10 Fakta Menarik GameStart Asia 2016!

fakta menarik gamestart asia 2016

Sudah lebih dari seminggu berlalu sejak GameStart Asia 2016 digelar di Suntec Convention Center, Singapura tanggal 7 sampai 9 Oktober 2016 lalu. Namun sampai saat ini gaungnya masih cukup terasa. Apalagi menurut pernyataan pihak penyelenggara, tahun ini merupakan tahun dimana event ini mencatatkan jumlah pengunjung terbanyak sepanjang sejarah tiga kali penyelenggaraannya.

Duniaku sendiri baru pertama kali menjadi media partner dari GameStart Asia 2016 dan menghadiri langsung konvensi game terbesar di Asia Tenggara ini. Dan selama tiga hari meliput GameStart Asia 2016 Duniaku menemukan beberapa fakta menarik yang -setidaknya bisa dipertahankan di gelaran GameStart Asia 2017 mendatang. Apa saja?

1

Semakin Besar dari Tahun ke Tahun

fakta menarik gamestart asia 2016

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, GameStart Asia 2016 mencatatkan jumlah pengunjung terbanyak. Tahun lalu, jumlah pengunjung tercatat mencapai 17 ribu orang, dan tahun ini kabarnya ada lebih dari 20 ribu gamer yang selama tiga hari memadati arena konvensi.

Bukan hanya dari segi pengunjung, dari segi konten pun GameStart Asia semakin banyak dari tahun ke tahun. Dari 21 exhibitor tahun 2015 lalu, tahun ini tercatat ada sekitar 68 booth yang turut serta, termasuk Xbox yang tahun ini untuk pertama kalinya ikut serta. Semoga jumlah ini semakin banyak tahun depan!

2

Deretan Game Baru untuk Dicicipi

fakta menarik gamestart asia 2016

Layaknya TGS atau E3, GameStart Asia 2016 juga diwarnai dengan demo game-game baru yang belum rilis di pasaran. Ada beberapa game yang menjadi highlight, seperti Tekken 7 untuk konsol di booth Bandai Namco serta Gears of War 4 dan Final Fantasy XV di booth Xbox. Tentu saja ini menajdi magnet tersendiri, dan di hari Sabtu dan Minggu game-game ini hampir tidak pernah sepi dari antrian.

Oiya, PlayStation VR yang tahun lalu memulai debutnya di Asia Tenggara lewat GameStart Asia 2015 juga hadir di booth Bandai Namco, tepatnya lewat Rise of the Tomb Raider: Blood Ties VR. Sayangnya, karena antriannya yang tidak kunjung surut hingga hari ketiga, Duniaku gagal untuk ikut mencicipinya :(

3

Daily Quest dan Lucky Draw!

gamestart-asia-2016-photo-11

Dua hal yang sangat menarik bagi pemburu barang gratisan. Quest menjadi satu pengalaman tersendiri di GameStart Asia. Singkatnya, setiap hari pengunjung mendapatkan satu kartu Quest yang harus mereka selesaikan. Layaknya MMORPG, untuk menyelesaikan Quest ini, kamu harus mengunjungi “NPC” yang tersebar di beberapa booth. Nah, NPC ini akan memberikan stempel di kartu Quest-mu jika kamu sudah menyelesaikan tugas dari mereka, seperti berfoto di booth dan mendaftar di game tertentu.

Setelah semua Quest-mu selesai, pengunjung tinggal menuju ke booth terakhir (booth milik Armaggeddon) dan menukarkan kartu Quest yang dimiliki dengan satu kali kesempatan gacha. Isi gacha-nya lucu-lucu lho! Penulis yang sempat mengikuti keseruan Quest ini berhasil mendapatkan satu klip kertas dari besi dengan tema Battlefield Hardline.

Oiya, setelah menyelesaikan Quest kamu juga mendapatkan satu kesempatan untuk mengikuti Lucky Draw. Lucky Draw menjanjikan hadiah yang lebih mewah dan diundi setiap hari. Mulai dari hardisk, kursi game, hingga monitor bisa dibawa pulang pengunjung yang beruntung!

4

Atmosfer e-Sports yang Sangat Kental

fakta menarik gamestart asia 2016

Turnamen e-Sports menjadi salah satu menu utama selama tiga hari penyelenggaraan GameStart Asia 2016. Dari turnamen perdana Gears of War 4 yang diselenggarakan di hari pertama, hingga final South East Asia Major 2016 semuanya dibanjiri gamer yang mendukung jagoan masing-masing. Bahkan booth PlayStation pun khusus digunakan untuk menghelat turnamen e-Sports, yang menyebabkan demo-demo game mereka “pindah” ke booth Toys or Game.

Antusiasme pengunjung terhadap turnamen e-Sports juga sangat gila. Setiap pertandingan hampir tidak pernah sepi penonton!

5

Kontingen Indonesia Berjaya!

fakta menarik gamestart asia 2016
Adrian “Meat”, Jawara Tekken 7 dari Indonesia

Meskipun digelar bukan di rumah sendiri, namun gamer dan cosplayer Indonesia ikut berjaya di GameStart Asia 2016. Pertama ada Adrian “Meat”, gamer Tekken yang berhasil menjadi jawara turnamen Tekken 7 se-Asia Tenggara, dan bakal menjadi wakil Asia Tenggara di pentas dunia. Lalu ada juga cosplayer dari Indonesia, Daniel Adi Putera yang ber-cosplay menjadi Junkrat (Overwatch) berhasil menyabet gelar Best in Show di kompetisi Game On! Cosplay Runway.

fakta menarik gamestart asia 2016
Daniel Adi Putera dengan Cosplay Junkrat-nya

Psst, tim Duniaku juga jadi salah satu juara lho, tepatnya di turnamen perdana Gears of War 4 yang digelar di hari pertama. Bemain satu tim dengan dua jurnalis asal Vietnam, Duniaku sukses memenangkan pertandingan Team Deathmatch Gears of War 4 yang digelar Xbox. Lumayan.. Hehe

1
2

SHARE
Previous articleDi Jepang PSVR Bisa Laku Keras, 3 Hal Inilah Penyebabnya!
Next articleNgaku Deh, Kamu Pasti Pernah Percaya 5 Hoax Harvest Moon Back to Nature yang Melegenda Ini!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.