Asyik! Steam Bakal Segera Mendukung Fungsionalitas Stik PS4!

Steam Dualshock 4

Sore tadi, Valve baru saja mengumumkan kalau Steam akan mendapatkan update untuk mendukung penuh fungsi stik Dualshock 4. Mantap, jadi nggak perlu repot download dan mengatur program-program lagi deh.

Di acara Steam Dev Days, Jeff Bellinghausen dari Valve dan Lars Doucet dari Level Up Labs berdiskusi mengenai Steam Controller, application programming interface-nya (API, fungsi yang mendikte hubungan Steam Controller dan Steam), dan bagaimana mereka akan memanfaatkannya agar Dualshock 4 bisa menjadi kompatibel dengan Steam.

Kenapa mereka memilih stik Dualshock 4 untuk menjadi stik pihak ketiga pertama yang mendukung API Steam Controller?

Selain dianggap sebagai kontroler berkualitas tinggi dan bagus oleh Bellinghausen dan Doucet, Dualshock 4 juga memiliki fitur gyrosensor dan touchpad, sehingga secara fungsi dianggap dekat atau cocok dengan Steam Controller.

Kemudian, mereka juga menilai bahwa dukungan Dualshock 4 di PC sangatlah minim. Kalau kamu masih ingat, Sony saja baru mengumumkan akan memberikan dukungan resmi stik PS4 untuk PC pada 25 Agustus silam melalui sebuah adapter USB nirkabel.

Steam Dualshock 4

Ya, butuh hampir tiga tahun lamanya sejak PS4 rilis agar kontroler Dualshock 4 bisa digunakan di PC tanpa perlu mengunduh program pihak ketiga. Itu pun masih harus keluar uang lagi. Tentunya sangat berbeda dengan stik Xbox 360 atau Xbox One yang langsung kompatibel dengan Windows 7 ke atas.

Melalui pemanfaatan API Steam Dualshock 4, akan dibuat secara langsung “berkomunikasi” dengan Steam sehingga setiap input yang diterima dari stik akan langsung diterjemahkan menjadi “aksi” yang diterima oleh game dan Steam.

Tidak seperti menggunakan program DS4Windows, SCP Driver, DS4Tool, atau Motioninjoy, yang harus menerjemahkan input kontroler menjadi input keyboard terlebih dahulu sebelum akhirnya berubah menjadi “aksi” dalam game.

Sederhananya, melalui API Steam Dualshock 4 akan jadi lebih bebas input lag, bisa dikustomisasi dengan mudah, dan kompatibel dengan game-game (dan user interface) Steam.

Steam Dualshock 4

Dukungan serupa juga disebutkan akan diberikan untuk jenis-jenis kontroler lain, tapi Valve belum bersedia membocorkan detilnya. Apakah mereka akan membuat dukungan langsung untuk stik Xbox, atau bahkan stik lain lagi, belum ada yang tahu.

Jujur saja, hasil diskusi Bellinghausen dan Doucet sangat teknis, jadi kalau kamu ingin memahami lebih jauh bagaimana API Steam Controller bekerja dan sekalian mencari-cari kesalahan tulisan saya, kamu bisa langsung ke artikel Gamasutra mereka. Saya nggak bakal defensif kok kalau dikoreksi.

Steam Dev Days sendiri adalah ajang kumpul-kumpul dan diskusi bagi developer game dan Valve yang diadakan selama dua hari, dari tanggal 12 sampai 13 Oktober, di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Sumber: Gamasutra

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleSeiyuu One Piece, Kazunari Tanaka Meninggal Dunia
Next articleIni Visual dan Detail Naruto Shippuden 480, Arc Baru Pembuka Episode Filler Novel Naruto
Jadi penulis karena nggak bisa koding.