SUBOGAMA Siap Digelar, Ini Dia Pestanya Pegiat Board Game di Indonesia!

SUBOGAMA Surabaya Board Game Market

Di tengah derasnya arus game digital yang semakin menjamur di Indonesia khususnya, dalam beberapa tahun terakhir industri board game juga mulai tumbuh dengan subur. Beberapa board game Indonesia pun lahir, mulai dari Waroong Wars, Monas Rush, hingga Laga Jakarta. Nah, semakin berkembangnya industri board game ini mendorong beberapa pegiat board game di Surabaya untuk menggelar sebuah acara khusus board game yang pertama di Indonesia bertajuk SUBOGAMA alias Surabaya Board Game Market!

SUBOGAMA bakal menjadi ajang bermain, jual beli, workshop dan kompetisi board game yang memang dikhususkan untuk industri ini. Acara yang bakal digelar di Surabaya pada tanggal 16 hingga 18 14 hingga 16 Oktober ini merupakan inisiasi dari APIBGI (Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia) dan SCN (Surabaya Creative Network). Sesuai dengan namanya, acara ini memang khusus untuk board game saja.

SUBOGAMA Surabaya Board Game Market

Acara SUBOGAMA terdiri dari Dino Dolanan (Hari Bermain) aneka board game lokal dan internasional yang diselenggarakan di atrium LG Ciputra World Surabaya selama 3 hari sejak hari pertama pembukaan hingga penutupan. Selain itu juga terdapat kegiatan kompetisi merancang board game dengan tema “A small­ sized filler board game” yaitu sebuah permainan board game dengan durasi waktu bermain kurang dari 30 menit dan penggunaan minimalis untuk jumlah komponen mulai dari kartu, dadu, koin, hingga token. Para peserta berasal dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Salatiga, Jember, dan Surabaya. Para peserta yang lolos akan masuk babak final yang terdiri dari play test pada acara puncak SUBOGAMA.

“Penggunaan gadget di dalam keluarga dan kehidupan sehari­hari memang tidak bisa dibendung. Namun sebagai manusia kita haruslah mengembalikan dan menjaga interaksi sosial yang nyata,” ujar Adhicipta R. Wirawan selaku dosen dan pegiat komunitas board game Papan Dolanan Arek Suroboyo). “Hal ini salah satunya dapat diwujudkan melalui board game,” lanjutnya.

SUBOGAMA Surabaya Board Game Market

Agar kegiatan ini memiliki dampak berkelanjutan, maka diadakan pula workshop dengan tema “Board Game for Fun Learning” bagi para pelaku dan pemerhati dunia pendidikan. Para peserta akan mengembangkan ide dari masalah pembelajaran ke dalam bentuk board game. Board game ini harapannya bisa digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif di pendidikan formal maupun informal. Hadirnya kegiatan SUBOGAMA diharapkan sebagai event pertama di Indonesia yang fokus pada industri board game dan manfaat positif bagi masyarakat.

Ingin tahu lebih banyak tentang SUBOGAMA? Kamu bisa langsung mengunjungi fanpage resminya.


SHARE
Previous articleTernyata Berikut Inilah 5 Fakta Unik Permainan LEGO!
Next articleDeck Lava Hound dan Miner di Clash Royale untuk Arena 6 Keatas
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.