Gak Salah Nih? Samsung Terang-Terangan Jiplak Oppo Melalui Galaxy C9!

Spesifikasi Galaxy C9
Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.

Modal Lawan iPhone 7, Fitur Galaxy S8 Ini Bakal Menjadi yang Tercanggih di Dunia!

Modal Lawan iPhone 7, Fitur Galaxy S8 Ini Bakal Menjadi yang Tercanggih di Dunia! Harga Galaxy S8, keunggulan Galaxy S8, kelemahan Galaxy S8
Baca Juga

Tidak banyak yang mengetahuinya jika Samsung punya beberapa time smartphone Galaxy yang hanya dijual di Cina saja. Misalnya, seri Galaxy Folder. Beberapa waktu lalu mereka juga mengenalkan satu seri smartphone Android baru, Galaxy C yang diwakili dengan Galaxy C5 dan Galaxy C7. Keduanya masuk kelas menengah, tubuh full-metal, serta spesifikasi yang sangat tinggi dengan harga yang seharusnya lebih pantas masuk kelas atas. Jelas Samsung menawarkannya untuk melawan banyaknya Android Cina yang dari sisi spesifikasi sangat tinggi namun dengan harga terjangkau yang banyak bermunculan akhir-akhir ini. Paling mudah membayangkannya, kedua menawarkan spesifikasi setara Oppo F1 Plus dengan harga yang sebanding.

Namun tampaknya Samsung belum selesai dengan dua C Series tersebut. Tidak lama lagi mereka dikabarkan akan merilis C Series ketiga, Galaxy C9 dan Galaxy C9 Pro. Android dengan kode nama Amy dan kode nomor SM-C9000 ini merupakan varian C Series tertinggi tahun ini. Masih dengan karakteristik full-metal, kapasitas storage mencapai 64 GB dan RAM 4GB, layar AMOLED dengan resolusi Full HD, dan baterai berkasitas besar. Bagaimana dengan Galaxy C9 ini?

Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.
Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.

Spesifikasi Tinggi, Harga Terjangkau

Bocoran terbarunya sudah memastikan apa saja spesifikasi Galaxy C9 ini. Mulai mengajukan layar yang lebih besar dari kedua kakaknya yang berlayar 5.2 dan 5.7-inchi, Galaxy C9 masuk ke ranah tablet dengan bentang layar 6-inchi yang membuat tubuhnya membengkak menjadi 162.9×80.7×6.9 mm. Layarnya itu pun masuk menggunakan material AMOLED dengan resolusi Full HD 1920 × 1080-pixel. Jika sekilas melihat desainnya langsung mengingatkan kami pada Oppo R Series, sepertinya bukan suatu kebetulan hadirnya pilihan layar 6-inchi pada Galaxy C9 ini sama dengan Oppo R9 Plus yang sudah dijual beberapa waktu lalu di Cina.

Oppo R9s... Inikah lawan Samsung di Cina?
Oppo R9s… Inikah lawan Samsung di Cina?

10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Ini Bisa Bikin Iri Semua User Android

Ini Dia 10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang Bisa Bikin Iri Semua Android, harga iPhone 7 Plus Indonesia, harga iPhone 7 spec, spesifikasi iPhone 7 Plus
Baca Juga

Mungkin Kebetulan, Jadi Mirip Oppo

Jika beberapa bukti tersebut belum cukup membuat kami yakin jika Samsung sepertinya berusaha menawarkan konfigurasi dan desain yang sekilas mirip dengan smartphone-nya Oppo, coba deh kalian amati lebih dekat garis antena di sisi atas dan bawah punggung smartphone ini. Tipikal smartphone full-metal biasanya memiliki satu garis dengan warna berbeda di sisi atas dan bawah punggungnya, yang berfungsi sebagai penanda jika di sana ada antena selular, WiFi atau Bluetooth. Meskipun fungsinya penting, namun banyak yang merasa tertanggu, karena terlihat mengganggu. Asus sendiri berhasil memidahkan garis antena tersebut ke posisi lain pada ZenFone 3 mereka. Namun tetap saja, terlihat jelas oleh mata.

spesifikasi-galaxy-c9-3
Seperti ini nanti desain Galaxy C9

Sedangkan Oppo berusaha meminimalkan penampakan garis antena tersebut pertama kali melalui Oppo R9s, yang akan dikonfirmasikan besok, 19 Oktober 2016. Garis antenanya kini dibuat makin tersamar, dengan tiga garis yang sangat tipis, dan diantaranya dibatasi warna yang sama seperti warna casing di punggungnya. Dan sepertinya, Oppo berhasil melakukannya. Lihat saja buktinya di bawah.

kelebihan-oppo-r9s-1

Dan sekarang, bandingkan dengan penampakan (belum resmi) dari Galaxy C9 di bawah ini:

spesifikasi-galaxy-c9-1

Ya, memang posisi kameranya berbeda dengan Oppo R9s, namun yang jelas lebih menarik perhatian adalah desain garis antenanya. Oppo sendiri dipastikan bakal menggunakan desain baru tesebut sebagai salah satu kelebihan Oppo R9s dibandingkan seri Oppo full-metal mereka sebelumnya. Dan entah suatu kebetulan, atau memang disengaja, lagi-lagi Samsung menawarkan satu fitur yang sama seperti yang juga ditawarkan Oppo. Dengan desain garis antena baru ini, Oppo dan Samsung berhasil merapikan punggung smartphone full-metal, yang selama ini dihantui dengan garis antena mengganggu. Bahkan sekelas Apple pun gak mampu lho mengaburkan penampakan garis antena tersebut dari iPhone 7 mereka.

Samsung juga memiliki varian Pro dari Galaxy C9. Ada satu penampakan awalnya yang memperlihatkan konsep garis antena baru tersebut, yang bisa kalian lihat di bawah ini:

spesifikasi-galaxy-c9-2

Dan ya, Samsung pasti akan membanggakan konsep garis antena baru ini ketika mengkofirmasikan Galaxy C9 nantinya.

Oppo R9s, Android Pertama dengan Kamera 32MP, Siap Bantai ZenFone 3 dan Xiaomi Mi 5s

Ini Kelebihan Oppo R9s Selain Super VOOC untuk Isi Baterai Hanya 15 Menit Saja! Harga Oppo R9s benchmark, cara root Oppo R9s root guide
Baca Juga

Spesifikasi yang Cukup, Jatah RAM Berlimpah

Walaupun belum terungkap resmi, namun sudah banyak bocoran yang menyebutkan jika Galaxy C9 bakal menggunakan chipset teranyar Qualcomm, yaitu Qualcomm 8976 dengan prosesor octa-core Snapdragon 652 (1.8 GHz quad-core Cortex-A72 dan 1.4 GHz quad-core Cortex-A53 untuk menghemat baterai), ada GPU Adreno 510, dan didukung RAM 6GB, menjalankan Android 6.0.1 Marshmallow, serta mendapatkan sumber tenaga dari baterai 4,000 mAh. Prosesor tersebut juga kalian temukan pada Samsung Galaxy A9, ZenFone 3 Ultra, dan banyak Android Cina lainnya, seperti Xiaomi MiMax dan Oppo R9 Plus. Sisa spesifikasinya, termasuk ada kombinasi kamera utama dan kamera selfie 16MP + 16MP, yang lagi-lagi, sama seperti yang akan ditawarkan Oppo R9s. Melengkapinya, kalian menemukan opsi dual SIM hybrid, koneksi 4G LTE, dan sensor sidik jari pada tombol Home.

Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.
Galaxy C5 dan Galaxy C7 yang sudah dijual sejak pertengahan tahun ini di Cina.

Setelah Galaxy Note 7 Tidak Dijual, Menjadi Korban Meme Saitama, Sampai MOD GTAV

Setelah Galaxy Note 7 Tidak Dijual, Menjadi Korban Meme Saitama, Sampai MOD GTAV, nasib Galaxy Note 7 discontinued, beli Galaxy Note 7 dijual
Baca Juga

Kapan Bakal Dijual?

Kabarnya, Galaxy C9 dan C9 Pro bakal tersedia dalam pilihan warna Gold, Silver dan Rose Gold dengan rencana penjualan di Cina akhir bulan ini. Dan yang melegakan, Samsung juga berencana akan menawarkan smartphone ini ke luar Cina mulai bulan depan. Semoga saja ya juga masuk ke Indonesia, karena seri Galaxy C ini cukup wort-to-buy dengan spesifkasi tinggi, namun harganya masih masuk akal untuk kelas Samsung.

 


SHARE
Previous articleJuara League of Legends National Collegiate Championship 2016: “Kami Mempersiapkan Ini dengan Baik”
Next articleBen Affleck Berlatih Pencak Silat untuk Film The Accountant
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.