Membanggakan! Inilah 13 Game Indonesia yang Masuk Nominasi IMGA!

IMGA Asia

International Mobile Game Awards (IMGA) merupakan salah satu kompetisi tahunan dan penghargaan bergengsi dalam industri game mobile di dunia yang sudah diadakan sejak 2004 silam.

Tahun ini, untuk pertama kalinya IMGA membuka penghargaan untuk pasar Asia Tenggara. Tentunya, industri game mobile Tanah Air dengan sigap mengikuti ajang ini agar nama Indonesia semakin dikenal dalam industri game global.

Tiga belas game dari beberapa developer Indonesia yang berbeda-beda pun hadir dalam IMGA Asia Tenggara. Nah, IMGA membuka voting People’s Choice Awards untuk umum, sehingga orang-orang dari seluruh dunia bisa memberikan suaranya kepada game mobile terbaik!

Dalam People’s Choice Awards IMGA Asia Tenggara, 13 game Indonesia ini juga harus bersaing dengan 63 game buatan negara lain seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Taiwan, dan Singapura. Tentunya game Indonesia perlu dukungan suara kita.

Tapi sebelumnya, kita lihat dulu apa saja game Indonesia yang masuk nominasi IMGA Asia Tenggara dan siapa sajakah developernya. Yuk langsung kita akrabkan diri dengan mereka melalui daftar berikut ini!

1

Cute Munchies

Digarap oleh Niji Games — nama yang relatif baru dalam dunia game Indonesia, baru satu tahun berdiri — Cute Munchies merupakan game puzzle unik, dimana kamu ditugaskan mengendalikan hewan-hewan imut untuk mendapatkan makanan.

Sisi puzzle pun terasa kental karena kotak tempat para Munchies ini akan jatuh begitu sekali dilewati! Bisakah kamu mendapat semua makanan dalam satu level? Cute Munchies pun berhasil menjadi game Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan Editor’s Choice di Google Play Store.

Download: Android / iOS

2

Tur

Tur bisa dibilang berbeda dari rekan-rekan seperjuangannya. Game mobile yang satu ini menggabungkan permainan puzzle yang diiringi dengan kumpulan cerita pendek. Tampilannya yang cukup minimalis membuat game ini terlihat seperti karya seni eksperimental interaktif.

Pengembangnya, ANOMAN Studio, sendiri merupakan developer game yang berbasis di Surabaya dan telah berdiri sejak 2014. Nggak cuma game mobile, mereka juga mengerjakan game PC.

3

Warung Chain: Go Food Express

Warung Chain adalah salah satu judul game mobile paling populer yang dikeluarkan oleh developer asal Jakarta, Touchten Games.

Gaya permainan mencocokan pesanan makanan dengan pemesannya ini memang mudah untuk dimainkan, tapi tentunya akan semakin sulit begitu mencapai level yang lebih tinggi! Dan yang membuat Warung Chain: Go Food Express lebih menarik adalah makanan-makanannya yang berselera Indonesia!

Download: Android / iOS

4

BaliFied – Word Game of the Gods

Permainan tebak kata yang dikembangkan oleh PT. Dragon Game Studios asal Denpasar ini memang masih disesuaikan dengan pasar internasional, kata-kata yang dimainkan merupakan daftar kata bahasa Inggris. Namun BaliFied dihiasi dengan nuansa yang sangat “ng-Indonesia”, dilengkapi oleh corak-corak dan 12 latar permainan yang khas Bali!

Kamu pun bisa menantang teman dari BaliFied atau Facebook-mu untuk saling beradu kata. Atau kalau sedang sendirian, coba tantang Ulu dalam tiga mode kesulitan: Easy, Medium, dan Extreme.

Download: iOS

5

Combo Rush

Game RPG mobile yang bersaing di IMGA Asia Tenggara satu ini bisa dibilang berbeda dari game RPG lainnya. Nggak cuma hasil kolaborasi tiga developer: Toge Productions, Mojiken Studio, dan Amagine Interactive, bersama Megaxus sebagai publisher, gaya permainannya pun sangat unik.

Tidak hanya bertualang melawan musuh-musuh yang menghadang dan mengoleksi monster, seperti yang terlihat di video gameplay Combo Rush, dalam bertarung kamu harus bisa menekan dan membuat kombinasi tiga serangan yang berbeda sesuai dengan kombinasi yang tampil di layar. Jadi kayak rhythm game, ya.

6

ROBOWAR

Game petualangan penuh aksi yang menceritakan upaya tiga anak muda yang menaiki robot raksasa untuk mengalahkan invasi alien. Dalam petualangan Robowar, kamu akan bisa mengendalikan lebih dari 30 jenis robot lucu dan keren, dan masing-masing memiliki jurus rahasia yang berbeda-beda.

Robowar bukanlah game online dan tidak membutuhkan koneksi internet untuk dimainkan, sehingga kamu bisa menghajar para alien penyerang bumi di mana pun kamu berada.

Download: Android

7

Zombo Buster Rising

Permainan base defense memang bukan konsep baru, tapi Zombo Buster tetap menjadi game yang seru untuk dimainkan. Dalam menghadapi serbuan zombie, kamu harus memanfaatkan berbagai macam senjata, serangan spesial, dan hero yang bisa kamu upgrade. Coba kalahkan lebih dari 30 level yang tersedia, atau mainkan mode survival yang tidak ada habisnya.

Download: Android

8

Target Acquired

Game endless runner garapan Touchten Games yang satu ini namanya sempat melanglangbuana ke seluruh dunia setelah membuka proyek crowdfunding-nya melalui situs Kickstarter.

Konsep dunia Target Acquired bisa dibilang mirip dengan Mega Man, dimana polisi robot Yura Anders harus menghadapi serbuan robot jahat dengan senjata blaster-nya — yang juga bisa di-charge untuk mengeluarkan serangan yang lebih dahsyat.

Download: Android / iOS

9

Pixel Super Heroes Wannabe

Satu lagi game endless runner buatan Indonesia yang bersaing di IMGA Asia Tenggara. Hasil kolaborasi Lyto dan Toge Productions, Pixel Superheroes Wannabe menampilkan tema superhero, tapi dengan balutan kocak.

Terdapat beragam superhero yang akan bisa kamu kendalikan untuk berlari menembus gedung-gedung kota dan mengalahkan penjahat. Dan sesuai judulnya, walau banyak yang terlihat akrab, mereka hanyalah “wannabe superhero”.

Download: Android / iOS

10

Touch Tank

Berupa endless runner juga, Touch Tank garapan Touchten Games memiliki gaya permainan yang cukup berbeda dari teman-temannya.

Alih-alih berfokus pada lari dengan selamat, kamu harus juga berpikir cepat untuk bisa menghancurkan musuh-musuh yang menyerang secara agresif. Tekan layar untuk mengarahkan meriam tank dan perhatikan lengkungan putih yang menandakan di mana seranganmu akan jatuh.

Download: Android / iOS

11

Tahu Bulat

Siapa yang nggak tahu (haha) Tahu Bulat, baik game mobile buatan Own Games maupun jajanan jalanan yang lagi ngetren ini? Mainkan game ini, atur daganganmu, dan jadi penjual tahu bulat paling sukses seantero Indonesia.

Buat hiburan, coba putar deh video di atas, lagu khas tahu bulat ini pun makin kocak saat dinyanyikan dalam bahasa Inggris untuk trailer IMGA Asia Tenggara. Beranggotakan lima anak muda bertalenta, Own Games berbasis di Bandung. Selain Tahu Bulat, mereka juga telah merilis berbagai macam game lain yang dibintangi oleh Cantatiotura, nama dari maskot lucu yang selalu menghiasi logo Own Games.

Download: Android

12

Ging Hero's Legacy

Ging Hero’s Legacy adalah game petualangan menjelajah dungeon buatan Tahoe Games yang asyik, karena untuk bisa menghabisi musuh-musuh, kamu harus memperhitungkan kapan harus mengambil power-up yang tersebar di peta. Tidak hanya jumlahnya terbatas, tapi mereka juga akan berubah secara berkala dan memberikan serangan spesial yang berbeda-beda.

Tahoe Games sendiri merupakan developer game Indonesia yang berdiri sejak November 2015 dan berlokasi di Kediri.

13

COL.OUR

Seperti yang tampak dari thumbnail video, dimana ada tangan mirip Ranger Merah yang memencet smartphone, COL.OUR adalah game kooperatif untuk empat pemain dan masing-masing pemain mengendalikan bagian berbeda dari sebuah robot dengan smartphone-nya sendiri untuk mengalahkan musuh-musuh raksasa. Ya, seperti Power Rangers dan Megazord-nya!

Gambreng Games, sang developer, berdiri pada 24 Juni 2013. Ditambah dengan COL.OUR, hingga saat ini mereka sudah membuat 10 game berbeda.

Download: Alpha (Android)

14

Snake Tower : Lance-alot’s Quest

Kalau tadi game kooperatif, Snake Tower: Lance-alot’s Quest adalah game kompetitif. Empat pemain akan saling bersaing dengan hero masing-masing untuk menentukan siapa yang bisa mencapai lantai paling atas dan mendapatkan harta rahasia.

Gaya permainannya pun cukup menarik, karena seperti ular tangga. Tiap pemain akan mengocok dadu untuk menentukan berapa banyak langkah yang bisa kamu lakukan. Dan jika dua pemain berada di lokasi yang sama, maka mereka akan bertempur.

Studio di balik Snake Tower, Altermyth, adalah salah satu developer game Indonesia yang paling “uzur”, sudah berdiri selama 13 tahun sejak 1 Juni 2003.


Nah, sekarang waktunya kita mendukung karya developer lokal dengan berpartisipasi pada voting People’s Choice Awards yang terbuka untuk umum dalam IMGA Asia Tenggara.

Ingat, kamu hanya bisa memberikan suara untuk satu game saja, jadi pilihlah game yang paling kamu sukai. Jangan khawatir, tenggat waktu masih lama, People’s Choice Award baru akan ditutup dalam 24 hari ke depan. Asal jangan kelupaan aja, ya!