Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Berbagai fitur baru Oppo R9s jelas akan sangat mengancam posisi ZenFone 3! Yang sudah jelas terlihat, kamera Oppo terbaru ini jauh lebih canggih dibandingkan ZenFone 3 Deluxe, Xiaomi Mi5s, iPhone 6s, dan bahkan Xperia XZ sekalipun!

Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

[read_more id="271638"]

Oppo bakal meluncurkan smartphone terbarunya yang di Indonesia bakal menjadi penerus seri Oppo R7 dan Oppo F1 pada 19 Oktober besok. Membawa nama Oppo R9s, Oppo kembali memfokuskan Android mereka ini di sektor fotografi, satu keunggulan yang saat ini sudah cukup melekat di benak pengguna smartphone Indonesia. Sebelum Oppo R9s resmi terungkap, sudah banyak tersiar kabar seperti apa spesifikasinya, dan bisa kalian baca kembali Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Salah satu kelebihan Oppo R9s dibandingkan para pesainnya nanti adalah penggunaan sensor kamera yang mungkin menjadi yang terkuat dari Sony saat ini, Sony Exmor IMX398, yang sebenarnya juga belum diungkapkan secara resmi oleh produsennya. Sejauh ini Exmor terkuat masih dipegang posisinya oleh Exmor IMX386 yang sudah diterapkan pada Meizu MX6. Resolusi maksimalnya memang 12MP, namun ukuran sensornya mencapai 1/2.9-inchi, dengan besar pixel mencapai 1.25 μm / micron pixel.

Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

[read_more id="270087"]

Meskipun belum terungkap, kabarnya ponsel ini akan mengandalkan kamera dual-pixel seperti yang diterapkan Galaxy S7-nya Samsung. Hanya saja dengan resolusi yang lebih tinggi. Jika Galaxy S7 yang menggunakan Exmor IMX260 dengan ukuran sensor 1/2.5-inchi dan besar pixel 1.4 μm resolusi mamsimal kameranya 12MP, maka Oppo R9s sudah 16MP (kamera depannya 13MP), dan dengan bukaan lensa yang sama, mencapai f/1.7. Kami menduga Exmor IMX398 ini juga akan menggunakan ukuran pixel yang lebar 1.4 μm seperti pada Galaxy S7 untuk mengakomodir fitur dual-pixel-nya dan ukuran sensor yang sudah dipastikan mencapai 1/2.3-inchi (ya, ukuran sensornya memang lebih kecil dari IMX260, namun resolusi maksimalnya jelas lebih lebar).

Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Oppo juga dikabarkan memasukkan fitur stabilisasi gambar dan SmartSensor baru seperti pada Oppo R9 sebelumnya, mengindikasikan kedua Oppo R9s ini bakal terfokus pada fitur fotografi. Melengkapi keunggulannya di sisi fotografi, sensor kamera depannya akan sama seperti pada Oppo F1 Plus, sensor ISOCELL-nya Samsung dengan resolusi maksimal 16-megapixel dan bukaan lensa f/2.0. Itu juga bukti keseriusan Oppo R9s menempatkannya unggul di sektor fotografi. Tambahkan dengan kamera utamanya, Oppo R9s memiliki bekal sensor kamera 16MP + 16MP. Sepertinya hanya Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Kemudian bocoran hasil benchmark terbarunya sekaligus membenarkan chipset dan konfigurasi hardware yang digunakannya. Oppo memilih salah satu silikon terbaru Qualcomm, Snapdragon 625. Chipset dengan kode MSM8953 ini dikembangkan dengan teknologi proses 14 nm, sehingga di atas kertas prosesor octa core Cortex-A53 berkecepatan maksimal 2.0 GHz miliknya akan sangat hemat baterai. Prosesor tersebut dipadukan dengan GPU Adreno 506 yang mendukung olah gambar sampai resolusi Full HD 1080p, yang dilengkapi DSP khusus, Hexagon 546.

Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

[read_more id="254747"]

Chipset tersebut juga sudah banyak digunakan pada beberapa Android lainnya, seperti dalam Samsung Galaxy C7, Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Melengkapi kelebihan Oppo R9s, ada layar AMOLED Full HD dengan dimensi 5.5-inchi seperti pada Oppo F1 Plus, 4GB RAM, internal storage 64GB yang masih bisa diperbesar menggunakan slot micro SD (menggunakan slot karti SIM kedua / Hybrid), sensor sidik jari pada tombol Home, baterai 3,010 mAh (yang mendukung teknologi pengisian cepat Super VOOC, yang baru diungkapkan Oppo awal tahun ini di Cina dan diklaim mampu mengisi baterai 2,500mAh hanya dalam waktu 15 menit saja), dan OS standarnya sudah Android 6.0.1 Marshmallow. Di sisi harga, diperkirakan akan sama seperti ketika Oppo F1 Plus pertama kali diluncurkan beberapa waktu lalu, yaitu sekitar Rp5.5 jutaan.

Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Yang membuat kami penasaran, apakah Super VOOC yang diterapkan Oppo di sini mampu engisi baterai 3,000 mAh-nya dalam waktu wanya 30 menit saja jika 2,500 mAh bisa terisi 15 menit sesuai klaim? Semoja saja besarnya arus masuk VOOC ini masih aman, karena pengalaman penulis Oppo Find 7 yang pertama kali menerapkan teknologi pengisian cepat ini kerap ditemukan "melembung" baterainya.

Bagaimana menurut kalia? Apa kelebihan Oppo R9s yang terbaik, dan mampu menjadi modal untuk bersaing dengan smartphone Android baru lainnya?

Sumber: Oppo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU