Kangen Advance Wars? Tiny Metal Bakal Mengisi Kehampaan Tersebut!

Tiny Metal map

Walau Nintendo dan Intelligent System sepertinya belum memiliki gairah lagi untuk membuat game Advance Wars baru, semangat game perang-perangan kartun terus berkobar!

Setelah Warbits dan Great Little War Game untuk iOS, hadir Tiny Metal, game taktik turn-based dengan grafis imut-imut yang memang diiklankan terinspirasi oleh Advance Wars.

Digarap oleh developer indie asal Jepang Area 34, Tiny Metal tidak hanya “membawa” nostalgia game perang bergambar kartun yang rilis untuk Gameboy Advance dan NDS itu saja, tapi juga staf veteran dari dunia game Negeri Sakura!

Di antaranya adalah Hiroki Kikuta (Secret of Mana, Shining Hearts, Koudelka), sebagai pengawas skenario; Hiro Inaba (Professor Layton vs Phoenix Wright, Arc the Lad), sebagai pengawas cerita; Mutsumi Oda (Super Mario 64 DS, LoZ: Twilight Princes), sebagai 3D modeller; dan Tomoki Miyoshi (I am Setsuna, Soul Calibur V), sebagai komposer.

Kikuta juga menjelaskan sedikit mengenai latar belakang pengembangan Tiny Metal — yang didului oleh gambaran garis besar seperti apa game ini nantinya — di video perkenalan berikut ini.

Seperti yang dijelaskan di video barusan, Tiny Metal akan menceritakan konflik antara dua negara tetangga, Artemisia dan Zipang, yang terjadi ketika tiba-tiba pesawat kerajaan Artemisia diserang dan meledak. Seluruh awak di dalam pesawat — termasuk raja, para pejabat tinggi, dan seorang kolonel veteran Luja Lindberg — diduga tewas dalam serangan tersebut.

Anak didik Kolonel Lindberg, Letnan Nathan Gries, pun ditugaskan untuk membalas serangan tersebut ke negara Zipang, dengan dibantu oleh kekuatan tentara bayaran White Fangs yang dipimpin oleh komandan wanita Wolfram.

Pertahanan Zipang pun dengan mudah ditembus oleh gabungan kekuatan Artemisia dan White Fangs. Di sisi lain, Panglima Perang Tsukumo Izoroku pun memikirkan langkah tepat apa yang bisa diambil untuk mengalahkan Gries dan Wolfram…

Tiny Metal

Dari kelihatannya, Tiny Metal akan mengikuti sedikit mekanika dari Advance Wars, seperti sumber daya dan bangunan untuk mengeluarkan pasukan, tapi dengan beberapa tambahan baru seperti unit yang bisa di-upgrade dan loadout per unit yang lebih personal. Dari grafis pun mereka membuatnya dengan gaya low-poly dan voxel.

Saat penulisan artikel ini, Tiny Metal sudah menembus dukungan uang sebesar $19.098 dari target $50.000 yang ditentukan. Tapi bagi yang sudah tidak sabar mencoba, Area 34 juga sudah menyediakan demo yang bisa langsung kamu unduh di halaman Kickstarter-nya.

Mereka juga telah membuka halaman Steam Greenlight untuk menyiapkan rilis di platform buatan Valve tersebut.

Tiny Metal direncanakan akan rilis pada Juni 2017 mendatang untuk platform Steam di Windows. Dukungan Mac dan Linux masih direncanakan, beserta dengan fitur multiplayer dan map-building.

Sumber: Kickstarter


SHARE
Previous articleAvengers Berkumpul Melawan Trump di Pemilu AS 2016!
Next articleSouth East Asia Major 2016, Ini Dia Turnamen Game Fighting Terbesar di Asia Tenggara!
Jadi penulis karena nggak bisa koding.