Sebetulnya Bagaimana Timeline Wolverine 3 Dibanding Film X-Men Lain?

timeline-wolverine-3__1476763074_180-244-186-190

Bingung dengan timeline Wolverine 3? Tidak hanya kamu saja yang pusing kok. Jadi sebetulnya film ini mengambil latar di kontinuitas yang mana?

Pertanyaan soal timeline Wolverine 3 menjadi topik hangat di komunitas film dan komik setelah sinopsis resminya dirilis. Di sinopsis itu, dikisahkan Wolverine 3, yang diberi judul Logan, akan mengambil latar di tahun 2024. Populasi mutan berkurang, para X-Men menghilang, dan Professor X adalah Patrick Stewart yang mulai mengalami gejala alzheimer.

Masalahnya begini: kejadian masa depan di X-Men Days of Future Past dengan tegas mengambil latar tahun 2023, hanya selang satu tahun saja sebelum kejadian di Logan. Tapi di akhir Days of Future Past, diperlihatkan kalau upaya Wolverine mengoreksi kesalahan di tahun 1973 membuat Jean Grey dan Cyclops yang tewas di X-Men: The Last Stand hidup kembali di tahun 2023.

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi di sini? Seharusnya, Logan mengambil latar setelah kejadian masa depan Days of Future Past. Namun plot yang ditampilkan di sinopsis, serta regresi mental Xavier, terasa sulit dibayangkan dapat terjadi dalam satu tahun saja.

judul-resmi-wolverine-3-wolverine

Judul Resmi Wolverine 3 Akhirnya Resmi Terungkap!

Judul resmi Wolverine 3 akhirnya terungkap! Seperti apakah kira-kira judul dari film terakhir Hugh Jackman sebagai Wolverine ini?
Baca Juga

Jawabannya mungkin akan terungkap nanti, setelah filmnya rilis. Tapi untuk spekulasi, penulis akan membuat kesimpulan sementara: timeline Wolverine 3 akan mengambil latar berbeda lagi dari masa depan yang diperlihatkan di Days of Future Past. Pertimbangannya begini:

-Sejak awal, inspirasi untuk Logan adalah kisah Old Man Logan. Sebelum Secret War memasukkan Old Man Logan ke kontinuitas utama Marvel, kisah itu sepenuhnya adalah kejadian dari masa depan alternatif.

-Karena latarnya jauh sekali dari para X-Mennya McAvoy dan Fassbender, bahkan jauh juga dari Deadpool yang kira-kira mengambil latar tahun 2014, apapun yang terjadi di film ini tidak akan mempengaruhi judul lain. Kecuali ada perjalanan waktu ajaib lagi. Ini akan membuat sutradara bebas menyajikan apapun yang terjadi di filmnya.

-Kejadian yang digambarkan di sinopsis tampak terlalu drastis untuk terjadi hanya satu tahun saja setelah apa yang terjadi di Days of Future Past.

Mungkin kamu kurang sreg menghadapi timeline baru lagi dalam franchise yang alur waktunya kacau ini. Tapi mau bagaimana lagi, bahkan sekarang saja sudah X-Mennya 20th Century Fox sudah memiliki sejumlah timeline berbeda:

Timeline asli: kejadian dari X-Men hingga X-Men: The Last Stand. Secara ajaib berujung ke masa depan sentinel, di mana para sentinel akhirnya menang.

Timeline era First Class: Awal-awalnya tidak ada yang berbeda, namun intervensi Wolverine ke kejadian 1973 membuat percabangan waktu. Apocalypse bangkit, mutan seperti Scott Summers dan Jean Grey lahir lebih awal, dan mutan diterima sebagai pahlawan.

Timeline masa depan percabangan First Class: Kurang-lebih kejadiannya serupa dengan timeline asli, tapi berkat intervensi Wolverine sentinel tidak pernah ada, Jean Grey tidak pernah menjadi Dark Phoenix (kalau dilihat dia masih hidup), Cyclops tidak mati.

Trailer Terakhir X-Men Apocalypse - Wolverine

Tapi, bila benar timeline Wolverine 3 akan berbeda lagi dari sebelumnya, apa yang menyebabkan perbedaan itu? Untuk sekarang, asumsinya percabangan ini terjadi karena ulah para mutan muda di X-Men: Apocalypse. Di sana, Jean Grey, Cyclops, dan Nightcrawler menyebabkan Wolverine dalam wujud Weapon X keluar dari ruang eksperimen dan melarikan diri.

Mungkin tak seharusnya Wolverine keluar di momen itu. Mungkin kejadian itu justru membuat perusahaan Essex, yang terlihat di post credit mengumpulkan sampel darah para mutan, mempercepat rencana mereka. Dan pada akhirnya di tahun 2024, Wolverine mulai kehilangan kekuatannya, Professor X pikun, X-Men menghilang, dan anak-anak mutan dijadikan eksperimen sebagai senjata hidup.

Bila teori ini benar, maka Logan akan menggunakan benih plot yang ditebar dari kontinuitas First Class, yang kemudian berkembang mempengaruhi kontinuitas asli tanpa intervensi sentinel. Cukup memusingkan memang.

Jadi, apa sebenarnya yang terjadi di Logan? Temukan jawabannya saat filmnya akhirnya rilis Maret 2017 nanti.


SHARE
Previous articleBen Affleck Berlatih Pencak Silat untuk Film The Accountant
Next articleAndroid-nya Ronaldo Sekeren Orangnya! Kamera Sony 23MP, RAM 4GB, Dijual 2 Jutaan!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.