Indonesian Train Simulator – Simulasi Kereta Indonesia Buatan India!

indonesian-train-simulator-01-min

Indonesian Train Simulator adalah game simulasi kereta Indonesia yang dibuat studio India. Gimana sih kualitasnya? Ini dia bahasannya!

Simulasi Kereta Indonesia Buatan India

Meski judul game ini adalah Indonesian Train Simulator studio yang menggarapnya adalah studio India. Benarkah begitu? Yap, game ini digarap oleh Highbrow Interactive. Seperti dari informasi yang tersaji di halaman Facebook mereka, Highbrow adalah studio game yang berasal dari Chennai, India. Bahkan sebelum ini karya mereka adalah Indian Train Simulator.

indonesian-train-simulator-02

Jadi, studio India ini tiba-tiba mendapat ilham untuk membuat simulasi kereta dengan latar Indonesia. Bagaimana kualitasnya? Ternyata lumayan menarik.

Menjadi Masinis yang Baik dan Benar

indonesian-train-simulator-03

Natasha Wilona akan Hadir di Grand Final LSNC 2016!

Kabar kejutan untuk gamers, terutama gamers Lost Saga. Aktris Natasha Wilona akan hadir di Grand Final LSNC 2016! Peran apa yang akan diembannya?
Baca Juga

Untuk game simulasi, Indonesian Train Simulator tidak memberi terlalu banyak ruang untuk main ngaco seperti kalau kamu membajak kereta di GTA: San Andreas. Ada banyak aturan yang harus kamu pahami, seperti misalnya mematuhi sinyal-sinyal hingga batas kecepatan.

Ingin memacu kereta secepat mungkin hingga keluar jalur? Gamenya akan langsung berhenti. Kelupaan berhenti di stasiun tujuan? Gamenya akan langsung berhenti. Mengabaikan sinyal-sinyal yang diberikan? Gamenya juga akan langsung berhenti. Game ini mengharuskan kamu menjadi masinis yang baik dan benar untuk dapat menyelesaikan satu misi hingga selesai.

Karena yang kamu kendalikan ini adalah kereta, sebenarnya laju kendaraanmu pun linear di rel. Yang harus kamu perhatikan sebagai masinis adalah kecepatannya. Terlalu cepat bisa membuat game berakhir prematur, sementara terlalu lambat pun bisa membuat penilaian kamu di akhir berkurang. Jangan lupakan juga untuk berhenti tepat di stasiun yang dituju.

Meski dengan segala keterbatasan dari sebuah kereta api, saat kamu mulai memahami gamenya, Indonesian Train Simulator asyik juga untuk dinikmati.

Nuansa Lokal

indonesian-train-simulator-04

Dengan judul Indonesian Train Simulator, tidak lucu dong kalau ternyata rute yang disajikan sama saja dengan India Train Simulator. Dan memang, Highbrow Interactive sudah berusaha untuk menyajikan nuansa lokal Indonesia di game ini. Misalnya, coba cek daerah asal kereta dan tujuan.

Lalu lihat juga pilihan kereta yang tersaji.

indonesian-train-simulator-05

Bahkan kalau kamu perhatikan semua screenshot di artikel ini, kamu akan menyadari game ini memiliki opsi bahasa Indonesia. Tapi tetap saja, kalau kamu lebih menguasai bahasa Inggris, sebaiknya kamu memilih Inggris. Sepertinya yang menyajikan terjemahan bahasa ini bukan benar-benar orang Indonesia, dan ada beberapa kesalahan translasi.

Ada upaya dari Highbrow untuk menyajikan lingkungan latar yang kurang lebih bernuansa Indonesia. Tapi rutenya benar-benar diringkas dari seharusnya. Dalam salah satu misi yang dicoba, penulis dapat menempuh Gambir – Karawang hanya dalam 1000 meter saja. Cek Google Map untuk melihat jarak asli antara Stasiun Gambir dan Stasiun Karawang.

Mode Permainan 

Indonesian Train Simulator memiliki tiga opsi permainan. Yang pertama adalah Career, yang kedua Play Now, yang ketiga Drive.

Career adalah rangkaian skenario. Untuk pertama-tama, disarankan kamu minimal mencoba skenario The Beginning dari mode ini. Skenario ini akan menjadi tutorial untuk memandu kamu lebih memahami cara mainnya.

Play Now adalah mode main cepat. Di sini, rute dan kereta yang kamu pakai sudah ditentukan duluan oleh game. Kamu hanya tinggal menyelesaikan misi random dengan kereta random ini.

Drive adalah untuk kamu-kamu yang ingin menentukan sendiri rute dan kereta yang harus kamu mainkan. Mulai dari lokomotif hingga bentuk dan jumlah gerbongnya bisa kamu tentukan.

Kesimpulan

Indonesian Train Simulator adalah game yang cukup menarik. Tapi rasanya akan lebih menarik kalau ada developer game lokal yang jadi berminat untuk menciptakan simulasi serupa tapi dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Jakartan Commuter Line Simulator mungkin?

Kamu bisa mengunduh gamenya dengan gratis dari Google Play. Ukuran unduhannya adalah 36.17 MB.

 


SHARE
Previous articleWorkshop Game Prime 2016 Surabaya, Belajar Bikin Game Selama Sehari Penuh!
Next articleWah, Ternyata Goku Black Beneran Lebih Keren dari Goku dalam Dragon Ball Xenoverse 2
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.