Surat dari Praha Terpilih Untuk Wakili Indonesia di Ajang Piala Oscar

surat dari prahaSatu lagi film tanah air yang akan mengangkat nama Indonesia di kancah internasional. Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat, Indonesia akhirnya menetapkan film apa yang akan dikirim ke ajang Academy Awards ke-89 yang diselenggarakan pada Februari 2017. Surat dari Praha terpilih untuk mewakili Indonesia dalam nominasi kategori Best Foreign Language Film di ajang Academy Awards (Oscar) 2017 mendatang.

Best Foreign Language Film sendiri merupakan salah satu katagori bergengsi di ajang Academy Awards atau Piala Oscar. Katagori ini diperuntukan bagi film-fim bioskop (feature film) yang dibuat di luar Amerika Serikat yang utamanya berisi dialog non-inggris.

Pemilihan film Surat dari Praha untuk mewakili Indonesia tentunya tidaklah gampang. Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan Komite Seleksi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik 2017 bekerjasama untuk memberikan penilaian kepada film-film Indonesia berdasarkan aturan baku yang ditetapkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences selaku penyelenggara gelaran Oscar.

Kominte ini terdiri para pelaku yang bekecimpung secara langsung di industri film Indonesia seperti aktor, penulis skenario, sutradara, produser, penata musik dan lainnya yang bergabung memberikan suaranya. Namun dengan syarat, setiap orang tidak boleh menominasikan film buatannya atau film yang dibintanginya sendiri.

“Mengingat ajang seleksi ini adalah kepentingan bersama semua pemangku perfilman di Indonesia, maka pelibatan profesional perfilman Indonesia dalam komite seleksi diharapkan menghasilkan penilaian yang obyektif, adil, dan berwibawa,” begitu isi pernyataan tertulis komite seleksi.

surat-dari-praha-oscarPerasaaan bahagia pun sontak menghampiri Angga Sasongko selaku sutradara film Surat dari Praha. “Penghargaan yang kemudian datang untuk film ini adalah buah dari kerja keras dan kepercayaan seluruh elemen seniman yang terlibat, dan satu hal penting yang saya pelajari dari mereka selama perjalanan ini; kejujuran dalam berkarya,” Ucap Angga.

Setelah terpilih mewakili Indonesia, film Surat dari Praha harus kembali mengikuti seleksi dengan film-film mancanegara lainnya untuk masuk nominasi katagori Best Foreign Language Film.

Jika berhasil lolos seleksi tahap terakhir ini, Surat dari Praha akan menjadi film karya anak bangsa pertama yang berhasil masuk nomisasi dalam ajang Academy Awards. Sebelumnya, pencapaian maksimal film-film Indonesia sebagai nominasi Best Foreign Language Film hanya pada tahap seleksi dengan film-film mancanegara.

Film Laga Headshot Raih Penghargaan Bergengsi di Festival Film Prancis!

Film Indonesia kembali berjaya. Kali ini film laga terbaru Iko Uwais, Headshot, raih penghargaan dalam ajang festival film di Prancis!
Baca Juga

Dibintangi oleh Chicco Jerikho, Julie Estelle, Rio Dewanto, dan deretan bintang lainnya, Surat dari Praha menceritakan kisah Larasati, seorang gadis cantik yang terpaksa memenuhi wasiat ibunya, Sulastri, untuk mengirimkan sebuah kotak dan surat kepada Jaya, pria paruh baya yang tinggal di Praha.

Film ini juga terinspirasi dari kisah pelajar Indonesia di Praha yang tidak bisa kembali ke Tanah Air karena perubahan situasi politik orde baru tahun 1966.


SHARE
Previous articleShriek – Webtoon Horror Terbaru yang Dijamin Bikin Ketakutan!
Next articleGawat! BioShock: The Collection Berhasil Menipu Para Pembelinya!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca