GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara

Demo game baru, cosplay, board game, e-sSports, hiburan musik, semuanya ada. Simak impresi Duniaku yang hadir langsung ke konvensi game terbesar Asia Tenggara ini!

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara GameStart dibuka oleh founder (Elicia Lee, kedua dari kanan) dan para sponsor.[/caption]

Jika berbicara mengenai konvensi game besar dunia, atau di tingkat Asia saja, mungkin hanya ada beberapa nama. Tokyo Game Show tentu saja yang terbesar, dan diikuti dengan konvensi lain yang mayoritas berisi game PC Online seperti G-Star di Korea dan Chinajoy di Cina. Namun semua berubah sejak tahun 2014, dimana Eliphant yang berbasis di Singapura memiliki mimpi untuk membawa keseruan serupa ke Asia Tenggara. Akhirnya lahirlah GameStart Asia, event yang diklaim sebagai Premier Gaming Convention di Asia Tenggara.

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara Hal keren yang menyapa di pintu masuk: animasi Alyse (maskot GameStart) yang mengikutimu naik eskalator![/caption]

Dengan lokasi yang lebih "terjangkau" bagi gamer yang tinggal di Singapura atau Asia Tenggara, event yang dihelat setiap tahun di Singapura ini tujuannya tentu saja untuk memuaskan gamer yang ingin merasakan keseruan konvensi tingkat dunia, namun tidak perlu keluar banyak uang untuk ke Jepang, Cina, ataupun E3 di Amerika Serikat. Lalu setelah berjalan tiga tahun penyelenggaraan, apakah GameStart Asia sudah berhasil mencapai mimpi tersebut?

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara

Dari segi skala, memang GameStart Asia belum bisa dibandingkan dengan TGS -setidaknya sampai tahun ketiganya ini. Namun GameStart Asia 2016 sudah memiliki setiap elemen yang sukses "mereplika" keseruan TGS dan membawanya dalam ukuran "mini" ke Asia Tenggara. Game-game baru untuk dipamerkan dan dicicipi pengunjung sebelum rilis? Ada! Aneka loot gratis untuk diburu dan dikoleksi? Banyak! Turnamen e-Sports? Tidak ketinggalan, bahkan GameStart Asia menghelat turnamen e-Sports terbesar di Asia Tenggara!

Lalu apa lagi? Hiburan musik? Cosplay? Lucky Draw? Kompetisi game "dadakan" untuk pengunjung? Diskon untuk pembelian konsol game dan board game? Deretan game indie? Semuanya ada!

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara Berbagai turnamen e-Sports di booth Sony[/caption]

Meskipun dari segi skala masih belum sebesar TGS, namun tampak sudah ada beberapa perusahaan game besar yang ikut serta. Duo produsen konsol yang tengah "berseteru", Microsoft melalui Xbox dan Sony denga PlayStation-nya sama-sama mendirikan booth terbesar di event ini. Letaknya juga cukup strategis, booth Xbox menyapamu saat pertama kali masuk, dan saat akan menuju pintu keluar, ramainya booth PlayStation yang menggelar berbagai turnamen e-Sports akan menahanmu sejenak untuk ikut dalam keseruannya. Kapan ya Xbox akan mengikuti jejak PlayStation untuk masuk ke Indonesia?

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara

Lalu ada juga Bandai Namco yang membawa beberapa game baru mereka seperti Tales of Berseria, Tekken 7, dan juga demo VR Rise of the Tomb Raider (yang sayangnya belum sempat dicicipi tim Duniaku di hari pertama T_T). Funplus tidak ketinggalan membuat booth yang cukup megah dan memamerkan beberapa game mobile mereka, seperti salah satunya yang tengah digencarkan promosinya, Valiant Force. Ingin nostalgia? Ada beberapa booth yang menyediakan arcade lawas dan konsol klasik seperti NAJArcade.

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara FF XV ada di mana-mana, bahkan di pintu masuk konvensi.[/caption]

GameStart Asia juga memberikan apresiasi yang cukup besar untuk para cosplayer yang datang, yaitu dengan memberikan tiket masuk gratis bagi yang ber-cosplay di GameStart Asia 2016! Ide yang briian, dan tentunya bisa menambah semaraknya suasana dalam event ini. Selain itu, apresiasi cukup besar juga diberikan untuk game-game indie yang ditampilkan dalam arena Founder Base. Mereka pun mendapatkan booth yang cukup besar dan juga dengan lokasi yang strategis.

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara

Berbagai challenge "dadakan" menarik pun dihadirkan untuk pengunjung yang ingin mencoba skill mereka. Ada turnamen multiplayer Gears of War 4 yang (mungkin) baru pertama kali diadakan, dan tim Duniaku cukup beruntung untuk menjadi juara Gears of War 4 yang (mungkin) pertama bersama dengan dua kru media dari Vietnam :D. Lalu ada juga tantangan simulasi F1 di booh Monster Energy, dimana pengunjung dapat kesempatan 4 putaran untuk mencatatkan waktu terbaik. Bahkan challenge yang cukup unik juga dihadirkan, seperti tantangan lomba balap kursi game!

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara Ada yang aneh? Yap, booth Ubisoft tidak mendemokan satu game pun! Hanya menampilkan beberapa concept art Assassin's Creed saja[/caption]

Satu hal lain yang bisa dinikmati di GameStart Asia 2016 adalah kehadiran Quest. Seperti dalam MMORPG, kamu harus menemui "NPC" yang beredar di berbagai booth dan mendapatkan stempel dari mereka. Namun untuk dapat stempel ada syaratnya, mulai dari memainkan game di booth tersebut, membeli barang, atau selfie dengan latar belakang booth tersebut. Setelah delapan quest utama dan dua quest tambahan selesai, kamu bisa datang ke booth Armaggeddon, salah satu produsen peripheral game untuk menukarkannya dengan kesempatan satu kali gacha dan lucky draw yang diundi di akhir konvensi.

Impresi ini ditulis masih berdasarkan hari pertama, dimana pengunjung masih belum terlalu sesak karena hari Jum'at, dan juga panggung utama masih minim acara seru. Di hari kedua dan ketiga, Sabtu dan Minggu masih banyak acara yang siap menghibur pengunjung. Tunggu artikel-artikel menarik di Duniaku ya, yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi media partner dari Indonesia di event ini!

GameStart Asia 2016, Bawa Keseruan Konvensi Game Dunia ke Asia Tenggara

Jadi ingin merasakan keseruan TGS atau E3 tapi dengan biaya yang lebih minimal? Datang saja ke GameStart Asia!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU