Galaxy Note 7 (Mungkin) Akan di-Recall Lagi! Bahkan Kini Galaxy S7 Juga Ikut Terbakar!

Galaxy S7 Terbakar

Unit Baru Galaxy Note 7 Belum Aman! Selain Overheat, Ternyata Juga Masih Meledak!

Dan sampai saat ini pun belum jelas kapan Galaxy Note 7 akan dijual di Indonesia...
Baca Juga

Setelah Samsung melakukan recall dan mengganti unit Galaxy Note 7 yang dianggap bermasalah, ternyata langkah tersebut tidak mengatasi masalah. Baru-baru ini setelah phablet ini kembali dijual, muncul beberapa kasus baterainya masih meledak, dan terbukti itu merupakan unit baru yang seharusnya sudah diklaim aman. Kasus terakhir terjadi Rabu minggu lalu dalam salah satu penerbangan Southwest Airlines yang meninggalkan Louisville, Kentucky. Sebuah ponsel Samsung milik penumpangnya mengeluarkan asap.

Galaxy Note 7 yang terbakar di pesawat...
Galaxy Note 7 yang terbakar di pesawat…

Beruntung penerbangan 994 tersebut masih aman, karena musibah terjadi di boarding gate sebelum lepas landas. Phablet ini seharusnya berada di dalam kantong salah seorang penumpangnya, Brian Green, dan dia sudah menonaktifkannya, sesuai arahan pramugari. Namun kemudian mulai mengeluarkan asap dan terbakar. Setelah smartphone yang terbakar tersebut dipadamkan menggunakan alat pemadam kebakaran, semua penumpang dievakuasi. Tidak bisa dibayangkan paniknya penumpang seandainya smartphone tersebut terbakar selama pesawat mengudara.

recall-galaxy-note-7-3

Galaxy Note 7 Bakal Segera Dijual Kembali! Ini Bedanya dengan yang Gampang Meledak!

Samsung sudah memastikan kapan Galaxy Note 7 bakal dijual kembali... Mereka juga memberikan identitas khusus untuk membedakan dengan yang mudah meledak. Kalian wajib tahu apa bedanya, biar ga was-was dengan bahaya ledakan!
Baca Juga

Menurut Green, dia membeli Galaxy Note 7 melalui operator AT&T 21 September lalu, dan sudah memiliki beberapa indikator jika phablet yang dia terima ini aman. Seperti adanya ikon kotak warna hitam yang menandakan ini unit replace, serta pada antar mukanya, indikator baterai di status bar juga berwarna hijau. Green juga sudah memastikan phablet itu dalam kondisi 0ff, dengan sekitar 80% baterai.

Kasus beberapa unit baru Galaxy Note 7 yang kembali terbakar ini sendiri masih di bawah penyelidikan Federal Aviation Administration (lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat) dan Consumer Product Safety Commission (semacam SNI di Amerika Serikat), dan Samsung juga menunggu pernyataan mereka sebelum melakukan langkah lainnya perihal unit Galaxy Note 7 yang sudah kembali diedarkan di wilayah tersebut. Namun bisa saja Samsung akan diminta melakukan recall kedua karena beberapa temuan tersebut sepertinya cukup sebagai indikasi jika Galaxy Note 7 memang tidak aman.

Kecewa Karena Recall, Netizen Bikin Meme Galaxy Note 7 Meledak yang Super Kocak!

Musibah meledaknya Galaxy Note 7 menambah panjang daftar Android Galaxy Samsung yang pernah meledak, menghanguskan seisi rumah, dan bahkan sampai melukai paha seorang cewek cantik!
Baca Juga

Saat ini meskipun Samsung masih menunggu hasil penyelidikan dua lembaga tersebut, beberapa operator besar di Amerika Serikat, T-Mobile, AT&T, Sprint dan Verizon sudah menawarkan program penggantian untuk semua pemilik Galaxy Note 7 yang mungkin peduli pada keselamatan mereka. Bahkan AT&T dan T-Mobile sudah memutuskan untuk menghentikan penjualan smartphone terbaru Samsung ini karena problematika baterainya yang ternyata tidak kunjung usai.

recall-galaxy-note-7-2

Di Indonesia sendiri, seperti yang sudah dikonfirmasikan pihak Samsung Electronics Indonesia melalui laman resminya, mereka belum bisa memastikan kapan Galaxy Note 7 akan dijual kembali. Namun tampaknya jika benar Samsung Korea diharuskan melakukan recall kedua kalinya, kita bisa saja berhenti berharap dulu Galaxy Note 7 bisa segera dijual di Indonesia. Karena bahkan di negara asaknya sendiri saja phablet ini pun juga masih bermasalah, seperti terlihat dalam rekaman video di bawah.

Galaxy Note 7 Explosion in Daejon Hanhwa Life Eagles Park

Kasus Galaxy Note 7 ini sendiri berimbas pada langkah maskapai penerbangan Indonesia, yang juga melarang penumpang membawa terbang Galaxy Note 7. Rentetan lainnya, jasa ekspedisi pengiriman barang pun juga melarang pengguna jasanya mengirimkan phablet ini. Bahkan sejak minggu lalu, salah satu jasa ekspedisi pengiriman barang sudah menolak pengiriman smartphone jika pengguna jasanya menginginkan proses yang kilat. Menurut penuturan petugas ekspedisi tersebut, hal itu dikarenakan maskapai penerbangan sudah semakin ketat dalam hal pengiriman smartphone. Bukan hanya Galaxy Note 7, namun semua smartphone dibatasi pengirimannya di dalam bagasi pesawat.

Galaxy S7 Terbakar
Galaxy S7 terbakar? Bukan hanya Galaxy Note 7, Galasy S7 edge ternyata juga berpotensi terbakar… 

Meme Galaxy Note 7 Terbukti! Android Samsung Ini Lebih Kuat dari Granat!

Kasus Galaxy Note 7 terbakar dan meledak kembali bertambah... memicu instansi penerbangan memban smartphone ini terbang, termasuk itu, Garuda Indonesia. Sehebat apa sih efek ledakan Galaxy Note 7?
Baca Juga

Ketika dalam kondisi mati saja masih bisa meledak, apalagi dalam kondisi menyala. Wajar jika beberapa pihak melaran penggunaan Galaxy Note 7. Namun kejadian smartphone Galasy Samsung terbakar ini bukan hanya dialami Galaxy Note 7 saja lho. Lihat saja salah satu video yang menunjukkan detik-detik yang berhasil merekam ketika Samsung Galaxy S7 edge milik seorang guru di Witham, Essex, Inggris bernama Sarah Crockett, terbakar, dan mengeluarkan asap tebal di sebuah rumah makan. Kejadian Galaxy S7 terbakar di bawah merupakan satu diantara beberapa kasus Galaxy S7 edge meledak yang sempat terungkap beberapa waktu belakangan (yang pertama akhir Mei 2016 lalu).

Semoga saja tragedi smartphone meledak ini tidak akan mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap Samsung di kemudian hari.

Samsung Galaxy S7 smartphone explodes in owner’s hands

Sumber: T-Mobile, The Verge, JNE


SHARE
Previous articleTrailer Resident Evil: The Final Chapter, Buat Kamu yang Kangen RE Penuh Aksi!
Next articlePenerus Oppo F1 Plus, Ini 5 Spesifikasi Oppo R9s yang Bisa Buat Kalian Berpaling!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.