Nobuhiro Watsuki Umumkan Spinoff Rurouni Kenshin!

spinoff rurouni kenshinKabar gembira bagi para penggemar Kenshin Himura cs, pasalnya Nobuhiro Watsuki dan sang istri Kaoru Kurosaki akan membuat manga spinoff Rurouni Kenshin atau Samurai X ini. Diumumkan pada majalah mingguan Jump Shueisha, spinoff Rurouni Kenshin bakal diberi judul Rurouni Kenshin Ibun: Ashitaro Zenka Ari (Rurouni Kenshi Variant Story: The Vory Criminal Ashitaro).

Dilansir dari Anime News Network, spinoff Rurouni Kenshin ini akan terdiri dari dua chapter, dimana chapter pertama rencananya terbit Desember nanti.

Jika menelisik lebih dalam, sebenarnya di awal tahun ini Nobuhiro Watsuki memang dikabarkan sedang menggarap sebuah proyek, namun ia enggan memberitahu proyek apa yang dimaksud. Dengan pengumuman yang diumumkan oleh majalah mingguan Jump Shueisha ini, secara tak langsung membenarkan bahwa proyek rahasia Watsuki yang dimaksud adalah membuat manga spinoff Rurouni Kenshin.

Nobuhiro Watsuki dan sang istri tidak hanya dikenal sebagai pencipta dari manga Rurouni Kenshin atau Samurai X saja, tapi mereka juga adalah pengarang manga Buso Renkin dan Embalming – The Another Tale of Frankenstein.

rurouni-kenshinRurouni Kenshin pertama kali dirilis tahun 1994 oleh publisher Shueisha. Manga ini berlatar belakang pada awal dari era Meiji di Jepang. Cerita berfokus kepada Kenshin Himura atau dikenal dengan julukan “Hittokiri Battousai” yang menyesali perbuatan di masa lampaunya dimana ia telah banyak membantai orang-orang tak bersalah. Kenshin berjanji untuk tidak membunuh lagi. Dari situ dimulailah perjalanan Kenshin menjadi seorang pengembara yang menggunakan pedang dengan mata pisau terbalik

Kisah Kenshin tersebut ternyata mendapat sambutan positif dari pecinta manga. Terbukti sampai tahun 2014, manga Rurouni Kenshin telah terjual sebanyak lebih dari 70 juta lembar di seluruh dunia.

Pada tahun 2014, spinoff dari manga ini pun dirilis dengan judul Honō wo Suberu -Rurouni Kenshin: Uramaku atau dalam bahasa Inggris Controlling Flame -Rurouni Kenshin: Hidden Chapter.

Sementara manganya sendiri diadaptasi kedalam 95 episode anime TV dimana sukses masuk sebagai 100 anime paling banyak ditonton. Tak ketinggalan, Rurouni Kenshin atau Samurai X juga diadaptasi menjadi film live action yang terbagi dalam tiga bagian. Secara total film live action ini mendapat pendapatan sebesar lebih dari 35 juta dolar, dan itu pun hanya di negara Jepang saja. Live action tersebut sekaligus menjadikan Ruruoni Kenshin menduduki peringkat 16 sebagai film dengan pendapatan terbesar dalam satu tahun di Jepang.

Di Indonesia, manga Rurouni kenshin diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada 2002 namun dengan judul Samurai X. Kepopuleran manga ini lantas membuat RCTI dan Global TV tertarik menayangkan animenya. Alhasil kisah Kenshin Himura ini pun sangat populer bagi pecinta animanga di Indonesia.