Inilah Daftar Lengkap Cameo dan Easter Egg Luke Cage!

cameo-dan-easter-egg-luke-cage-cover

Apakah kamu penasaran apa saja easter egg Luke Cage? Mungkin ingin tahu cameo di serial Netflix Marvel terbaru ini? Inilah daftar lengkapnya!

Tentunya, pembahasan cameo dan easter egg ini harus membahas hal-hal yang ditemukan di dalam episodenya sendiri. Kalau kamu belum menonton, dan tidak ingin kena spoiler, anggap saja peringatan besar-besar di bawah ini sebagai kesempatan kamu untuk menghindar.

SPOILER ALERT!!


1

Stan Lee!


cameo-dan-easter-egg-luke-cage-stan-lee-min

Apa jadinya kalau Stan Lee sama sekali tidak cameo di film Marvel? Hasilnya akan sampah, lihat saja Fantastic Four 2015. Karenanya penampakan si bapak Marvel ini sengaja ditempatkan di pembuka daftar cameo dan easter egg Luke Cage.

Sama dengan Daredevil dan Jessica Jones, Stan Lee hanya tampil dalam bentuk gambar. Poster Stan Lee ditempel di luar sebuah mini market, sebelum salah satu adegan terlucu di sepanjang serialnya.


2

Method Man, Sway, Heather B


cameo-dan-easter-egg-luke-cage-method-man

Kamu fan hip hop? Kalau begitu kamu pasti kenal Method Man, salah satu anggota dari kelompok legendaris Wu-Tang Clan. Tepat setelah penampakan Stan Lee di atas, Method Man muncul sebagai dirinya sendiri, yang ternyata apes karena terlibat dalam perampokan. Tapi keberadaan Method Man membuat para perampok culun yang mencoba menjarah mini market kebingungan sendiri, hingga mereka membocorkan identitas mereka segala.

Di bagian lain kemudian, Heather B (artis hip hop juga) dan Sway (produser eksekutif MTV News) juga tampil sebagai diri mereka sendiri dalam sesi wawancara ekslusif dengan Method Man. Di sini, Method Man menyanyikan lagu Bulletproof Love yang juga sudah dirilis resmi di Spotify dan Youtube.


3

Kostum Asli Luke Cage


cameo-dan-easter-egg-luke-cage-kostum-asli

Di Jessica Jones, ada momen di mana Trish Walker memperlihatkan Jessica kostum Jewel, yang benar-benar sempat dikenakan Jessica di komik. Tak heran kalau salah satu easter egg Luke Cage juga memperlihatkan kostum asli Luke. Bedanya, tidak seperti Jessica, Luke benar-benar sempat mengenakannya.

Kostum ini muncul di episode 4 serialnya. Setelah Luke meloloskan diri dari Seagate, ia mengambil asal pakaian yang ia temukan. Hasil akhirnya adalah kostum pertama Luke di komik. Ngomong-ngomong, Luke versi Netflix menganggap penampilan ini konyol, jadi ia tidak mengenakannya lagi.

Luke Cage


4

Colleen Wing


cameo-dan-easter-egg-luke-cage-colleen-wing

Di komik, ada Daughters of Dragon; kombo antara Misty Knight dengan ahli bela diri Colleen Wing.

Marvel Defenders - Daughters of Dragon

Misty sudah tampil dengan signifikan di sini, meski ia belum memiliki lengan bionik versi komiknya. Namun Colleen Wing masih absen, dan baru akan tampil di Iron Fist nanti.

Tapi itu bukan berarti Luke Cage tidak menampilkan Wing sama sekali. Di episode terakhir, Claire Temple tertarik dengan iklan dojo milik Colleen Wing. Jangan kaget kalau ini akan menjadi landasan Claire berjumpa dengan Danny Rand.


5

Captain America


Avengers-2-Age-of-Ultron-Captain-America-Chris-Evans-Interview

Tidak, Cap tidak benar-benar muncul di sini. Tapi, masih ingat dengan salah satu dialog Cottonmouth di trailer? Saat dia seakan tertawa karena Luke Cage menjadi pahlawan Harlem dengan menjatuhkan satu-dua pintu di daerah kumuh? Dialog itu bukan terjadi di rumah duka, seperti yang diperlihatkan di trailer, tapi di bar Cottonmouth di episode 5. Dan Cottonmouth tidak memanggil Luke sebagai pahlawan, ia memanggil Luke – dengan nada sarkastis – sebagai Captain Americanya Harlem.

Ternyata Ini Hubungannya Luke Cage dan Avengers!

Ternyata Luke Cage dan Avengers memang memiliki keterkaitan!
Baca Juga

Seperti sudah disampaikan di review Luke Cage, sebenarnya sebutan itu cukup mewakili sifat Luke, apalagi bila dibandingkan dengan anggota lain Defenders sejauh ini. Untuk referensi lain soal Avengers dan Iron Man, kamu bisa membacanya di tautan di atas.


6

Ben Donovan


cameo-dan-easter-egg-luke-cage-benjamin-donnovan

Masih ingat pengacara yang satu ini? Sebelumnya, dia tampil mewakili Wilson Fisk di Daredevil season 2. Sekarang, dia mewakili Cottonmouth. Mariah Dillard pun sepertinya menggunakan jasanya juga. Rasa-rasanya, kamu akan melihat wajahnya lagi di Iron Fist.


7

Trish Walker


Jessica Jones Episode 3 - Trish Walker

Walau wajahnya tidak terlihat, kamu masih bisa mendengar sahabat Jessica Jones ini membawakan acaranya. Dari yang ia sampaikan, tampaknya Trish yakin kalau Luke adalah seorang pahlawan. Terutama karena Luke memang sebelumnya sudah membantu Jessica, saat pria perkasa itu tidak dikendalikan oleh Kilgrave.


8

Turk Barrett


Daredevil Netflix - Turk Barett

Ngomong-ngomong soal cameo dari serial lain, ada satu tokoh Daredevil yang bisa melengkapi daftar cameo dan easter egg Luke Cage. Dia adalah Turk Barrett, penjahat kecil-kecilan yang sejauh ini sudah berurusan dengan semua anggota Defenders. Dia juga tampaknya akan dikerjai Danny Rand di Iron Fist nanti.


9

Back to the Future


cameo-dan-easter-egg-luke-cage-back-to-the-future-min-1

Dari semua easter egg Luke Cage, mungkin ini yang terasa paling ngaco. Bagaimana tidak? Sebenarnya, Back to the Future bukan properti dari Marvel. Tapi tetap saja seorang user Reddit dengan mata jeli berhasil menemukan easter egg ini digunakan untuk mengisi kolom dalam koran. Ada perubahan nama (Martin Brown bukan Emmett Brown dan Flux Capacitator menjadi Thrust Capacitator) tapi tetap saja intinya adalah seorang ilmuwan bernama Dr. Brown menemukan capacitator.


10

Power Man dan Night Nurse


claire-temple-night-nurse-min

Power Man dan Night Nurse adalah nama panggilan Luke dan Claire Temple di komik. Di serial Netflix, Luke tidak pernah memiliki nama sandi pahlawan, apalagi Claire yang hanya suster biasa. Tapi panggilan Power Man digunakan beberapa kali di sepanjang seri, dimulai dari Pop. Claire pun dipanggil dengan sebutan Night Nurse oleh salah satu penyanderanya di episode 11.


11

Heroes for Hire


marvel-studios_heroes-for-hire_iron-fist_power-man_luke-cage_-min

Review Luke Cage – Captain Americanya Wilayah Harlem!

Seri Luke Cage sudah tersedia lengkap di Netflix sejak 30 September kemarin! Seperti apa kualitasnya? Simak saja review ini!
Baca Juga

Heroes for Hire adalah sebutan untuk kelompok di Marvel, dengan anggota mulai dari Luke, Iron Fist, hingga Misty Knight, Colleen Wing, dan banyak lagi. Connie dari Genghis Connie hendak mencoba untuk menyewa Luke di akhir episode 1, tapi Luke membuktikan dirinya sebagai Captain Americanya Harlem dengan menolak permintaan tersebut dan bersedia melindungi tempat itu dengan gratis.

Karena sifat Luke yang lebih mulia inilah kelompoknya dinamai Defenders, dan bukannya Heroes for Hire, meski di komik hampir semua anggotanya – kecuali Jessica – sebenarnya pernah bergabung dengan H4H atau aktif membantu.


Itulah daftar cameo dan easter egg Luke Cage. Ada lagi yang kamu temukan? Silakan sampaikan di kolom komentar!


SHARE
Previous article5 Fitur Paling WOW dari Google Pixel, Android Pertama yang Punya “Asisten Pribadi”
Next articleFan Serial Marvel Siap-Siap, Tanggal Rilis Iron Fist Resmi Diumumkan!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.