Sang Neutral Creep?

dota2stacking 3.2
Tarik aggro, atau pukul sang neutral creep.

Untuk menarik neutral creep kamu bisa mendekatinya atau memukulnya dengan basic right-click attack agar aggro creep jadi ke arah kamu. Setelah itu kamu bisa lari sejauh mungkin sampai ia keluar dari spawn box camp.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, setiap camp punya ukuran spawn box yang berbeda-beda. Sehingga arah penarikan yang ideal juga berbeda-beda berdasarkan camp yang akan kamu tarik.

Efisiensi Creep Stacking

dota2stacking 4
Dari posisi tersebut, kamu bisa gunakan wave of terror untuk double stack.

Selain stacking biasa, ada beberapa trik agar stacking jadi lebih efisien. Contoh sederhana yang umum dilakukan adalah double stacking. Hal ini bisa dilakukan oleh hero yang punya skillshot yang jaraknya jauh. Contoh yang paling umum adalah vengeful spirit dengan skill wave of terror membuat ia jadi bisa stack dua neutral camp sekaligus.

Kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan oleh para support ketika akan melakukan pull di safe-lane. Dibanding langsung melakukan pull, kamu bisa stack terlebih dahulu camp yang akan kamu pull. Baru selanjutnya kamu pull ke arah lane creep agar kamu bisa dapat gold dan experience yang lebih banyak sebagai support.

Spawn Block

dota2stacking 5
Jangan berada di dalam spawn box ketika menjelang akhir menit ya.

Kalau kamu pemain baru melawan pemain yang sudah cukup pengalaman, kamu bisa saja menemukan momen ketika neutral camp tidak spawn kelompok neutral creep. Hal ini disebabkan oleh mekanika yang disebut sebagai spawn block. Seperti tadi sudah disebutkan bahwa kelompok creep tak akan muncul jika terdapat unit di dalam spawn box.

Maka dari itu, mekainka ini sering dimanfaatkan oleh para pemain untuk menghalangi creep camp untuk spawn kelompok neutral creep dengan menaruh ward atau sentry di dalamnya. Hal ini pun tak hanya bisa dilakukan oleh para musuh, kamu pun harus waspada dengan kehadiran spawn box ini.

Jangan sampai kamu mengganggu temanmu yang sedang stacking gara-gara sedang lewat, atau malah block neutral camp milikmu sendiri karena menanam ward di posisi yang salah.

Sumber: kaorugg.wordpress.com


SHARE
Previous articleSelain Murah, Ini 5 Keunggulan dan Spesifikasi Samsung Z2 yang Perlu Kalian Ketahui
Next articlePokemon Generations Episode 3 Tampilkan Blue dan Elite Four Kanto!
Bukan orang biasa yang hobi main game dan jadi hobi menulis tentang game. Game favorit adalah game multiplayer kompetitif, kini juga jadi pengamat dunia persilatan eSport lokal dan internasional.