Lihat Aksi 16 Servant Fate/Extella: The Umbral Star di Tengah Perang Holy Grail

Fate/Extella The Umbral Star

Berbagai Judul Game Menarik Campur Aduk Jadi Satu di Booth Sony TGS 2016!

Mulai dari Tekken 7, Gravity Daze 2 hingga berbagai game PS VR seperti Resident Evil 7 dan Batman Arkham VR jadi santapan utama di booth Sony ini!
Baca Juga

Salah satu game yang dipajang Sony Interactive Entertainment selama event TGS 2016 lalu adalah Fate/Extella: The Umbral Star, game action adventure baru di tengah serial yang memulai debutnya dari visual novel, yaitu Fate, yang untuk game terbarunya ini dikembangkan Marvelous khusus untuk PlayStation 4 dan PlayStation Vita. Rencananya dirilis 10 November 2016 mendatang di Jepang, dan versi Globalnya menyusul tahun depan di Eropa dan Australia, serta XSEED yang akan menjualnya khusus di Amerika Utara. Sebenarnya sebelumnya direncanakan akhir tahun ini juga di luar Jepang, namun ternyata harus ditunda oleh XSEED Games sampai tahun depan. Seperti tipikal game yang diterbitkan XSEED Games, kalian mendapatkan suara karakter dalam bahasa aslinya, namun dengan subtitle bahasa Inggris.

Bersamaan dengan penundaan tersebut, mereka mengumumkan harga jualnya, dan juga versi terbatasnya. Fate/Extella: The Umbral Star ditawarkan dengan harga standar Rp650 ribuan di PlayStation 4, dan Rp500 ribua untuk PS Vita.

Saber dan Para Warrior Lain Bertarung Secara Musou di Fate Extella

XSeed memberikan detail dari Fate Extella, sebuah game action berbasis musou yang menghadirkan seluruh karakter dari seri Fate!
Baca Juga

Kemudian juga disediakan edisi Noble Phantasm seharga Rp900 ribuan untuk PlayStation 4, atau sekitar Rp800 ribuan untuk PS Vita. Noble Phantasm Edition memberi bonus seperti art book dengan sampul hardcover berukuran 7.5×6.3-inchi yang berisi 100 halaman artwork Fate/Extella: The Umbral Star, satu bungkus kartu berisi 16 kartu berukukuran 3×6-inchi yang melambangkan para Servants dalam game (yang bisa kalian lihat melalui video di bawah), serta poster berukuran 24×17-inchi. Semuanya dipaketkan dalam sebuah kotak eksklusif.

Fate/EXTELLA: The Umbral Star – Trailer #2

fate-extella-the-umbral-star-41

Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, latar cerita game ini diambil pasca event Holy Grail War dari game pertamanya Fate/Extra. Di dunia Fate/Extella ini terdapat sebuah komputer spiritron yang dijukuki Moon Cell Automaton. Benda ini berada di bulan dan memiliki kemampuan untuk mengabulkan apapun permintaan seseorang. Automaton juga mengontrol setiap Servant dan Master yang ada di bumi, mereka harus saling bertempur satu sama lain hingga tersisa satu pemenang, pertempuran ini disebut Holy Grail War.

fate-extella-the-umbral-star-33 fate-extella-the-umbral-star-31

Saat itu Nero Claudius dan sang Master memenangkan Holy Grail War, mereka mendapatkan hadiah yang disebut Holy Grail dan Regalia. Dengan kedua hadiah ini, mereka mampu memimpin seluruh Servant dan memulai dunia baru di bulan. Namun muncul musuh baru yang ternyata juga memiliki Regalia yang lain. Ceritanya sendiri disampaikan dari sudut pandang Nero, Tamamo no Mae dan Attila. Selain cerita utamanya, kalian juga akan menjumpai cerita sampingannya yang terfokus pada Servant yang lainnya.

fate-extella-the-umbral-star-28 fate-extella-the-umbral-star-26

Fate/Extella ini sendiri merupakan game action adventure, dimana kalian berperan sebagai master yang bekerja sama dengan roh yang disebut Servant, dan bertarung melawan ratusan musuh, ala serial Warriors / Musou-nya Omega Force. Kalian bisa memberi nama master, dan menentukan kenis kelaminnya (male atau female). Karakter yang disediakan ada 16 Servant (dari Fate/Extra, Fate/stay night, Fate/Zero, Fate/Apocrypha, dan Fate/Grand Order), dan terbagi menjadi delapan kelas, Saber, Archer, Lancer, Caster, Assassin, Rider, Berserker, dan Extra Class. Kalian bisa buka ulasan kami sebelumnya untuk detail mengenai karakter.

fate-extella-the-umbral-star-25 fate-extella-the-umbral-star-21

Mereka juga memiliki gaya bertarung yang berbeda, seperti pemain pedang Saber, Nero Claudius, dibekali dengan keahlian pedang yang kuat, serta keseluruhan seimbang kemampuannya. Di sisi lain, karakter Caster yang fokus pada kemampuan sihir, Tamamo no Mae, memiliki banyak serangan sihir. Berbeda lagi Saber Attila yang juga menggunakan pedang, dia bertarung dengan lebih kasar.

fate-extella-the-umbral-star-14

Sebagai Servant, kalian bebas berlarian di atas area pertempuran dan menyerang dengan serangan lemah atau kuat, mengkombinasikannya, dan menciptakan kombo. Kalian juga bisa bertahan, atau yang lebih spekulatif, menghindari serangan dengan aerial dash. Seperti tipikal game action hack-and-slash lainnya, dalam Fate/Extella: The Umbral Star disediakan gauge khusus, yang mana dibutuhkan untuk melancarkan serangan spesial, yang disebut Extella Maneuver. Efek serangan ini berantai, meskipun hanya satu yang ditarget, bisa berimbas pada musuh lain di sekelilingnya.

fate-extella-the-umbral-star-18 fate-extella-the-umbral-star-32

Unsur kustomisasinya difokuskan pada Servant, yang bisa diperkuat melalui sistem yang disebut mekanis “form change”, dimana kalian bisa mengubah penampilan dan senjatanya, memungkinkan mereka mengalahkan musuh dengan lebih mudah. Perubahan wujud fisik para Servant juga berbasis pada elemen dasarnya, seperti Nero yang berbasis api, seperti kostum merah yang dikenakannya. Sedangkan Tamamo no Mae yang kostumnya dominan biru, berbasis pada elemen salju.

Berikut video trailer keduanya yang dirilis di Jepang minggu lalu, dan menampilkan theme song “ex:tella” yang dinyanyikan oleh Elisa.

Khusus untuk Fate/Extella: The Umbral Star, Marvelous menyediakan mode baru yang disebut Area Supremacy Battle. Di sini serangan para Servant menyerang sektor, dan berusaha mencapaikan Regime Matrice, yang menjadi kunci untuk mengendalikan sebuah area. Tantangannya ada pada jumlah kuncinya, karena setiap sektor membutuhkan jumlah kunci berbeda. Kalian bisa menang dengan mengumpulkan lima belas kunci yang ada. Membedakannya lagi dengan mode standar, selain melawan musuh, kalian juga perlu melindungi sektornya sendiri dalam mode ini.

Lanjut ke halaman 2 untuk detail gameplay para karakternya!

1
2

SHARE
Previous articleAnalisa dan Prediksi Ekosistem Developer Game Indonesia di Tahun 2017
Next articleOh My Sheep: Card Game Asal Indonesia yang Gelar Kampanye di Kickstarter!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.