Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Kelebihan Oppo R9s

Penerus Oppo F1 Plus, Ini 5 Spesifikasi Oppo R9s yang Bisa Buat Kalian Berpaling!

Oppo sukses mempopulerkan seri F1 mereka sebagai "selfie expert".... Meskipun Oppo R9s tidak membawa kamera depan sebesar seri F1, namun di sektor fotografi Oppo R9s punya beberapa trik baru, dan juga teknologi charger Super VOOC!
Baca Juga

Oppo bakal meluncurkan smartphone terbarunya yang di Indonesia bakal menjadi penerus seri Oppo R7 dan Oppo F1 pada 19 Oktober besok. Membawa nama Oppo R9s, Oppo kembali memfokuskan Android mereka ini di sektor fotografi, satu keunggulan yang saat ini sudah cukup melekat di benak pengguna smartphone Indonesia. Sebelum Oppo R9s resmi terungkap, sudah banyak tersiar kabar seperti apa spesifikasinya, dan bisa kalian baca kembali melalui artikel kami sebelumnya. Sedangkan untuk penampilannya, beberapa gambar resmi yang diunggah Oppo melalui laman resminya menunjukkan jika desainnya masih sama seperti seri mereka sebelumnya, khususnya, Oppo Fi Plus, yang di luar sana disebut sebagai Oppo R9. Kalian bisa melihat seperti apa Oppo R9s ini melalui beberapa gambar yang kami sertakan di sini.

kelebihan-oppo-r9s-1

Salah satu kelebihan Oppo R9s dibandingkan para pesainnya nanti adalah penggunaan sensor kamera yang mungkin menjadi yang terkuat dari Sony saat ini, Sony Exmor IMX398, yang sebenarnya juga belum diungkapkan secara resmi oleh produsennya. Sejauh ini Exmor terkuat masih dipegang posisinya oleh Exmor IMX386 yang sudah diterapkan pada Meizu MX6. Resolusi maksimalnya memang 12MP, namun ukuran sensornya mencapai 1/2.9-inchi, dengan besar pixel mencapai 1.25 μm / micron pixel.

kelebihan-oppo-r9s-7

Ini Bukti Kamera Xiaomi Mi 5s Lebih Baik dari iPhone, Galaxy S7, dan ZenFone 3

Selain prosesornya juara, Android tergahar Xiaomi yang dijual cuma Rp3 jutaan ini ternyata juga sudah unggul dibandingkan smartphone lainnya lho!
Baca Juga

Meskipun belum terungkap, kabarnya ponsel ini akan mengandalkan kamera dual-pixel seperti yang diterapkan Galaxy S7-nya Samsung. Hanya saja dengan resolusi yang lebih tinggi. Jika Galaxy S7 yang menggunakan Exmor IMX260 dengan ukuran sensor 1/2.5-inchi dan besar pixel 1.4 μm resolusi mamsimal kameranya 12MP, maka Oppo R9s sudah 16MP (kamera depannya 13MP), dan dengan bukaan lensa yang sama, mencapai f/1.7. Kami menduga Exmor IMX398 ini juga akan menggunakan ukuran pixel yang lebar 1.4 μm seperti pada Galaxy S7 untuk mengakomodir fitur dual-pixel-nya dan ukuran sensor yang sudah dipastikan mencapai 1/2.3-inchi (ya, ukuran sensornya memang lebih kecil dari IMX260, namun resolusi maksimalnya jelas lebih lebar).

kelebihan-oppo-r9s-5

Oppo juga dikabarkan memasukkan fitur stabilisasi gambar dan SmartSensor baru seperti pada Oppo R9 sebelumnya, mengindikasikan kedua Oppo R9s ini bakal terfokus pada fitur fotografi. Melengkapi keunggulannya di sisi fotografi, sensor kamera depannya akan sama seperti pada Oppo F1 Plus, sensor ISOCELL-nya Samsung dengan resolusi maksimal 16-megapixel dan bukaan lensa f/2.0. Itu juga bukti keseriusan Oppo R9s menempatkannya unggul di sektor fotografi. Tambahkan dengan kamera utamanya, Oppo R9s memiliki bekal sensor kamera 16MP + 16MP. Sepertinya hanya Sony Xperia XA Ultra saja yang masih bisa mengatasinya dengan kombinasi kamera 21MP + 16MP di depan.

kelebihan-oppo-r9s-kekurang

Kemudian bocoran hasil benchmark terbarunya sekaligus membenarkan chipset dan konfigurasi hardware yang digunakannya. Oppo memilih salah satu silikon terbaru Qualcomm, Snapdragon 625. Chipset dengan kode MSM8953 ini dikembangkan dengan teknologi proses 14 nm, sehingga di atas kertas prosesor octa core Cortex-A53 berkecepatan maksimal 2.0 GHz miliknya akan sangat hemat baterai. Prosesor tersebut dipadukan dengan GPU Adreno 506 yang mendukung olah gambar sampai resolusi Full HD 1080p, yang dilengkapi DSP khusus, Hexagon 546.

spesifikasi-oppo-r9s-11

Spesifikasi, Keunggulan dan Harga ZenFone 3 Ini Bikin Android Lain Jadi Ga Menarik!

Asus melakukannya lagi tahun ini! Mereka berhasil membuat ZenFone 3 ini begitu wow spesifikasinya, namun dengan harga yang masih terjangkau... Tapi kenapa bentuknya jadi mirip Samsung, ya!?
Baca Juga

Chipset tersebut juga sudah banyak digunakan pada beberapa Android lainnya, seperti dalam Samsung Galaxy C7, Asus Zenfone 3 baik yang layar 5.2 dan 5.5-inchi, Asus Zenfone 3 Deluxe 5.5″, Lenovo Vibe P2, ZTE Axon Max 2, Motorola Moto Z Play, dan Huawei Nova. Demikian Oppo R9s ini bakal menjadi pesaing terdekat seri Asus ZenFone 3, yang dari sisi kamera masih menggunakan sensor Sony Exmor IMX298, yang sebenarnya kelasnya masih di bawah sensor baru Sony untuk Oppo R9s ini.

kelebihan-oppo-r9s-6

Melengkapi kelebihan Oppo R9s, ada layar AMOLED Full HD dengan dimensi 5.5-inchi seperti pada Oppo F1 Plus, 4GB RAM, internal storage 64GB yang masih bisa diperbesar menggunakan slot micro SD (menggunakan slot karti SIM kedua / Hybrid), sensor sidik jari pada tombol Home, baterai 3,010 mAh (yang mendukung teknologi pengisian cepat Super VOOC, yang baru diungkapkan Oppo awal tahun ini di Cina dan diklaim mampu mengisi baterai 2,500mAh hanya dalam waktu 15 menit saja), dan OS standarnya sudah Android 6.0.1 Marshmallow. Di sisi harga, diperkirakan akan sama seperti ketika Oppo F1 Plus pertama kali diluncurkan beberapa waktu lalu, yaitu sekitar Rp5.5 jutaan.

kelebihan-oppo-r9s-4

Yang membuat kami penasaran, apakah Super VOOC yang diterapkan Oppo di sini mampu engisi baterai 3,000 mAh-nya dalam waktu wanya 30 menit saja jika 2,500 mAh bisa terisi 15 menit sesuai klaim? Semoja saja besarnya arus masuk VOOC ini masih aman, karena pengalaman penulis Oppo Find 7 yang pertama kali menerapkan teknologi pengisian cepat ini kerap ditemukan “melembung” baterainya.

Bagaimana menurut kalia? Apa kelebihan Oppo R9s yang terbaik, dan mampu menjadi modal untuk bersaing dengan smartphone Android baru lainnya?

Sumber: Oppo


SHARE
Previous articleFortius Gaming, Juara League of Legends Indonesia Championship 2016
Next articleInilah 5 Karakter Sidekick di Anime yang Paling Populer! Mana Favoritmu?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.