Review Inferno – Aksi Penuh Misteri Khas Cerita Dan Brown

review-inferno-tom-hanks-min

Apakah film terbaru hasil adaptasi novel best seller karya Dan Brown ini bagus untuk ditonton? Simak saja dalam review Inferno ini!

Sinopsis

Robert Langdon terjerat masalah lagi. Dia terbangun di sebuah rumah sakit di Firenze. Menurut staf medis, ia ditembak oleh seseorang dan kepalanya terbentur, menyebabkan amnesia dan gejala yang mirip gegar otak. Masalahnya? Langdon tidak ingat bagaimana ia bisa berada di Firenze. Ia seakan kehilangan dua hari dalam hidupnya.

Langdon pun menyadari kemudian kalau ia telah terseret ke dalam sebuah konspirasi yang bisa berujung ke kemusnahan hingga 9% umat manusia. Mampukah ia menghentikannya?

Berbeda dari Novelnya

Image by Screencrush
Image by Screencrush

Tanpa perlu diangkat di review Inferno ini pun rasanya penonton sudah bisa menduga kalau akan ada perbedaan antara bukunya dengan filmnya. Bahkan The Godfather saja mengalami peringkasan cerita saat disajikan di layar lebar. Tapi, seberapa besar sebenarnya perubahan yang dilakukan oleh Ron Howard untuk cerita ini?

Cukup besar sebenarnya. Ada beberapa bagian yang mengalami penyederhanaan, namun – tanpa spoiler – mereka yang sudah membaca buku ini sampai habis pasti akan langsung merasakan adanya perbedaan signifikan di klimaks cerita. Apakah ini membuat filmnya lebih superior atau inferior, itu tentunya tergantung kepada penonton. Penulis sendiri justru merasa ini membantu membedakan Inferno dari sumber asalnya.

Penuh Twist dan Misteri

Image by Entertainment Weekly
Image by Entertainment Weekly

Mau kamu pembaca bukunya ataupun bukan, Inferno sebenarnya adalah film yang menarik untuk disaksikan. Di satu sisi, tema yang diangkat tidak seberat maupun semenarik Angels and Demons atau Da Vinci Code. Tapi taruhan keselamatan umat manusia bisa menjadi plot yang mencekam penonton dari awal hingga akhir.

Inferno juga menarik karena di awal-awal kamu merasa sedang melihat formula plot khas film kombo sutradara Ron Howard – Dan Brown. Namun sejak awal pun akan terasa kalau film ini akan menyimpan banyak twist. Semua karakter di awal, mau yang baik maupun yang terkesan jahat, rasanya menyimpan agenda sendiri-sendiri. Dan Langdon yang terluka kesulitan untuk membedakan siapa sebenarnya sekutu dan musuhnya. Saat twist-twist ini mulai terkuak, kamu sebagai penonton bisa dibuat geleng-geleng.

Tentunya, sebagian besar twist ini mungkin hanya akan mengejutkan penonton awam, bukannya yang sudah melahap habis bukunya sebelumnya.

Kesimpulan

Kesimpulan dari review Inferno adalah: dengan misteri yang menarik dan twist-twist khas Dan Brown, Inferno tetap cukup menarik untuk diikuti, walau pada akhirnya puzzle dan tema misteri yang diangkat tidak semenarik Angels and Demons maupun Da Vinci Code. Banyaknya muatan aksi dan ketegangan akan menghiburmu sejak awal.

Apakah kualitas film ini lebih bagus dari novelnya? Kalau untuk yang itu, silakan kamu-kamu yang membaca bukunya menentukan sendiri. Yang jelas sih pembaca buku minimal harus mengintip film ini.

 

 

REVIEW OVERVIEW
Skor Film
80 %

SHARE
Previous articleWah, Ternyata Goku Black Beneran Lebih Keren dari Goku dalam Dragon Ball Xenoverse 2
Next articleAksi Serem Ninja Modern dalam Shadow Warrior 2 Ini Bisa Bikin Kamu Langsung Mual!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.