Ini Bukti Kamera Xiaomi Mi 5s Lebih Baik dari iPhone, Galaxy S7, dan ZenFone 3

Kamera Xiaomi Mi 5s fitur-xiaomi-mi-5s-13

Xiaomi kembali menghebohkan pasar smartphone dengan Android baru mereka yang memiliki value-for-money tinggi. Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, vendor asal Cina ini kemarin meluncurkan smartphone terbarunya melalui sebuah event di Cina. Android yang menjadi penerus langsung Xiaomi Mi 5 yang sudah dijual sejak akhir Februari 2016 lalu ini adalah Xiaomi Mi 5s dan Xiaomi Mi 5s Plus. Keduanya hadir hanya dalam tempo tujuh bulan setelah flagship Xiaomi mengguncang pasar akhir Februari 2016 lalu, dengan kombinasi hardware kelas atas, namun ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Mulai Dijual Hari Ini, Harga Xiaomi Mi 5s dan Xiaomi Mi 5s Plus Bisa Bikin Geleng Kepala!

Mulai Dijual Hari Ini, Harga Xiaomi Mi 5s dan Xiaomi Mi 5s Plus Bisa Bikin Geleng Kepala! Harga Xiaomi Mi 5s Plus Root, cara root Xiaomi Mi 5s dijual
Baca Juga

Jelas terbaca dari namanya, Xiaomi Mi 5s memang bukan seri terbaru, melainkan sekadar varian dari flagship Xiaomi Mi 5. Karena itulah secara desain masih banyak ditemukan kemiripannya, dan upgrade yang disisipkan Xiaomi di sini juga sebatas minor saja. Meskipun upgrade minor, namun tetap saja bisa membuat siapa pun sanggup berpaling, mengingat jika dibandingkan dengan merk dari vendor lainnya, racikan hardware papan atas Xiaomi bahkan bisa ditawarkan dengan harga separuhnya saja.

fitur-xiaomi-mi-5s-plus-2

Kamera Xiaomi Mi 5s Plus dengan Dual Camera

Satu fiturnya yang diunggulkan adalah adanya dual-camera. Namun hanya salah satu saja yang mendapatkan fitur ini, yaitu Xiaomi Mi 5s Plus. Ini trik yang sama seperti Apple dengan iPhone 7 Plus dan iPhone 7. Xiaomi menyisipka dua sensor kamera 13MP pada varian tertingginya tersebut. Pengaturan dua kameranya sama seperti yang diterapkan Huawei pada Huawei P9, dengan satu sensor digunakan untuk mengambil gambar berwarna, dan sensor kedua merupakan sensor satu warna atau monochrome. Kedua gambar kemudian digabungkan untuk menciptakan foto akhis yang memiliki warna dan kedalaman yang lebih baik.

fitur-xiaomi-mi-5s-plus-13

Ya, agak mengejutkan memang, karena berbeda dengan pengaturan yang diberikan Xiaomi pada Redmi Pro, karena kedua sensornya berwarna, dan sudah terbukti mampu menghasilkan foto depth of field (DoF) atau foto dengan efek bokeh yang keren.

10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Ini Bisa Bikin Iri Semua User Android

Ini Dia 10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang Bisa Bikin Iri Semua Android, harga iPhone 7 Plus Indonesia, harga iPhone 7 spec, spesifikasi iPhone 7 Plus
Baca Juga

Dan yang membuat kami makin kaget, ternyata sensor yang digunakan juga sama, Sony Exmor RS IMX258 pada kamera Xiaomi Mi 5s Plus. Sensor kamera tersebut sebenarnya sudah berusia setahun, dan pertama kali digunakan Xiaomi pada Miforce atau Mi 4c, serta juga pada Redmi Pro. Sony sendiri juga menerapkannya pada Xperia XA. Kualitas fotonya cukup baik. Para pengguna Xiaomi Mi4c dan Mi4i pasti sudah mengenal seperti apa kemampuan Exmor IMX 258 tersebut. Hasil fotonya begitu natural, kontras yang baik, dan warna yang mendekati aslinya.

fitur-xiaomi-mi-5s-plus-11

Menurut penulis yang saat ini menggunakan empat keluarga Xiaomi, mulai Redmi 3 Pro, Redmi Note 3 Pro, Mi4c dan Mi5, jika dinilai dengan angka kamera Mi5 yang menggunakan Exmor RS IMX298 itu 9, maka Mi4c layak mendapat nilai 8, dan kedua Redmi hanya layak mendapat nilai 6 dan 5. Ya, kamera Redmi 3 Pro menurut penulis pribadi masih lebih baik dari Redmi Note 3 Pro.

Berikut beberapa hasil foto Xiaomi Mi 5s Plus (klik untuk memperbesar)

fitur-xiaomi-mi-5s-plus-15 fitur-xiaomi-mi-5s-plus-16 fitur-xiaomi-mi-5s-plus-17

Ketika mengetahui Xiaomi Mi 5s Plus ini adalah varian termahal, namun ternyata sensor yang digunakan bukan yang terbaru, kini kita hanya bisa menunggu saja seperti apa hasil akhirnya nanti. Sebagai informasi sebelumnya, meskipun pengaturan fotonya sama seperti Huawei P9, namun flagship Huawei yang juga menjadi salah satu rival terberat Xiaomi di Cina tersebut mengajukan dua sensor terbaru Sony Exmor, yaitu Exmor RS IMX286 yang baru dirilis April 2016 lalu. Selain itu, Huawei juga memadukannya dengan optik Leica.

fitur-xiaomi-mi-5s-8

Kamera Xiaomi Mi 5s Dapatkan Sensor Terbaru Sony!

Jika kalian termasuk pengguna konvensional, maka kami lebih menyarankan Xiaomi Mi 5s saja. Walaupun sensor kameranya hanya ada satu, namun Sony Exmor R IMX378 yang digunakannya ini termasuk yang terbaru dan terbaik dari Sony, serta Xiaomi Mi 5s menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakannya. Sensor dengan besar 1/2.3-inchi ini kemampuan resolusi maksimalnya memang hanya 12.2-megapixel saja, namun ukuran pixelnya cukup lebar, mencapai 1.55 μm. Bandingkan dengan 1.12 μm pada IMX258 di Xiaomi Mi 5s Plus atau IMX298 pada Xiaomi Mi 5.

fitur-xiaomi-mi-5s-12

Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge Bikin Kalian Melek Fotografi, Sampai ke Level Pro!

Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge Bikin Melek Fotografi, Sampai Level Pro! Review Galaxy S7 edge camera guide, spesifikasi Galaxy S7 camera tips, harga Galaxy S7
Baca Juga

Untuk kepuasan batin kalian, jika dibandingkan dengan kamera dari produk unggulan flagship lainnya, seperti Galaxy S7 dan Galaxy Note 7 yang menggunakan sensor Sony Exmor RS IMX260 dengan resolusi maksimal juga 12.2-megapixel, sensornya memang lebih besar, 1/2.5-inchi, namun ukuran pixelnya lebih kecil, 1.4 μm. Dengan ukuran pixel yang lebih besar, artinya akan ada lebih banyak cahaya yang bisa masuk untuk membantu proses pengambilan foto, terutama dalam kindisi low-light, dan itu juga akan menunjang hasilnya agar lebih terang dan natural warnanya.

Berikut hasil foto Xiaomi Mi 5s yang dibandingkan dengan Galaxy S7 dan iPhone 6s. Memang hasil foto ini dirilis internal Xiaomi, namun jika benar hasil foto kedua flagship baru mereka seperti di bawah ini, kita sudah bisa menilai seperti apa kualitas Sony Exmor R IMX378 yang digunakannya.

fitur-xiaomi-mi-5s-17 fitur-xiaomi-mi-5s-18

ZenFone 3 yang 4 Jutaan Kurang Garang? Nih, Asus Jual Tipe Deluxe dengan Snapdragon 821!

ZenFone 3 yang 4 Jutaan Kurang Garang? Nih, Asus Jual Tipe Deluxe dengan Snapdragon 821! ZenFone 3 Deluxe Benchmark, ZenFone 3 vs ZenFone 3 Deluxe
Baca Juga

Dan mungkin kalian juga penasaran, Asus Zenfone 3 Deluxe yang juga sama-sama menjadi Android pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 821, kameranya menggunakan sensorr Sony Exmor RS IMX318 dengan sensor yang cukup besar, 1/2.6-inchi, serta resolusi maksimal 22.5-megapixel, namun ukuran pixelnya hanya 1.0 μm. Lagi-lagi di atas kertas, Xiaomi Mi 5s masih lebih unggul dibandingkan flagship lawannya.

fitur-xiaomi-mi-5s-plus-11

Oh ya, untuk kamera depan, kedua Xiaomi terbaru ini sama kok. Sama-sama mengajukan kamera UltraPixel dengan resolusi maksimal 4MP, namun ukuran pixelnya superbesar, 2µm. Kalian pengguna HTC pasti familiar dengan UltraPixel tersebut, yang memang mampu menyamai kualitas kamera 13-megapixel dengan ukuran setiap pixelnya yang besar, walaupun secara resolusi kalah jauh.

fitur-xiaomi-mi-5s-plus-7

Xiaomi menjual kedua varian baru Xiaomi Mi 5 ini mulai kemarin, dengan harga yang masih terjangkau. Xiaomi menawarkan semua fitur Xiaomi Mi 5s untuk varian 3GB RAM dan internal storage 64GB dengan harga ¥1,999, atau sekitar Rp3.9 jutaan. Sedangkan untuk fitur Xiaomi Mi 5s dengan 4GB RAM dan storage 128GB bisa ditebus dengan harga ¥2,299, atau sekitar Rp4.4 jutaan. Kemudian untuk fitur Xiaomi Mi 5s yang langsung mengusung memory RAM 4GB dan internal 64GB, harganya sama dengan tipe tertinggi Xiaomi Mi 5s, Rp4.4 jutaan. Sedangkan model paling gaharnya, yang memiliki RAM 6GB dan internal storage 128GB, dijual dengan harga ¥2,599, atau sekitar Rp5 jutaan.


SHARE
Previous article12 Game Android dan iOS Gratis Terbaru Minggu Ini: Final Shot, Death Moto, Tap Koruptor, dan Lainnya!
Next articleDLC Bikers GTA Online Siap Rilis, Begini Suasana Sehari-hari Anggota Geng Motor!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.