Google Sprayscape, Cara Mudah Membuat Video Virtual Reality Menggunakan Smartphone

Membuat Video Virtual Reality

Awas Gaptek! Kenali Dulu Perkembangan Teknologi Virtual Reality dalam Platform Game dan Smartphone!

Awas Gaptek! Kenali Dulu Perkembangan Teknologi Virtual Reality dalam Platform Game dan Smartphone! Harga Oculus Rift, Harga PlayStation VR, Harga Gear VR
Baca Juga

Istilah virtual reality (VR) sudah lama kita dengar, dan teknologi tersebut seakan menjadi impian terpanjang dalam industri, khususnya, industri video game. Apalagi setelah beberapa inovasi yang mencoba mengenalkan cara bermain baru dengan menggunakan layar kedua yang langsung dihadapkan pada mata kita tersebut harus gagal, berbagai produsen teknologi pun mencoba terus mengeksplorasi VR, sampai akhirnya tahun ini kita mendapatkan banyak wujud teknologi VR tersebut, seperti melalui Oculus Rift, HTC Vive, hingga yang lagi beken akhir-akhir ini, PlayStation VR. Di ranah mobile sendiri kalian juga bisa menikmati, bahkan menciptakan konten video virtual reality sendiri, menggunakan camera yang mampu berotasi 3600. Wah, perlu perangkat tambahan dong? Itu dulu, kini Google membuat inovasi, agar kalian bisa menciptakan konten virtual reality sendiri, menggunakan satu aplikasi baru mereka ini.

Aplikasi Sprayscape ini dibuat agar kalian bisa membuat gambar yang kemudian bisa dilihat lebih lanjut menggunakan smartphone, atau pengalaman yang lebih nyata, headset virtual reality. Lihat video preview-nya di bawah:

Sprayscape – Membuat Video Virtual Reality

Greget! Pacar Virtual Para Jombloer Ini Bisa Diajak Ngopi Lho! (Tanpa Sianida Pastinya)

Greget! Pacar Virtual Para Jombloer Ini Bisa Diajak Ngopi Lho! (Tanpa Sianida Pastinya!) Video Pacar Virtual Summer Lesson, game virtual reality terbaik
Baca Juga

Aplikasi Sprayscape ini dikembangkan oleh Google Creative Lab, dengan fungsi memungkinkan dengan cepat, dan cara yang unik, menciptakan konten 3600. Syaratnya tentu saja, sebuah smartphone Android, ada kameranya tentu saja, dan smartpone tersebut memiliki sensor gyroscope. Kemudian kalian bebas menggerakkan viewfinder selama menggunakan Sprayscape, serta memilih obyek yang muncul di viewfinder yang akan disatukan dalam konten 3600 (dengan cara menyentuh dan menahan sentuhan pada layar). Kata spray sendiri juga terlihat jelas pada video di atas, karena tampilan viewfinder pada layar seakan memperlihatkan kalian menggambar sesuatu di atas bingkai virtual reality.

Greget! Pacar Virtual Para Jombloer Ini Bisa Diajak Ngopi Lho! (Tanpa Sianida Pastinya)

Greget! Pacar Virtual Para Jombloer Ini Bisa Diajak Ngopi Lho! (Tanpa Sianida Pastinya!) Video Pacar Virtual Summer Lesson, game virtual reality terbaik
Baca Juga

Cara kerjanya, kalian menunjuk sensor smartphone ini ke obyek tertentu, dan sentuh layar untuk mengaktifkan kamera. Saat itu dilakukan, tampilan di layar diperlihatkan seakan kalian menyemprotkan sesuatu ke obyek, entah itu wajah seseorang, tempat, atau apa pun ke dalam sebuah kanvas 3600 yang menjadi bidang kreasi kalian. Selanjutnya, terus tahan jari pada layar, dan tinggal kalian gerakkan smartphone untuk memasukkan obyek yang masuk ke dalam file video 3600 ini. Kalian juga bisa membagikan hasil file 3600 yang sudah kalian ciptakan tadi ke media sosial. Dan dari sana, siapa pun dengan smartphone / gadget yang mendukung konten virtual reality atau konten 3600, bisa merasakan apa yang kalian rasakan selama membuat konten tersebut.  Disarankan dengan headset VR sih, karena makin terlihat nyata.

sprayscape-virtual-reality

Meskipun banyak yang menyamakan aplikasi ini dengan fitur Photosphere yang dimiliki Google Camera (juga milik Google), pada kenyataannya cara kerjanya sedikit berbeda, dan konten panorama yang dihasilkannya pun juga berbeda presentasinya. Makin bagus sensor kamera smartphone yang digunakan, hasil file video 3600-nya pun semakin tajam hasilnya.

Unduh Sprayscape: Android (Gratis), atau unduh apk-nya dan install manual dari tautan berikut.


SHARE
Previous articleInilah 5 Film Terbaik Tom Hanks yang Sayang jika Belum Kamu Tonton
Next articleSiapa yang Pantas Menjadi Pengisi Suara Jarvis Mark Zuckerberg?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.