Yuk Mengenal 7 Jenis Mainan yang Bisa Kamu Koleksi!

toys-featured

Salah satu hobi yang populer di kalangan remaja dan dewasa saat ini adalah mengoleksi mainan. Hobi ini semakin banyak disukai dan bahkan tidak sedikit orang yang mau merogoh dompet untuk menambah koleksi mainan idamannya. Mainan yang bisa dikoleksi pun cukup beragam dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Nah, untuk memudahkanmu memahaminya, Colony akan menjelaskan secara singkat beberapa jenis mainan yang paling umum dikoleksi, terutama di Indonesia. Penasaran? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Action Figure

Sumber gambar: sideshowtoys

Action figure bisa dibilang merupakan jenis mainan yang paling umum dikoleksi para kolektor. Mainan ini biasanya didesain berdasarkan karakter komik, animasi, film dan sebagainya. Ciri khas sekaligus keunggulan dariaction figure adalah adanya titik artikulasi di beberapa bagian figure-nya. Ya, titik artikulasi ini memungkinkan kita untuk mengubah pose action figure sesuai dengan keinginan. Beberapa kolektor yang cukup kreatif bahkan mampu memanfaatkannya untuk membuat karya fotografi mainan yang luar biasa gokil. Contoh produsen action figure yang terkenal adalah Hot Toys, Hasbro, Good Smile Company dan sebagainya.

2. Diecast

Sumber gambar: clearwater

Diecast adalah jenis mainan koleksi yang metode pembuatan modelnya adalah melalui ‘die casting’, yaitu melelehkan logam dan mencetaknya sesuai bentuk yang diinginkan. Mainan yang biasanya dibuat melalui proses die casting adalah mainan model dengan skala seperti mobil, pesawat, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Bahkan, replika pedang-pedangan atau replika helmet pun termasuk diecast jika dibuat dengan proses die casting tersebut. Salah satu jenis mainan diecast yang paling populer dan paling banyak dikoleksi adalah diecast berbentuk miniatur mobil atau motor. Beberapa produsennya yang terkenal adalah Hot Wheels dan Tomica.

3. Fixed Figure

Sumber gambar” toyshoper

Fixed figure sama sekali tidak memiliki titik artikulasi, sehingga jenis mainan koleksi yang satu ini memang dibuat untuk dipajang dan dinikmati sebagai karya seni. Secara garis besar, fixed figure bisa dibagi menjadi 2 sub-kategori yaitu “Bust” atau fixed figure yang hanya sebatas kepala sampai dada saja dan “Statue” atau fixed figureyang dibuat full body. Contoh produsen mainan yang membuat fixed figure kurang lebih sama dengan produsen action figure, yaitu Bandai, Hasbro dan sebagainya.

4. Bricks

Sumber gambar: Lego

Mainan koleksi berikutnya adalah Brick. Brick merupakan suatu jenis mainan di mana kita bisa merakit objek atau karakter apapun dengan balok-balok yang beraneka ragam ukurannya. Seiring berkembangnya zaman, karakter dan serial populer pun dibuatkan mainan brick-nya sendiri, sehingga mainan jenis ini menjadi sangat digandrungi para kolektor mainan. Contoh produsen Brick yang paling terkenal adalah LEGO. Selain LEGO, contoh produsen mainan brick lainnya adalah Mega Bloks, Kre-O, dll.

5. Model Kit

Sumber gambar: littlethings

Model kit atau bisa disebut sebagai plamo (plastic model) juga termasuk jenis mainan yang sering dikoleksi. Keunikan mainan jenis ini adalah kita harus merakit sendiri setiap part melalui tutorial yang disertakan dalam box-nya. Jika cukup kreatif, kita juga dapat membuat sebuah model kit yang jauh lebih keren dibanding figure yang dirilis oleh produsen. Ya, model kit ini memang terkenal dengan kelebihan kustomisasinya yang sangat beragam. Contoh mainan model kit yang paling populer adalah Gunpla atau Gundam plastic model. Selain itu, ada juga model kit yang dibuat berdasarkan karakter Pokemon dan anime mecha lainnya. Produsen yang paling banyak membuat model kit adalah lini Gundam dari Bandai.

6. Miniatur

Sumber gambar: apnarm

Mainan koleksi miniatur lebih fokus ke replika benda-benda besar seperti gedung, taman, landmark dan sebagainya. Koleksi ini disukai para kolektor karena memungkinkan mereka membuat display sendiri untuk sebuah kota, atau hanya sebatas mainan pelengkap untuk koleksi figure mereka. Misalnya, miniatur gedung dan kota untuk figure robot dan monster raksasa atau miniatur restoran untuk figure Nendoroid. Contoh produsen miniatur yang cukup terkenal adalah Tomytec dan Re-Ment.

7. Prop Replica

Sumber gambar: alicdn

Mainan koleksi satu ini berwujud replika dari barang atau senjata yang dimiliki suatu karakter fiksi populer. Biasanya, prop replica dibuat dengan skala 1/1 dan memiliki detail yang mirip aslinya. Contohnya adalah replika palu Mjolnir milik Thor, replika helmet Star Wars atau replika Batarang milik Batman. Ya, replika-replika tersebut termasuk barang koleksi dan beberapa memang dijual untuk umum. Beberapa produsen mainan yang pernah memproduksi mainan jenis ini adalah Hot Toys dan Hasbro.

Itulah beberapa jenis mainan yang paling umum dikoleksi oleh para kolektor mainan. Tertarik untuk menjadi kolektor? Yuk, datang ke acara Colony Collection Market: Toys & Games yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, kamu dapat berburu mainan dan juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits.

*Artikel ini dipublikasikan pertama kali di Colony.co.id dengan beberapa perubahan