Pengenalan Klub LEGO Indonesia, Komunitas LEGO Pertama Indonesia!

Klub LEGO Indonesia 01

Pingin tahu lebih banyak soal Klub LEGO Indonesia, yang merupakan komunitas LEGO pertama di Indonesia? Ini dia profil mereka!

Sejak didirikan pertama kali, Colony selalu mendedikasikan diri untuk menghubungkan dan membantu komunitas kolektor di Indonesia. Kami terinspirasi oleh semangat para kolektor dalam menjalankan hobi sekaligus memegang nilai ekonomi dalam aktivitasnya. Dengan inovasi dan pembaharuan yang konsisten, kami percaya bahwa komunitas kolektor dapat tumbuh dan menjelma menjadi komunitas yang lebih besar.

Beranjak dari tujuan tersebut, kami akan mulai memperkenalkan komunitas-komunitas yang ada di tanah air agar dapat dikenal secara lebih luas. Komunitas pertama yang akan kami angkat adalah sebuah komunitas pencinta mainan plastik LEGO bernama Klub LEGO Indonesia atau yang sering disingkat menjadi KLI.

Awal Terbentuknya

Images by Patrick Sheet
Image by Patrick Seet

KLI telah bediri sejak 9 tahun lalu, tepatnya pada 13 Februari 2007. KLI didirikan oleh para fans LEGO dengan tujuan untuk mengumpulkan semua fans LEGO yang ada di Indonesia. Berawal dari 7 orang anggota, kini komunitas yang terus berkembang ini telah memiliki puluhan ribu anggota di dalamnnya. Tidak seperti komunitas lain yang kebanyakan hanya memiliki admin grup, saat ini KLI juga memiliki 14 orang yang bertindak sebagai tim dewan. Tim kecil inilah yang selalu berdiskusi untuk mengambil keputusan tentang segala aktivitas yang ada dalam grup, baik itu keputusan kecil maupun keputusan besar.

Fokus Grup Komunitas

img-00002137-min

LEGO memang merupakan mainan anak-anak. Namun, tidak sedikit juga loh fans-nya yang merupakan orang dewasa. Untuk mengakomodasi para fans LEGO di seluruh Indonesia tersebut, KLI pun memutuskan untuk membagi komunitasnya menjadi 3 sub-unit, yaitu:

  • Komunitas LEGO Indonesia, Facebook grup utama komunitas ini telah memiliki lebih dari 21.000 anggota. Fungsi utama grup ini adalah untuk melakukan jual beli semua jenis produk LEGO, baik produk second, hasil modifikasi sendiri ataupun LEGO custom. Biasanya nih, jual beli dilakukan dengan tiga metode, yaitu “Want to Sell”, “Want to Buy” dan juga secara lelang. Btw, jika kamu ingin ikut berjualan di dalam grup ini, pastikan barang yang ingin kamu jual adalah produk asli dari LEGO yah. Soalnya, produk palsu maupun mainan balok bermerk selain LEGO tidak diperbolehkan, bahkan dilarang keras!
  • Klub LEGO Indonesia – Bricks Klub Indonesia, Facebook grup yang terdiri dari kurang lebih 8.000 anggota. Berbeda dengan grup sebelumnya, Facebook grup ini justru menampung semua informasi yang bukan untuk diperjual-belikan.
  • KLI – MOC Workshop yang saat ini memiliki kurang lebih 500 anggota. MOC merupakan singkatan dari“My Own Creation”. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan “aliran” pencinta LEGO yang suka menghasilkan karya LEGO-nya sendiri tanpa mengikuti bentuk yang telah disediakan oleh LEGO. Ya, grup ini adalah grup yang tepat untuk pencinta LEGO yang suka berinovasi dan menghasilkan karya LEGO dari  imajinasinya sendiri. Di sini, kamu dapat membagikan hasil karyamu, menikmati hasil karya orang lain, berbagi informasi serta tips & trik seputar MOC.

Aktivitas Komunitas

kli-07

Selain mengkoleksi LEGO, anggota KLI juga sering mengadakan gathering (temu keakraban antar anggota) di setiap kota masing-masing. Untuk di Jakarta sendiri, kebanyakan gathering diadakan di STC Senayan atau di LEGO Store yang berada di CITOS.

KLI juga secara aktif terlibat dan berkontribusi dengan berbagai kegiatan yang dipersiapkan oleh ALJ Indonesia, sang official distributor LEGO di Indonesia. ALJ Indonesia sering kali meminta KLI untuk turut membantu pengadaan konten showcase di dalam event-eventnya. Bahkan, KLI bersama ALJ Indonesia juga pernah memecahkan rekor MURI untuk LEGO centipede terpanjang.

85620_zpsccxvcmbn

Saat ini, KLI juga turut memeriahkan event Olympic Brick Festival dengan Biggest Minifigures Habitat danOlympic Theme Diorama. Dalam acara ini, 1.000 mini habitat LEGO hasil karya anggota KLI dan LEGO MOC Indonesia akan dipamerkan dan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) loh. Kamu dapat langsung ke Baywalk Mall hingga 25 September 2016 mendatang apabila ingin menyaksikan ke-seribu karya tersebut.

Ya, begitulah Klub LEGO Indonesia. Jika kamu juga merupakan pencinta LEGO, kamu juga dapat langsung menjadi anggota komunitas tersebut. Oh ya… KLI juga merupakan community partner Colony loh. Mereka juga akan turut memeriahkan Colony Collection Market: Toys & Games dengan display-display keren dan kompetisi LEGO yang tidak kalah serunya. Tunggu updatenya dari kami yah.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market atau hubungi cs@colony.co.id.

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Colony.co.id. 

 


SHARE
Previous articleReview Deepwater Horizon – Drama Bencana Berdasar Kisah Nyata!
Next articleTernyata Leonardo DiCaprio Kolektor Lho, Yuk Intip Koleksinya!