Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Oktober adalah bulannya Halloween. Butuh tontonan yang bisa bikin merinding? Kalau begitu sepuluh film horor terseram ini pasti cocok untuk kamu!

Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Oktober adalah bulannya Halloween. Butuh tontonan yang bisa bikin merinding? Kalau begitu sepuluh film horor terseram ini pasti cocok untuk kamu!


[page_break no="1" title="The Conjuring 2"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

[read_more id="270992"]

Sebenarnya sih, mau The Conjuring atau The Conjuring 2 layak untuk disebut sebagai film horor terbaik. Tapi di antara keduanya, rasanya The Conjuring 2 lebih pantas untuk masuk ke dalam daftar ini.

The Conjuring 2 kembali menampilkan pasangan Warren dalam penyelidikan supranatural. Kali ini yang mereka coba bantu adalah keluarga Hodgson, yang menghadapi banyak fenomena ganjil di rumah mereka di London. Siapa sangka masalah ini membuat pasangan Warren harus berhadapan dengan iblis yang sangat kuat?

Dibandingkan The Conjuring, The Conjuring 2 menyajikan horor yang lebih kental, dalam skala yang lebih besar. Jangan lupakan juga Valak, iblis utama film ini yang begitu berkesan hingga memunculkan banyak meme dan parodi. Mungkin memang meme dan parodi itu konyol, tapi iblis ini tentunya harus terlebih dahulu meninggalkan kesan mendalam di hati penonton agar reaksi seperti itu bisa tercipta.


[page_break no="2" title="Ring"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Seberapa seram kah The Ring versi orisinil? Sedemikian seramnya hingga film ini sampai mengawali tren remake film horor Jepang di Hollywood. Tak heran kalau ini layak disebut sebagai salah satu film horor terseram sepanjang sejarah.

The Ring menyorot Reiko Asakawa, seorang reporter yang menyelidiki fenomena video terkutuk. Saat penyelidikan ini membuat Reiko terkena kutukan, ia pun harus berpacu dengan waktu untuk memecahkan misteri dari video tersebut sebelum ia menjadi korban terbaru video tersebut.

The Ring dirilis tahun 1998. Ini adalah masa di mana film horor slasher kembali bangkit dengan judul-judul seperti Scream (1996) dan I Know What You Did Last Summer (1997). Rasanya, penonton seperti diberikan variasi yang benar-benar beda. The Ring hanya menampilkan Sadako si arwah beberapa kali saja, namun ada tensi yang terus menghantui penonton dari awal hingga akhir. Film ini bahkan tetap terasa mencekam saat kejadiannya mengambil latar di siang hari.

Ngomong-ngomong soal The Ring, The Ring Amerika versi Gore Verbinsky juga menarik untuk disimak. Samara mungkin kalah seram dari Sadako, tapi Verbinsky lumayan sukses mengadaptasi cerita The Ring ke Amerika, menciptakan rasa baru.


[page_break no="3" title="Ju-On"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Sebenarnya, Ju-On adalah film yang terasa sekali terkena pengaruh The Ring. Tapi, setidaknya menurut penulis, Takashi Shimizu selaku kreator Ju-On lebih... ganas dalam menyajikan ketegangan di dalam film-filmnya. Karenanya, Ju-On juga layak masuk daftar film horor terseram.

Kisah film Ju-On melibatkan sejumlah karakter. Namun yang perlu kamu tahu adalah Kayako dan Toshio, dua arwah yang menghuni sebuah rumah di Nerima. Kayako, putranya, bahkan peliharaannya dibunuh oleh suaminya sendiri. Amarah dari kematian yang tidak adil ini membangkitkan sebuah kutukan.

Mungkin penonton akan simpati bila kutukan ini hanya menimpa orang-orang yang pantas. Namun amarah dari Kayako begitu hebat, hingga tidak ada yang aman dari kutukannya.


[page_break no="4" title="Noroi: The Curse"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Noroi: The Curse adalah salah satu judul film horor terseram yang sepertinya kurang terdengar. Sangat disayangkan sebenarnya, karena film tahun 2005 ini memang benar-benar mencekam. Tidak percaya? Seharusnya sih ada banyak cara untuk mencari film ini di tahun 2016 ini. Kamu bisa membuktikannya sendiri.

Noroi: The Curse disajikan dengan format found footage, kira-kira seperti Blair Witch Project yang legendaris itu. Film yang disajikan pun seakan dokumenter. Pendekatan ini justru membuat kengerian filmnya berlipat-lipat saat akhirnya kejadian aneh demi kejadian aneh terjadi, diakhiri dengan penutup yang bisa menghiasi mimpi buruk kamu untuk waktu yang lama.

Memang seperti apa sih endingnya? Makannya, sebaiknya kamu mencoba menonton Noroi.


[page_break no="5" title="A Tale of Two Sisters"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Di awal film, diperlihatkan Su-Mi memiliki gangguan kejiwaan. Ia lalu dibawa kembali ke rumahnya, di mana ia tinggal bersama ayah dan adiknya. Di sana, Su-Mi mulai dihantui oleh banyak fenomena ganjil. Apakah ibu tirinya yang aneh adalah penyebab dari semua masalah itu? Ataukah ada kekuatan lain yang diam-diam mengusik penghuni rumah?

Untuk masuk ke daftar film horor terseram, A Tale of Two Sisters harus menyajikan kualitas horor yang tidak main-main. Dan memang, film yang satu ini seram. Ada banyak kejutan yang akan membuatmu bergidik, juga kejadian-kejadian aneh yang akan membuatmu bertanya-tanya apa yang terjadi. Saat kenyataannya terungkap di ending, penonton bisa dibuat ternganga sendiri.

Masih penasaran dengan daftar film horor terseram ini? Cek halaman kedua untuk melihat lima lagi film yang wajib kamu tonton! 


[page_break no="6" title="Munafik"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

[read_more id="256281"]

Memang tumben ada film horor Malaysia di daftar seperti ini. Tapi jangan remehkan Munafik. Film ini memang layak disebut sebagai salah satu film horor terseram.

Iman Adam terusik setelah istrinya meninggal dalam kecelakaan. Ia lalu berjumpa dengan Maria, yang mengalami masalah depresi. Saat Maria kerasukan, Adam mencoba menggunakan kemampuannya untuk membantu. Namun apapun asal-usul arwah yang menguasai Maria, kekuatan makhluk ini sepertinya lebih besar dari apapun yang pernah Adam hadapi selama ini. Mampukah Adam melalui film ini hidup-hidup?

Tema soal kerasukan memang bukan hal baru lagi. Tapi sutradara Syamsul Yusof berhasil menyajikan film horor yang kuat dan juga mencekam. Kalau kamu belum menonton Munafik, disarankan untuk mencoba film yang satu ini. Terutama kalau kamu memang fan horor.


[page_break no="7" title="The Exorcist"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Ngomong-ngomong soal kerasukan, film yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Saat dirilis tahun 1973 lalu, The Exorcist benar-benar membuat kehebohan. Ada laporan penonton sampai menangis atau ambruk di sepanjang penayangannya. Konyolnya sih kontroversi ini malah membantu The Exorcist menjadi film horor terseram dan juga tersukses sepanjang masa.

Saat Regan MacNeill kerasukan, pendeta Damien Karras mencoba untuk menyembuhkannya. Namun Karras menyadari kalau ini bukan kasus kerasukan biasa. Entitas yang menguasai Regan benar-benar kuat. Apakah Karras mampu menyelamatkan Regan? Ataukah justru dia yang perlu diselamatkan dari entitas tersebut?

Mengingat filmnya sudah rilis sejak 1973, mungkin efek-efek The Exorcist tidak terasa terlalu seram bila dipandang oleh mata penonton modern. Namun gerak-gerik serta ekspresi Regan yang mengerikan, serta kejutan dari "Captain Howdy" yang sesekali menampakkan diri di layar, tetap bisa membuat penonton ketakutan.


[page_break no="8" title="The Sixth Sense"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Film yang melambungkan nama M. Night Shyamalan. The Sixth Sense terkenal karena twistnya, yang begitu nonjok dan berpengaruh hingga rasanya anak-anak yang lahir setelah tahun 1999 pun tahu kejutan besar film ini.

Dr. Malcolm Crowe adalah seorang psikolog anak. Dia kedapatan kasus baru: Cole, seorang bocah yang sepertinya bisa berkomunikasi dengan arwah. Dalam mengungkap apa yang terjadi dengan Cole, Crowe pun perlahan harus menghadapi kenyataan tentang dirinya sendiri.

Walau kamu sudah tahu kejutan utamanya pun The Sixth Sense masih oke untuk dinikmati. Shyamalan cukup piawai dalam membangun tensi. Saat-saat para arwah mulai aktif menampakkan diri di depan Cole termasuk ke dalam salah satu momen terseram yang pernah disaksikan penulis di layar lebar.


[page_break no="9" title="The Eye"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

Mun adalah gadis yang buta sejak dia dua tahun. Seharusnya, saat dia akhirnya memperoleh transplantasi kornea akan menjadi momen paling bahagia dia dalam hidup. Bagaimana tidak? Akhirnya dia bisa melihat lagi. Kabar baiknya, Mun memang bisa melihat. Kabar buruknya, dia juga bisa melihat arwah-arwah penasaran di sekelilingnya.

The Eye adalah film horor yang rasanya pantas diberi gelar instant classic. Sejak pertama kali rilis di tahun 2002 lalu, film ini langsung disebut-sebut sebagai film horor terseram sepanjang masa. Efek-efek hantunya pun masih bertahan kengeriannya hingga sekarang, jadi ini memang bukan film yang cocok untuk yang mudah takut.


[page_break no="10" title="The Shining"]


Sepuluh Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Menyambut Halloween!

[read_more id="256232"]

The Shining adalah kasus yang unik. Sebenarnya filmnya bukan adaptasi yang setia dari novelnya. Seharusnya sih yang seperti itu akan berujung ke film yang dinilai jelek. Tapi Stephen Kubrick tidak terjebak pakem seperti itu. Bila dipandang tanpa memikirkan novel karya Stephen King yang melandasinya, The Shining benar-benar film horor yang seram.

Jack Torrance mengajak keluarganya ke Hotel Overlook. Jack mendapat pekerjaan mengurus hotel ini selama musim dingin. Awalnya sih ini terasa sebagai tawaran yang menggiurkan. Jack bisa memiliki kesempatan untuk menulis novel di tempat yang tenang, dan ia serta keluarganya dapat memanfaatkan semua fasilitas hotel.

Tapi saat musim dingin memburuk, dan para penghuni gaib Hotel Overlook mulai menampakkan diri, keluarga ini pun terancam bahaya.

Sebagai salah satu maestro perfilman, Kubrick menyajikan berbagai visual horor yang akan langsung membekas di benak penonton; mulai dari darah yang meluap, penampakan hantu, serta kejar-kejaran dengan orang gila berkapak. Tempo filmnya memang agak lambat, tapi setelah mulai masuk ke bagian seram, The Shining akan membuatmu terpaku hingga akhir.


Itulah sepuluh film horor terseram yang bisa kamu tonton di musim Halloween ini. Ada lagi film yang layak masuk ke daftar ini tapi tidak tercantum? Silakan rekomendasikan di komentar!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU