Sony Tampar Balik Microsoft, PlayStation 4 MOD untuk Skyrim dan Fallout 4 Dikonfirmasikan!

Ajak Tengkar! Begini Cara Xbox Meledek PS4 Slim dan PS4 Pro!

Perang konsol semakin panas dengan segera hadirnya PS4 Pro di pasaran! Sambil menunggu Project Scorpio, Xbox pun melancarkan sindiran-sindiran tajam pada PlayStation!
Baca Juga

Dalam sebuah persaingan konsol, cara termudah untuk terlihat unggul dibandingkan para pesaingnya adalah mengajukan satu fitur yang tidak mereka miliki. Seperti yang dilakukan oleh Microsoft beberapa waktu lalu. Sampai mereka tega mengejek Sony Interactive Entertainment karena konsol unggulannya, PlayStation 4 ternyata tidak mendukung game dengan fitur mod seperti The Elder Scrolls V: Skyrim dan Fallout 4. Seperti yang kami ulas dalam artiikel sebelumnya, Microsoft tampak sangat bangga dengan Xbox One mereka karena bisa memutar Blu-ray pada resolusi 4K, dan mendukung mod untuk beberapa game yang gamernya “kelewat kreatif” seperti Skyrim dan Fallout 4. Kedua fitur tersebut sejauh ini belum ditawarkan oleh PlayStation 4.

PlayStation-4-Pro-3

Benarkah MOD Fallout 4 Tidak Akan Bisa Digunakan dalam PS4?

Apakah ini berarti PS4 bukan konsol terbaik untuk gamer kreatif yang doyan nge-MOD?
Baca Juga

Atau, mungkin Sony memberi kesempatan Microsoft tertawa sejenak, mengingat memang sejauh ini PlayStation 4 masih menjadi konsol game generasi saat ini yang terlaris.

Ya, sepertinya memang seperti itu rencananya. Kemarin Bethesda (yang bisa jadi juga atas desakan dari Sony), mengumumkan dukungan mod dan kualitas resolusi permainan hingga 4K Ultra HD (3840 × 2160 pixel) akan segera datang untuk PlayStatio 4. Tentu saja, visual 4K hanya untuk PlayStation 4 Pro. Mereka memberikannya untuk Skyrim Special Edition dan Fallout 4. Selain itu, Bethesda juga resmi memastikan jika kedua game tersebut mendukung PlayStation 4 Pro untuk keduanya.

Fallout 4

Skyrim yang akan mendapatkannya lebih awal ketika game edisi spesial yang merupakan versi remastered lengkap dengan tiga DLC ekspansi dan upgrade grafis tersebut dirilis 28 Oktober 2016 nanti. Kekuatan PlayStation 4 Pro memungkinkan Bethesda membuat Skyrim bisa drender secara asli dalam resolusi Ultra HD 4k (bukan pembesaran atau upscale dari Full HD ke Ultra HD), dan Bethesda menjanjikan sebuah tampilan yang terbaik. Mereka pun merilis beberapa screenshot yang memperlihatkan seperti apa kualitas visualnya ketika ditampilkan dalam resolusi 4K.

Daftar Lengkap PlayStation 4 Pro Games dan Apa Saja Efek Visual yang Ditambahkan!

Meskipun menurut Microsoft kemampuan PS4 Pro sebenarnya belum cukup untuk merender grafis 4K, namun sudah banyak game PS4 Pro yang dipastikan tampil 4K. Sedangkan sebagian besar lainnya, di-upscaled dari Full HD 1080p.
Baca Juga

PlayStation 4 MOD skyrim-special-edition-2 skyrim-special-edition-1

Dukungan untuk Mod baru akan dibuka untuk Skyrim terlebih dahulu, dan memungkinkan kalian gamer PlayStation 4 memodifikasi dan menciptakan konten sendiri menggunakan Creation Kit yang bisa diunduh di sini. Kalian juga bisa mengunggah aset dari luar dengan mod PlayStation 4 ini, selain juga aser yang datang bersama dengan gamenya. Dan dengan membuat akun Bethesda.net, hasil mod lainnya bisa kalian coba langsung di dalam gamenya.

Fallout 4

Selanjutnya pasca menangani Skyrim Special Edition, Bethesda bakal memperbarui Fallout 4 agar juga bisa mendapatkan fitur yang sama, mod dan tampilan 4K khusus untuk PlayStation 4 Pro. Menurut Bethesda, kekuatan PlayStation 4 Pro akan mereka gunakan dalam menghadirkan visual 4k serta peningkatan kualitas grafis melalui video HDR dan fitur grafis lainnya. Yah, semoga saja mereka juga berhasil membuat frame rate gamenya mencapai rata kanan, seperti yang mampu ditawarkan GPU PC kelas atas.

PlayStation 4 Pro vs Project Scorpio, Memilih Konsol Game Terkuat Sejagat!

PS4 mungkin masih menjadi yang terlaris di dunia, namun ketika mencari yang terkuat sejagat, apakah predikat tersebut masih dipegangnya? Berikut perbandingan keluarga PS4 vs Xbox One, agar kalian bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan.
Baca Juga

Fallout 4

Kabar PlayStation 4 MOD ini jelas menjadi tamparan keras untuk Microsoft, yang sebelumnya begitu pedenga mengejek PlayStation 4 karena tidak mendapatkan fungsi mod untuk beberapa serial game yang selama ini memang terkenal mendukung opsi untuk modifikasi kontennya. Sebelumnya, dukungan mod Skyrim hanya disebutkan eksklusif untuk PC dan Xbox One saja. Untuk Fallout 4, opsi mod di Xbox One sudah dibuka sejak Mei 2016 lalu. Bahkan awal September kemarin disebutkan jika PlayStation 4 MOD resmi dibatalkan. Namun ternyata Bethesda berubah pikiran.

Sumber: Bethesda


SHARE
Previous articleJudul Resmi Wolverine 3 Akhirnya Resmi Terungkap!
Next articleBedah Trailer Pirates of the Caribbean 5: Dead Men Tell No Tales
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.