DC Comics Resmi Mengakui Wonder Woman Biseksual!

wonder-woman-biseksual-dc-comics-min

Ternyata Wonder Woman biseksual! Hal ini diakui langsung oleh Greg Rucka, penulis yang menggarap serial komiknya saat ini!

Pendapat Rucka soal Wonder Woman biseksual ini ia sampaikan dalam wawancara dengan Comicosity. Apakah Wonder Woman, minimal, memiliki ketertarikan terhadap sesama jenis? Ternyata jawabannya adalah iya.

Singkatnya, Rucka mengatakan kalau Themyscira tempat Diana berasal adalah sebuah utopia. Semua penduduk di sana bebas berekspresi, termasuk memiliki hubungan cinta. Dan patut diingat kalau semua penduduk Themyscira adalah perempuan, dan proses populasi di sana terjadi secara magis. Sejak awal, konsep seperti gay dan biseksual memang tidak pernah ada di sana.

wonder-woman-2-dc-comics-min-1

One Piece 841 Ungkap Alasan Sanji Menjadi Koki!

Di One Piece 841, alasan Sanji menjadi koki dan ingin mencari All Blue akhirnya terungkap! Apakah yang membuat dia memiliki cita-cita tersebut?
Baca Juga

Rucka juga menjelaskan kalau Diana, setidaknya versi di Rebirth, tidak meninggalkan pulaunya hanya karena ia terpincut dengan Steve Trevor. Dia pergi dari sana karena ia ingin melihat dunia di luar pulaunya. Dan pada akhirnya, ia memutuskan kalau ia perlu melakukan pengorbanan ini, maka itulah yang akan ia lakukan.

Rucka juga menghimbau agar pengungkapan ini tidak digunakan dengan salah dan sembarangan. Ia mengambil contoh Northstar dari Marvel, yang harus setiap saat ditonjolkan sebagai gay. Bagi Rucka itu adalah penulisan yang buruk. Sepertinya pendekatan tentang Wonder Woman biseksual yang diambil Rucka adalah, karakter ini memiliki orientasi seperti itu, dan lebih baik untuk menunjukkannya dalam aksi ketimbang secara eksplisit menyajikannya.

Saat ini, industri komik dan film Amerika memang sedang gencar-gencarnya melakukan diversifikasi. Bila sebelumnya dulu para pahlawan terdiri dari orang Amerika kulit putih, kini terbuka jalan juga untuk gadis imigran Muslim (Kamala Khan, Ms. Marvel), Thor wanita (Jane Foster), dan banyak lagi.

Diversifikasi juga terbuka untuk orientasi seksual. Catwoman terungkap secara eksplisit sebagai biseksual. Lalu di DC Comics juga ada Batwoman, Maggie Sawyer, serta Alan Scott Earth-2 yang memang gay. Dan sekarang, salah satu dari Trinity (bersama Superman dan Batman) terungkap memiliki tendensi biseksual, walau itu karena pengaruh budaya dan lingkungan tempat ia tinggal.

Diversifikasi ini, tentunya, tak akan sejalan sepenuhnya dengan pandangan global. Terutama di Asia, di mana masalah orientasi seksual yang melenceng masih dianggap sebagai tabu. Jadi, walau ada kubu yang mungkin merasa gembira dengan pengungkapan Rucka ini, rasanya akan ada banyak juga pihak dari seluruh dunia yang akan mempermasalahkannya.

Jelas, untuk sekarang pengungkapan ini hanya berlaku untuk Wonder Woman versi komik. Lebih tepatnya, penggambaran karakter modern Wonder Woman yang tampil di New 52 dan sekarang diperdalam lagi di Rebirth. Kita lihat saja nanti di film Wonder Woman apakah perubahan ini akan terasa juga di sana.

Bagaimana tanggapanmu tentang pengungkapan ini? Apakah kamu menyukainya? Atau justru membencinya dan menganggap ini merusak karakter? Silakan sampaikan di kolom komentar.

 


SHARE
Previous articleSerunya Networking di Game Night yang Dihadiri Berbagai Elemen Industri Game
Next articleBerbagai Hal Berkaitan Tentang Lane di Dota 2 yang Wajib Kamu Tahu
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.