Misteri Dragon Ball Super Episode 61, Seberapa Kuat Gabungan Zamasu dan Goku Black?

Dragon-Ball-Super-Trunks-3

6 Misteri Dragon Ball Super 65! Dari Kekuatan Fusion Zamasu sampai Hadirnya Blue Vegitto

Siapa nama yang cocok untuk fusion Zamasu dan Black? ZamaBlack, ZamaKu, ZamOku, ZamAck, KuZama, BlackaZam, BlackaZu, GoMasu, atau Black Zamasu? Siapa Super Saiyan White? Benarkah fusion ini hanya bisa dikalahkan dengan Mafuba?
Baca Juga

Dragon Ball Super Episode 60 seakan menjadi titik kulminasi arc terbaru serial anime ini. Identitas Goku Black yang selama ini menjadi pertanyaan besar di tengah komunitas akhirnya terjawab. Goku Black tidak lain adalah Zamasu. Goku sendiri mengatakan bahwa dia mengetahui rencana mereka, bagaimana Zamasu menggunakan Super Dragon Balls untuk menciptakan “kembaran” Goku, serta menjadi abadi.

Dragon Ball Super Episode 61

Identitas Goku Black Terungkap dalam Dragon Ball Super Episode 60! Ternyata Dia Adalah…

Bahkan Mr. Satan saja sampai shock saat tahu siapa sebenarnya Goku Black... Siapa dia sebenarnya? Apakah semua teori mengenai Identitas Goku Black berhasil tembus?
Baca Juga

Apa yang lebih mengejutkan dan menimbulkan tanda tanya baru adalah ketika Goku Black mengatakan jika dia memang memiliki tubuhnya Goku, namun pikirannya adalah Zamasu. Ketika Goku bertanya apa yang terjadi pada dirinya ketika Goku Black memilikinya, Black mengungkapkan jika dia telah membunuhnya dengan tangannya sendiri. Jadi Goku Black memang memiliki tubuh Goku, yang dikendalikan oleh pikiran Zamasu. Itu terjadi karena permintaan pertama Zamasu adalah berganti tubuh dengan Goku. Ini menjelaskan kenapa mereka memiliki ki blast dan bahkan bertarung dengan gaya yang sama. Raut mukanya pun juga sama..

Siapa Goku Black? Dragon Ball Super Episode 60

Ending episode 60 ini memang sedikit menyakitkan. Namun bagaimana pun juga, misteri terbesar yang sudah menjadi topik panas sejak arc terbaru ini memulai debutnya sebenarnya sudah terjawab. Kenapa masa depan hancur, dan siapa itu Goku Black. Karena itulah kami menyebutnya sebagai titik kulminasi. Banyak penggemar Dragon Ball pun merasa cukup dengan Super, dan menginginkan arc ini segera berakhir saja, karena mereka sudah mengetahui jawabannya.

dragon-ball-super-episode-61-4

Mengungkap Identitas Black Goku dalam Dragon Ball Super

Menyambut pertarungan Goku vs. Goku Black, berikut 6 teori yang paling banyak dibicarakan di tengah komunitas Dragon Ball di dunia, dalam menyelidiki siapa sebenarnya Black Goku dalam Dragon Ball Super.
Baca Juga

Sebenarnya kita masih memiliki beberapa pertanyaan lainnya. Sama seperti Goku, banyak yang penasaran apa yang terjadi pada Goku lainnya, yang telah dibunuh Goku. Si Black hanya mengatakan dia telah membunuhnya, begitu saja, dan episode ini berakhir. Saat Black mengatakan dia membunuh Goku, fokusnya sepertinya diarahkan pada Time Ring, bukan sekadar tangannya. Cincin tersebut hanya bisa digunakan oleh Supreme Kai, dan Black memanfaatkannya bukan hanya untuk pergi ke masa depan dan kembali ke masa kini, namun juga menembus masa lalu. Sesuatu yang sebenarnya terlarang.

dragon-ball-super-episode-61-3

Selain itu, banyak juga yang masih penasaran dengan kenapa Zamasu dan Goku Black bisa muncul dalam waktu yang sama. Banyak yang memperkirakan jika Zamasu yang eksis dalan Goku Black berasal dari timeline yang berbeda. Zamasu yang berhasil dihabisi Beerus sendiri belum abadi, berbeda dengan Zamasu di masa depan timeline Future Trunks yang sudah mendapatkan keabadian dari Super Dragon Balls. Jika itu benar, maka bisa melahirkan plot twist baru yang memperpanjang arc ini. Apalagi untuk Dragon Ball Super Episode 61 mendatang, Zamasu dan Goku Black bakal berusaha menghabisi Goku dan yang lainnya di masa depan ini menggunakan Super Saiyan Rose, karena mereka dianggap yang paling menghambat rencana Zero Mortal Plan, yang bertujuan untuk menghabisi semua manusia untuk menegakkan “keadilan” menurut gambarannya sendiri, mengacaukan masa depan.

dragon-ball-super-episode-61-2

Fakta Menarik Dragon Ball Super Episode 56: Super Saiyan Rose vs Super Saiyan Blue

Dalam wujud normal saja Goku Black kekuatannya melebihi Beerus, bagaimana dalam wujud Super Saiyan Rose? Mampukan duo Super Saiyan Blue mengalahkannya di masa depan?
Baca Juga

Dalam preview Dragon Ball Super Episode 61 di bawah juga diperlihatkan sekilas jika Zamasu masa depan bersatu dengan Goku Black. Banyak fans yang mengira-ngira seperti apa kekuatan mereka ketika bekerjasama. Black, dalam wujud Super Saiyan Rose saja sudah menandingi Goku dan Vegeta dalam wujud Super Saiyan Blue. Namun perbedaan kekuatannya tidak ada yang tahu. Zamasu sendiri tidak terlalu kuat, namun, dia abadi (Zamasu yang dibunuh Beerus di masa kini posisinya hanya Kai biasa, dan belum abadi). Dia tidak bisa dibunuh, atau bahkan dilukai (wajar, strategi Vegeta adalah menghabisi Goku Black dulu). Ketika dia melawan Goku di Universe 10, dia sepertinya sebanding dengan Goku Super Saiyan 2. Bisa disimpulkan juga, kekuatannya selevel dengan Future Trunks.

dragon-ball-super-episode-61-1

Kemudian juga yang tidak kalah menarik adalah prediksi akan munculnya wujud Super Saiyan baru terkuat. Ada kemungkinan Vegeta bakal mencapai wujud Super Saiyan White yang kekuatannya bahkan melampui Goku untuk melawan Goku Black dengan wujud Super Saiyan Rose. Vegeta sepertinya juga yang paling bersemangat bertarung melawan Goku Black (lihat dalam video di atas), dan dia melakukannya untuk Trunks serta masa depan… Bisa jadi, alasan Vegeta ditonjolkan nantinya, dan dia yang mendapat wujud Super Saiyan baru tersebut, adalah karena dia adalah salah satu karakter favoritnya Akira Toriyama.

Berikut preview Dragon Ball Super Episode 61

Dragon Ball Super Ending 6: Chahan MUSIC

Di luar tanda tanya tersebut, Episode 60 juga menjadi debut awal lagu ending baru, berjudul “Chahan MUSIC” yang dinyanyikan oleh band rock Jepang Arukara. Bisa kalian liat di bawah videonya:


SHARE
Previous articleGaleri Foto Indonesia Comic Con 2016 – Kumpulan Foto Cosplayer ICC 2016
Next articleGaleri Foto Indonesia Comic Con 2016 – Foto Toys dan Statue Keren ICC 2016!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.