Apa itu League of Legends? Perkenalan Bagi Kamu yang Ingin Mulai Bermain

apa-itu-lol-featured
Sumber: jo-online.vsb.bc.ca

Catatan ini akan memperkenalkan kamu kepada “kulit” dari game MOBA terpopuler (jumlah pemain terbanyak) di dunia, mulai dari konsep dasar permainan hingga bagaimana kamu bisa berkarir sebagai pemain profesional.


Game MOBA dengan jumlah pemain terbanyak di dunia, League of Legends, semakin mantap melangkahkan kakinya di Indonesia. Di bawah penerbit Garena, komunitas dan ranah League of Legends di Indonesia semakin berkembang. Terbukti dari meriahnya final League of Legends Garuda Series (LGS) Season 7 di Balai Sarbini, Jakarta, pada akhir Juli kemarin.

Melihat hype yang begitu besar, beberapa dari kamu mungkin merasa ingin mencoba bermain League of Legends. Seperti apa sih rasanya memainkan game ini? Apakah seru? Bagaimana ranah kompetitif game ini?

Say no more. Dalam artikel ini saya akan membantumu berkenalan dengan League of Legends. Mari kita mulai.

Jadi, League of Legends itu game seperti apa?

Di awal artikel ini kamu dapat mengetahui kalau League of Legends adalah sebuah game PC bergenre MOBA, multiplayer online battle arena. Kamu akan bertemu dengan pemain lain di dalam sebuah arena pertempuran, dan harus menyelesaikan objektif tertentu (biasanya menghancurkan sesuatu) untuk memenangkan pertandingan.

Dalam League of Legends, kamu akan bermain lima lawan lima. Rekan dan lawanmu adalah orang yang dipilih oleh sistem secara acak sesuai dengan kemampuanmu. Namun, kamu juga bisa bermain bersama dengan hingga empat orang temanmu dengan menggunakan fitur Party. Masing-masing tim memiliki objektif yang sama, yaitu menghancurkan Nexus musuh.

Tunggu sebentar, apa itu Nexus?

Oh iya maaf, saya lupa kalau kamu masih asing dengan League of Legends. Arena bermain League of Legends memiliki sebutannya sendiri, yaitu Summoner’s Rift. Arena ini berbentuk segi empat, yang dibagi hampir identik secara diagonal dari kiri atas ke kanan bawah oleh sungai.

Kamu adalah seorang Summoner, atau seperti itu sebutannya. Seorang Summoner, akan mengontrol seorang Champion yang nantinya bertanggung jawab untuk mengalahkan para musuh, dan pada akhirnya menghancurkan kristal besar yang terletak di tengah-tengah markas musuh, atau disebut sebagai Nexus.

apa-itu-lol-1
Nah ini peta League of Legends atau yang biasa disebut dengan Summoner’s Rift

Champion kamu dapat meningkatkan levelnya dengan membunuh Minion atau Champion musuh. Semakin tinggi level, maka akan semakin kuat juga kemampuan yang dipelajari. Selain level, Champion juga akan mendapatkan Gold yang nantinya dapat digunakan untuk membeli item supaya ia lebih kuat.

Oh seperti itu. Jadi, kurang lebih mirip dengan “game tetangga” dong?

Ya, bisa dibilang seperti itu. Tetapi banyak kok hal yang membedakan League of Legends dari “game tetangga”. Misalnya saja grafis, League of Legends menggunakan gaya cel shading (Grafis 3D yang di shading dengan gaya kartun 2D), tempo permainan yang relatif lebih cepat, dan banyaknya unsur skillshot di dalamnya.

League of Legends memiliki 132 Champion yang dapat digunakan dalam permainan. Masing-masing memiliki peran terbaiknya masing-masing. Berbicara soal peran, di dalam League of Legends, terutama pada ranah kompetitif, peran dari masing-masing Champion sudah jelas dan pasti.

Ketika menonton sebuah pertandingan kompetitif, pasti ada lima peran berbeda, yaitu Top Lane, Jungle, Mid Lane, AD (attack damage) Carry, dan Support. Dulu sempat populer AP (ability point) Carry, tetapi meta saat ini sudah jarang sekali melihat AP Carry di lane bawah. Oh iya, AD Carry dan Support dari kedua tim akan selalu menempati lane bawah. Bisa dibilang, League of Legends ini lebih “terstruktur”.

Menarik, saya mau coba! Bagaimana cara memulainya?

Di Indonesia, League of Legends hadir di bawah lisensi penerbit dari Garena Indonesia. Jadi, kamu harus mengunduh client Garena+ terlebih dahulu, kemudian mengakses League of Legends dari sana. Tautan untuk mengunduh Garena+ dapat kamu akses di sini.

Di dalam client Garena+, kamu harus mengunduh League of Legends terlebih dahulu sebelum memainkannya. Jika sudah selesai mengunduh, kamu dapat langsung bermain.

Sebagai permulaan, kamu akan melewati tutorial terlebih dahulu untuk membiasakan diri dengan segala macam elemen dasar dalam permainan, mulai dari cara bergerak, menyerang, mengeluarkan skill, membeli item, hingga perkenalan buff dari monster di hutan.

Tunggu sebentar, buff dari monster di hutan?

Jadi, di dalam League of Legends, semua monster netral atau yang berada di hutan memiliki buff untuk membantu kamu dalam pertarungan atau pun menembus pertahanan lawan. Misalnya ketika kamu membunuh Red Brambleback, monster ini akan memberimu buff Crest of Cinders, membuat seranganmu melambatkan musuh dan menerapkan damage per detik.

apa-itu-lol-2
Monster berwarna merah itu namanya Red Brambleback

Namun, ada juga monster yang mengharuskanmu memiliki Summoner Spell Smite terlebih dahulu untuk mendapatkan buff dari mereka. Ah, nanti akan saya jelaskan apa itu Summoner Spell. Kita kembali dulu ke tutorial tadi.

Makin penasaran dengan League of Legends bukan? Lanjut ke halaman dua yaa.

1
2

SHARE
Previous articleLima Fakta Film Jack Reacher: Never Go Back yang Kamu Harus Tahu
Next articleMotion Poster Power Rangers 2017 Pamerkan Helm Para Rangers!