5 Film Tentang Sniper yang Menceritakan Serunya Menjadi Seorang Penembak Jitu

film tentang sniperBaru-baru in warga Bekasi dibuat geger oleh penangkapan pemuda bernama Hamzah karena menembak seorang anggota geng motor menggunakan senjata “sniper” di Jl Raya Kodau, Jati Asih, Kota Bekasi. Sontak saja aksi sniper ala-ala film Hollywood itu pun menjadi perbincangan hangat di jagat internet. Banyak netizen yang memuji tindakan Hamzah demi membasmi geng motor yang meresahkan warga, namun tak sedikit pula yang menyayangkan aksinya sehingga harus mengakibatkan hilangnya seorang nyawa.

Aksi Hamzah tersebut mungkin akan mengingatkan kita kepada aksi-aksi para penembak jitu di dunia film. Ya meskipun tak terlalu banyak dan bukan merupakan tema favorit, namun film peparangan atau khususnya film tentang sniper merupakan film yang cukup seru dan menarik. Jika tidak percaya, mungkin kamu sesekali perlu menonton deretan film tentang sniper berikut ini.


1

Enemy at The Gates


enemy-at-the-gates-1Diangkat dari buku karya William Craig, Enemy at The Gates merupakan film tentang sniper yang berlatar pada Perang Dunia II. Disutradarai oleh Jean Jacques Annaud pada tahun 2001, film ini menceritakan rivalitas dua orang sniper asal Rusia bernama Vasily Zaitsev dengan musuh bubuyutannya Mayor Heinz Thorvald dari kubu Jerman dalam pertempuran Stallingard, 1942.

Rivalitas sniper ini merupakan penggambaran metafora dari propaganda dua kubu dalam Perang Duna II. Meskipun dicap sebagai film yang cukup sukses, namun Enemy at The Gates tak lepas dari kritik. Terutama di negara Rusia, dimana mereka menganggap film ini tidak kuat secara historis.


2

Sniper


sniper-1Ya seperti judulnya, film ini memang menceritakan seorang penembak jitu yang ditugaskan melawan pemberontak Panama. Thomas Beckett adalah seorang Marinir AS yang memiliki keterampilan dalam menggunakan senjata sniper. Bakatnya itu lah yang membawa ia bersama rekannya Richard Miller dari institusi yang sama bertugas di sebuah hutan hujan Panama mencari para pemberontak.

Boleh dikatakan film ini cukup sukses sehingga dibuatkan beberapa sekuelnya yang berjudul Sniper 2 dan Sniper 3.


3

American Sniper


american-sniper-1Film tentang sniper yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan Chris Kyle seorang penembak jitu dari kesatuan US Navy SEAL yang paling mematikan sepanjang sejarah militer Amerika Serikat. Chris Kyle ditugaskan ke Irak untuk satu misi, melindungi saudara-saudaranya dan menyelamatkan banyak orang dari dampak perang Timur Tengah.

Namun ia dihadapakan pada sebuah dilema ketika tak sengaja melihat seorang bocah yang membawa misil menuju konvoi tentara AS. Kyle merasa dilema apakah ia harus membiarkan bocah tersebut atau membunuhnya, sedangkan di sisi lain ia terbayang-bayang akan sosok anaknya.

Dalam ajang Academy Awards, film ini mendapatkan nominasi dalam katagori Best Pictures dan aktor terbaik untuk Bradley Cooper.


4

Bitva za Sevastopol


bitva-za-sevastopolBerbeda dengan film sniper kebanyakan, tokoh utama film Bitva za Sevastopol adalah seorang wanita bernama Lyudmila Pavlichenko. Ia merupakan seorang penembak jitu Rusia yang menjadi pahlawan pasca penyerangan tentara Nazi ke Sevastopol pada tahun 1942.

Digarap oleh sutradara Segrey Mokritskiy dengan budget hanya lima juta dolar AS, film ini mendapat sambutan positif dari para kritikis film. Di IMDb sendiri, Bitva za Sevastopol mendapatkan rating 7.2.


5

Shooter


shooterDibintangi oleh Mark Wahlberg, film ini bercerita tentang konspirasi rencana pembunuhan presiden Amerika Serikat. Bob Lee Swagger yang ditugaskan oleh Isaac Johnson untuk melindungi presiden pun terlibat dalam konfilk tersebut.

Film ini memakan dana pembuatan sebesar 61 juta dolar AS namun selama penayangan meraih keuntungan mencapai 95,7 juta dolar AS.

Menjadi Patriot Dalam DLC Sniper Elite 3. Misi Pertamanya, Melindungi Winston Churchill

Belum genap sebulan setelah Sniper Elite III dirilis, Rebellion sudah mengkonfirmasikan downloadable content pertamanya, dengan judul Save Churchill. DLC ini merupakan bagian misi pertama dari tiga bagian campaign baru.
Baca Juga

Nah deretan film sniper tadi bisa menjadi alternatif kamu yang ingin menonton film-film perang yang beda dari biasanya. Punya rekomendasi film tentang sniper lainnya?

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleKenalan Lebih Jauh Nvidia GeForce GTX10 Series Bareng Nixia
Next articleInilah Tips & Trik Skye Paladins yang Harus Kamu Ketahui!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca