Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!

Manakah kostum Batman terbaik?

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!

Dari yang dikenakan di era Adam West hingga Robert Pattinson, manakah kostum Batman terbaik? Menurut saya, begini peringkatnya! 

7. Kostum versi Batman and Robin

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Batman versi George Clooney. (Dok. Warner Bros/Batman and Robin)

Kostum Batman era Joel Schumacher ini sebenarnya terasa oke-oke saja... kalau saja bagian dadanya tidak ditambahi puting. 

Serius, saya tidak mengerti tambahan itu bikin efek strategis apa untuk Batman.

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Dok. Warner Bros

Lalu kostum yang dikenakan Batman versi George Clooney ini untuk pertempuran akhir terasa agak... mencolok, pemilihan warna hitam dan peraknya. 

Baca Juga: Review The Batman, Aksi Batman yang Masih Muda dan Beringas 

6. Kostum versi Batman Forever

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Kostum Batman versi Batman Forever. (Dok. Warner Bros/Batman Forever)

Kostum yang satu ini sebenarnya lumayan oke. Saya lebih menyukai kostum ini ketimbang yang versi Batman and Robin.

Uniknya? Versi utama kostum Batman di Batman Forever memiliki puting di dadanya. Tambahan ini bikin kostumnya terasa konyol.

Kostum Sonar Suit, yang dikenakan untuk pertempuran akhir di Batman Forever, setidaknya gak memiliki tambahan ini dan desainnya lumayan oke. Jadi secara keseluruhan, saya merasa kostum-kostum di Batman Forever masih lebih oke dari di Batman and Robin

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Kostum Batman versi Batman Forever. (Dok. Warner Bros/Batman Forever)

5. Kostum Batman versi Adam West

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Batman versi Adam West. (Dok. Warner Bros/Batman (TV Series))

Kostum Batman yang ini dipakai di serial Batman tahun 60-an, dan tentunya dia pakai juga untuk film tahun 1966.

Kalau dilihat dengan perspektif sekarang, mungkin kostum ini terkesan murah. Tapi faktor nostalgia dan upaya untuk minimal mirip dengan versi komiknya saat itu membuat kostum ini tetap berkesan. 

Selain itu, setidaknya kostum Adam West ini gak punya keanehan dari kostum Batman era Joel Schumacher. 

4. Kostum Batman era Tim Burton

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Batman versi Michael Keaton. (Dok. Warner Bros/Batman Returns)

Klasik, tapi tak bisa dilupakan. Tim Burton memilih warna serba hitam untuk menyajikan Batman yang diperankan Michael Keaton, dengan logo Batman berwarna hitam dalam latar belakang kuning. 

Untuk penonton Batman era Tim Burton, mungkin kostum ini terasa sebagai kostum Batman yang paling berkesan. 

3. Kostum Bat Affleck

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Batman di Justice League. (Dok. Warner Bros/Justice League)

Memang, semesta film DC Extended Universe kadang menerima kritik, termasuk dalam kategori kostum. Mungkin kostum Superman dikritik kurang cerah, mungkin Flash dinilai terkesan berat, tapi untuk Batman, kostumnya menurut saya justru terlihat oke.

Bentuk dari kostum ini masih familier untuk fan. Selain itu, pemilihan campuran warna kelabu dengan hitam membuatnya terlihat lebih mirip dengan kostum yang awam dikenakan Batman di komiknya. Langkah yang bagus untuk membedakan diri dari kostum versi Burton maupun Nolan.

Dan ngomong-ngomong soal akurasi dengan komik, anggap saja Iron Bat yang benar-benar mirip dengan kostum armor Batman di The Dark Knight Returns itu juga berada di nomor satu ini. Sayang kostum yang itu justru tak digunakan di klimaks sejati filmnya.

2. Kostum Batman versi The Batman

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Warner Bros

Dilansir Syfy.com, untuk kostum Batman di The Batman, sutradara Matt Reeves ingin sesuatu yang tampak seperti buatan sendiri. Dirakit oleh seorang pria muda yang bersemangat, yang mungkin belum tahu persis apa yang dia lakukan. 

Meski begitu, hasil jadi di filmnya tetap terlihat unik dan keren.

Di filmnya sendiri kesan untuk kostum ini adalah kokoh. Batman di film menerima berbagai tembakan senjata api, namun kostum ini seperti bisa menahan semua itu. 

1. Kostum Batman versi trilogi Nolan

Peringkat Kostum Batman Terbaik untuk Versi Film Layar Lebar!Christian Bale sebagai Batman. (Dok. Warner Bros/Batman Begins)

Mengandalkan warna hitam, kostum ini terus berevolusi dari Batman Begins hingga akhir penampilannya di The Dark Knight Rises. Salah satu inovasi yang paling patut dikenang tentu saja adalah kemampuan aktor untuk menoleh, yang diintegrasikan ke kostum The Dark Knight.

Ya, kostum Michael Keaton hingga Batman Begins menghalangi aktor yang mengenakannya untuk menoleh. Hambatan yang sebenarnya bisa sangat fatal untuk karakternya, tapi berusaha sebisa mungkin tak diungkit oleh para sutradara.

Selain itu, sentuhan realistis yang diberikan Nolan untuk kostum ini cukup menarik. Di Batman Begins, kamu diperlihatkan dengan rinci bagaimana setiap bagian kostum ini bisa disusun, hingga fungsinya. Saat Batman kembali lagi di The Dark Knight, penonton sudah tahu duluan betapa tangguhnya kostum yang ia kenakan di versi ini.

Nah itu peringkat kostum Batman terbaik untuk versi film layar lebar, versi saya. 

Gimana pendapat kamu? 

Baca Juga: 8 Musuh Batman Terkuat yang Pernah Dia Hadapi! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU