Inilah 5 Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!

Image credit: Gizmodo
Image credit: Gizmodo
Dari yang dikenakan di era Adam West hingga Ben Affleck, manakah kostum Batman terbaik? Ini dia daftarnya!

5

Kostum Versi Joel Schumacher


kostum-batman-schumacher-clooney

Dari desain dan pilihan warna sih, sebenarnya kostum-kostum yang dikenakan Batman di era Batman Forever dan Batman and Robin cukup keren. Namun tambahan puting besar-besar di bagian dada membuat kostum ini malah terlihat konyol. Mungkin wajar kalau ada modifikasi seperti itu untuk film yang komedi penuh, seperti film-filmnya Adam West. Namun tim di balik Batman 60an pun tidak kepikiran untuk menambahkan hal tidak perlu seperti itu.


4

Kostum Versi Adam West


kostum-batman-adam-west

Kostum Batman yang dikenakan di saat boom serialnya, dan tentunya dia pakai juga untuk film tahun 1966. Kalau dilihat dari kacamata sekarang, mungkin kostum ini terkesan murah. Apalagi perut Adam West terlihat buncit saat mengenakannya. Tapi faktor nostalgia, upaya untuk minimal mirip dengan versi komiknya saat itu, serta modifikasi nggak banget dari kostum di nomor lima membuat kostum Batman klasik ini bisa bertengger di nomor empat.


3

Kostum Versi Tim Burton


michael keaton batman

Klasik, tapi tak bisa dilupakan. Tim Burton memilih warna serba hitam untuk menyajikan Batman yang diperankan Michael Keaton. Pilihan warna ini lalu diikuti juga oleh Christopher Nolan untuk trilogi The Dark Knight. Bahkan ada juga beberapa sineas amatir yang memilih menggunakan pendekatan ala Burton untuk menampilkan Batman di fan movie garapan mereka.


2

Kostum The Dark Knight Trilogy


the-dark-knight-trilogy-source

Judul Resmi Wolverine 3 Akhirnya Resmi Terungkap!

Judul resmi Wolverine 3 akhirnya terungkap! Seperti apakah kira-kira judul dari film terakhir Hugh Jackman sebagai Wolverine ini?
Baca Juga

Peringkat kedua daftar kostum Batman terbaik dikuasai oleh set kostum yang dikenakan Batman versi Christopher Nolan. Tetap mengandalkan warna hitam, kostum ini terus berevolusi dari Batman Begins hingga akhir penampilannya di The Dark Knight Rises. Salah satu inovasi yang paling patut dikenang tentu saja adalah kemampuan aktor untuk menoleh, yang diintegrasikan ke kostum The Dark Knight.

Ya, kostum Michael Keaton hingga Batman Begins menghalangi aktor yang mengenakannya untuk menoleh. Hambatan yang sebenarnya bisa sangat fatal untuk karakternya, tapi berusaha sebisa mungkin tak diungkit oleh para sutradara.

Selain itu, sentuhan realistis yang diberikan Nolan untuk kostum ini cukup menarik. Di Batman Begins, kamu diperlihatkan dengan rinci bagaimana setiap bagian kostum ini bisa disusun, hingga fungsinya. Saat Batman kembali lagi di The Dark Knight, penonton sudah tahu duluan betapa tangguhnya kostum yang ia kenakan di versi ini.


1

Kostum Bat Affleck


Batman-V-Superman

Yang menjadi raja di peringkat kostum Batman terbaik ini adalah kostum Batman versi DC Extended Universe. Memang, semesta yang satu ini sering menuai kritik, termasuk dalam kategori kostum. Mungkin kostum Superman dikritik kurang cerah, mungkin Flash dinilai terkesan berat, tapi sejauh ini kostum Batman tersaji sempurna.

Bentuk dari kostum ini masih familier untuk fan. Selain itu, pemilihan campuran warna kelabu dengan hitam membuatnya terlihat lebih mirip dengan kostum yang awam dikenakan Batman di komiknya. Langkah yang bagus untuk membedakan diri dari kostum versi Burton maupun Nolan.

Dan ngomong-ngomong soal akurasi dengan komik, anggap saja Iron Bat yang benar-benar mirip dengan kostum armor Batman di The Dark Knight Returns itu juga berada di nomor satu ini. Sayang kostum yang itu justru tak digunakan di klimaks sejati filmnya.


Itulah peringkat kostum Batman terbaik dari film-filmnya yang sudah rilis hingga sejauh ini. Ada versi lain yang menurutmu lebih keren? Silakan sampaikan di komentar!


SHARE
Previous articleIni yang Paling Membanggakan dari IeSF eSport World Championship 2016!
Next article4 Pelajaran Mahal yang Bisa Dipetik dari Acara IeSF eSport World Championship 2016 Jakarta!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.