Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna, Android Foxconn yang Mirip iPhone 6s

Smartphone Luna

10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Ini Bisa Bikin Iri Semua User Android

Dengan angka 7 yang sangat ramai dibicarakan tahun ini (bahkan sampai Samsung pun melompati Galaxy Note 6), iPhone 7 hadir memberikan banyak fitur baru, yang bisa membuat user Android iri...
Baca Juga

Nama Foxconn mungkin jarang terdengar di telingan awam. Namun produsen elektronik asal Cina ini berada di balik banyak produk besar dunia. Mulai keluarga iOS-nya Apple, sampai Android barunya Nokia dan juga konsol game barunya Nintendo juga mereka yang memproduksi. Selain itu, akhir tahun lalu Foxconn juga bekerjasama dengan salah satu operator Korea Selatan memproduksi seri smartphone mereka sendiri, yang dikenal dengan nama Luna. Baru-baru ini tersiar kabar jika Luna juga bakal segera masuk ke pasar Indonesia, dengan rencana rilis November 2016 mendatang.

Apa saja modal merk baru ini untuk masuk ke pasar lokal yang sudah “penuh sesak” dengan banyak pilihan merk smartphone baru? Untuk model terbaiknya, langsung buka di halaman 2

HTC One A9s, Saudara Kembar Terbaru iPhone 6s, yang Harganya (Mungkin) Hanya Separuhnya!

Ini semacam gado-gado, tombolnya ala Samsung, body-nya ala Apple, dan logonya bertuliskan, HTC...
Baca Juga
1

Desain Mirip iPhone 6s

Bukan kali ini saja kita menemukan smartphone Android yang secara desain dibuat semirip mungkin dengan iPhone-nya Apple. Yang baru-baru ini dijual di Indonesia misalnya, seri Meizu M3 yang tampak bak pinang dibelah dengan produk Apple tersebut. Atau coba saja tengok desain HTC One A9, mirio sekali dengan iPhone 6s. Dan sepertinya dengan desian dan mendompleng kepopuleran iPhone bisa membuat pasar penasaran, seperti apa sih bentuk smartphone baru yang katanya mirip iPhone ini. Seperti kalian lihat beberapa gambar desain Luna yang memang mirip iPhone, khususnya, iPhone 6s. Dengan pengalaman Foxconn yang bertahun-tahun dipercaya Apple memproduksi keluarga iOS, membuat mereka pun percaya diri dengan Luna ini memiliki standar kualitas sama dengan iPhone.

smartphone-luna-4

2

Material yang Berkualitas

Mulai dari material casing hingga finishing-nya yang halus. Sekilas memang Luna tampil mewah dan terlihat menawan dengan casing berbahan aluminium di seluruh tubuhnya, serta membulat pada keempat pinggirnya. Garis antena di sisi atas dan bawah juga tampak jelas terlihat, makin membuatnya mirip iPhone. Bedanya hanya pada tombol Home (sekaligus berfungsi sebagai sidik jari) khas iPhone tidak kalian temukan di sini. Sedangkan pada Luna kalian kehilangan tombol tersebut. Seperti mayoritas Android produksi Cina lainnya, tiga tombol virtual Android menghiasi bagian bawah layarnya. Perbedaan lain, Foxconn juga memilih penataan tipikal Android, dengan port audio 3,55m di sisi atas. Berbeda dengan iPhone 6S yang menjadi referensinya, port audio berada di bagian bawah.

Namun mungkin yang paling menarik adalah proses pembentukan keseluruhan tubuhnya yang menggunakan material logam dengan delapan proses CNC. Hasilnya, sangat presisi. Menurut Foxconn, proses yang mereka lakukan juga pada iPhone yang mereka produksi ini mencakupi internal structure & processing, antenna structure processing, screen structure processing, 3D side hoe machining, 360 drilling Qieja, structure end milling, dan overall polishing process.

Semua yang Perlu Kamu Ketahui dari iPhone 6s dan 6s Plus

iPhone dengan seri "s" memang terkenal sebagai gadget dengan peningkatan tanggung. Karenanya silahkan baca ulasan iPhone 6s ini untuk menuntaskan keraguanmu
Baca Juga
3

Layarnya Sekelas Retina

Layar iPhone 6s Plus memiliki dimensi 5.5-inchi dengan resolusi 1080 x 1920-pixel. Sedangkan Luna juga sama, menggunakan ukuran 5.5-inchi dengan resolusi Full HD 1080 x 1920-pixel, yang menghasilkan kerapakan pixel 401-ppi. Sebenarnya cukup standar, karena tipikal smartphone Android berlayar 5.5-inchi yang eksis tahun ini sudah berlayar Full HD. Namun untuk sebuah smartphone yang keluar dari pabrik perakitan iPhone, tidak salah kita juga berharap kualitas layar yang sama dengan smartphone Apple, bukan!? Layar smartphone Luna ini juga sudah berpelindung Corning Gorilla Glass 3, setidaknya kalian merasa lebih aman selama menggunakannya. Apple memang tidak menggunakan solusi dari Corning, namun perlindungan Dual Ion Exchange terbukti cukup kuat. Selain itu, jangan berharap ada fitur 3D Touch dalam smartphone Luna lho ya!

smartphone-luna-6

4

Dua Tahun Lalu, Prosesor Masuk Kelas Atas

Salah stau keunggulan iPhone adalah optimalisasi software yang baik. Dengan hardware yang terbatas pun, penggunanya bakal mendapatkan pengalamna antar muka yang halus. Bahkan mulai iPhone 6s pun, Apple mulai mendongkrak bagian mesinnya tersebut dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Ada chipset Apple A9 dengan CPU dual core 1,84 Ghz yang diklaim 70% lebih cepat dibandingkan A8. Sementara untuk peforma grafisnya yang memakai PowerVR GT7600 dengan enam core yang meningkat 90% dibandingkan pada generasi sebelumnya. Apple pun memadukannya dengan RAM 2GB dari jenis LPDDR4 yang kencang. Seandainya konfigurasi tersebut digunakan untuk menjalankan OS Android, pasti akan berbeda ceritanya. Namun smartphone Luna tetaplah sebuah Android.

iPad Pro, Raja Segala Tablet Dirilis, Berikut yang Perlu Kalian Ketahui!

Apple memang copycat terbaik. Meskipun banyak fitur baru dari iPad Pro ini dianggap meniru produk lain, namun mereka mampu memberikan yang lebih baik (dan lebih mahal, tentunya!).
Baca Juga

Di sini Foxconn memilih chipset Qualcomm Snapdragon 801 sebagai mesin utamanya. Chipset populer dari tahun 2014 yang banyak digunakan untuk flagship pada masanya, seperti Oppo Find 7, OnePlus One, Galaxy S5, hingga LG G3 menggunakannya. Ada empat prosesor Krait 400 dengan kecepatan 2.5 GHz, yang dipadukan dengan GPU Adreno 330 dan RAM LPDDR3 3GB untuk menjalankan sistem operasi Android 6.0.

smartphone-luna-3

Melengkapi konfigurasi hardware-nya, kalian mendapatkan sensor yang lengkap, seperti accelometer, light Sensor, orientation Sensor, Proximity, Gyroscope, Sound Sensor, dan Magnetic Sensor (Compass). Pendeteksian lokasi juga kian akurat dengan dukungan GPS, A GPS dan GLONASS. Untuk menyokong tenaganya yang besar, kalian bisa bergantung pada baterai berkasitas 2900mAh.

5

Sensor Kameranya Juga Sama!

Salah satu keunggulan iPhone 6s adalah sektor fotografi, dengan Apple berhasil mengamankan sensor Sony Exmor RS IMX315 hanya untuk smartphone mereka tersebut. Sensor 12-megapiksel tersebut memiliki ukuran sensor 1/2.93-inchi dan besar pixel 1.22 μm / micro pixel yang cukup besar. Apple melengkapinya dengan lensa dengan bukaan f/2.2, yang dilapisi filter lensa lima elemen, fokus phase detection, serta lampu LED flash dual LED dual tone. Di atas kertas spesifikasinya cukup baik sebagai sarana fotografi. Dan yang menunjang itu semua adalah software dan algoritma yang mendukung pemotretan dalam memproses setiap fotonya. Tidak heran iPhone selalu dikenal berkat fitur kameranya yang baik.

Semua yang Perlu Kamu Ketahui dari iPhone 6s dan 6s Plus

iPhone dengan seri "s" memang terkenal sebagai gadget dengan peningkatan tanggung. Karenanya silahkan baca ulasan iPhone 6s ini untuk menuntaskan keraguanmu
Baca Juga

Di sisi lain, smartphone Luna masih belum terlalu gambalng dengan hal ini. Hanya disebutkan sensor utamanya 13-megapixel yang bukaannya f/2.0 dari Sony, yang sayangnya tidak disebutkan dari jenis apa. Fitur lainnya, kameranya juga memiliki dual LED flash dan fokus phase-detect. Kamera depannya yang mungkin bisa dibanggakan dari iPhone 6s yang hanya 5-megapixel. Smartphone Luna memiliki selongsong 8-megapixel di atas layarnya, dengan bukaan lensa f/1.8. Cocok bagi pencinta selfie.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleMengenal Lebih Jauh Nurfadli Mursyid, Sosok Di Balik Humor Receh Tahilalats
Next articleIni Fitur Keren Knights Chronicles, Game Hape Baru Pesaing Seven Knights
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.