Lyto Lepas Ragnarok Online ke Tangan Publisher Baru?

Lyto Lepas Ragnarok Online

Website “misterius” tiba-tiba muncul mengatasnamakan Gravindo dan akan merilis ulang Ragnarok Online di Indonesia. Apakah ini pertanda Lyto lepas Ragnarok Online ke tangan publisher baru?

Tidak bisa dipungkiri, Ragnarok Online bisa dibilang adalah MMORPG PC paling sukses di Indonesia. Sejak pertama kali dirilis lebih dari satu dekade lalu, sampai saat ini layanan Ragnarok Online pun masih berjalan dengan dipublikasikan oleh Lyto. Bahkan ketika sekuelnya, Ragnarok Online 2 sudah menutup layanan di Indonesia, Ragnarok Online masih berjaya dengan para pemain loyalnya.

Lalu kabar yang cukup mengejutkan pun terjadi. Hari ini tiba-tiba muncul satu nama publisher baru, Gravindo yang merilis teaser Ragnarok Online di website resminya. Bukan hanya itu, Gravindo pun menuliskan bahwa Ragnarok Online akan relaunch di Indonesia pada Desember 2016. Apakah ini pertanda Lyto akan lepas Ragnarok Online ke tangan Gravindo ini? Lalu, siapakah Gravindo ini sebenarnya?

lyto lepas ragnarok online gravindo

Duniaku sendiri sempat “menyelidiki” siapa pemilik publisher baru Gravindo ini. Iseng-iseng, penulis pun mencoba menelusurinya via Whois, dan ternyata ada beberapa fakta yang menarik. Pertama, domain ini didaftarkan oleh sebuah perusahaan yang beralamat di JL. Arteri Pos Pengumben No.8. Bagi gamer online, utamanya Ragnarok Online pasti akan menyadari satu hal: alamat tersebut adalah alamat kantor dari Lyto! Apakah Gravindo adalah anak perusahaan baru dari Lyto, atau Lyto yang bakal bertransformasi?

lyto lepas ragnarok online gravindo

duniaku-rogravindo-4

Kedua dari nama orang yang mendaftarkan domain ini. Dari data Whois, tampak domain ini didaftarkan oleh seseorang bernama Tubagus Angga Irawan. Iseng-iseng menelusuri LinkedIn, penulis juga menemukan nama tersebut yang ternyata adalah Game Director dari PT. Lyto Datarindo Fortuna alias Lyto!

duniaku-rogravindo-3

Kedua bukti yang ditemukan via Whois ini semakin menguatkan spekulasi bahwa Gravindo nantinya bukan publisher yang benar-benar baru. Menurut spekulasi kami, Gravindo mungkin saja merupakan anak perusahaan Lyto yang akan dibentuk dalam waktu dekat, atau kemungkinan kedua adalah Lyto sendiri yang bertransformasi. Sampai artikel ini ditulis, Ragnarok Online sendiri masih terdaftar menjadi salah satu game yang dipublikasikan oleh Lyto, dan mungkin saja Gravindo akan meneruskan tongkat estafetnya. Dalam arti, tidak akan ada reset karakter di Ragnarok Online, dan para pemain bisa melanjutkan petualangan di “rumah” alias di publisher barunya.

UPDATE: Kemungkinan lain yang semakin menguatkan Gravindo ini tak lain adalah Lyto sendiri adalah melihat apa yang juga akan terjadi di RF Online. Beberapa waktu lalu, Lyto juga mengkonfirmasikan bahwa RF akan dirilis ulang dengan judul RF Classic, dimana pemain bisa bernostalgia dengan segala fitur dan konten awal dari RF, tanpa update sama sekali. Kabarnya RF Classic ini akan dirilis dalam waktu dekat. Mungkinkan Ragnarok Online juga akan dirilis dalam format Ragnarok Online Classic, kembali ke konten awal sebelum adanya update-update?

Duniaku sendiri sudah menghubungi Lyto mengenai hal ini. Namun sayang, sampai artikel ini ditulis belum ada tanggapan resmi dari Lyto. Kami akan memberikan update terbaru mengenai berita ini segera setelah mendapatkan pernyataan resmi dari Lyto.

Kalau spekulasimu bagaimana?


SHARE
Previous articleSelain Naruto, Inilah Ninja Lain yang Dapat Menjadi Hokage
Next articleSeiyuu One Piece, Kazunari Tanaka Meninggal Dunia
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.