Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Supercell baru saja memberikan update di CoC. Inilah desain TH 8 dan TH 11 terbaik yang dDilengkapi dengan Bomb Tower yang sangat membantumu!

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Supercell baru saja memberikan update di Clash of Clans. Inilah desain TH 8 dan TH 11 terbaik, dilengkapi dengan Bomb Tower yang sangat membantumu bertahan, baik saat farming ataupun Clan War.

[read_more id="272168"]

Supercell memberikan update Clash of Clans yang sangat keren di bulan Oktober 2016 ini. Salah satunya adalah memberikan nerf kepada beberapa bangunan pertahanan yang sebelumnya sudah ada, serta memberikan bangunan baru yang bernama Bomb Tower. Kemampuan dari bangunan pertahanan baru ini mirip dengan Wizard Tower, tetapi bangunan tersebut tidak mampu menyerang udara.

Munculnya Bomb Tower ini pastinya akan mengubah desain TH 8 ke atas milikmu, karena memang bangunan ini baru muncul saat kamu memasuki TH 8. Karena Bomb Tower tidak bisa menyerang udara, maka kamu harus menempatkannya secara pas, berdekatan dengan Air Defense agar dapat terjaga dengan baik. Kali ini saya akan memberikan desain TH 8 hingga TH 11 terbaik setelah update Bomb Tower untuk farming ataupun Clan War.

[page_break no="1" title="Desain TH 8"]

Karena Bomb Tower muncul di TH 8, saya yakin desain TH 8 saat ini banyak yang berubah. Melalui pengalaman, Hog Rider merupakan unit populer yang digunakan untuk menyerang di TH 8 saat Clan War di update terbaru ini. Hal ini dikarenakan Giant Bomb kini tidak akan membunuhnya dalam sekali ledakan. Jadi kita harus waspada dengan unit penunggang babi hutan ini.

TH 8 Farming Base - Hybrid

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Desain TH 8 farming base ini merupakan type Hybrid, karena TH yang kita miliki juga akan dijaga. Kali ini akan menggunakan Bomb Tower di sisi kiri, sedangkan Hidden Tesla akan menjaga inti dari base kita yaitu TH dan Dark Elixir. Karena saat multiplayer, Hog Rider jarang digunakan karena mahal (Dark Elixir), biasanya mereka menggunakan Giant, Barbarian, dan Archer untuk menyerang. Dengan pertahanan lapis empat ini, kamu bisa menjaga sumber daya milikmu dengan baik.

TH 8 War Base - Anti Hog Rider

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Untuk Clan War di TH 8, biasanya menggunakan Golem dan Hog Rider untuk menyerang, apalagi setelah update terbaru ini, tidak ada unit pertahanan yang ampuh melawannya. Jadi kamu harus memperketat penjagaanmu agar mereka tidak dapat menerobos masuk melewati wall milikmu. Nah, desain TH 8 anti Hog Rider ini sangat membantumu dalam bertahan. Banyak bangunan di depan yang berjarak renggang juga membuat Hog Rider semakin memakan waktu untuk menghancurkan bangunan. Untuk Barbarian King Altar bisa ditaruh didepan, mengingat ia merupakan unit melee.

[page_break no="2" title="Desain TH 9"]

Setelah desain TH 8, kita beralih ke desain TH 9. Sebenarnya tidak ada yang berubah dari sistem penyerangan musuh. Mereka menyerang menggunakan pasukan darat seperti Barbarian dan Archer. Sedangkan untuk Clan Wars, mereka masih menggunakan Hog Rider atau Dragon dalam menyerang.

TH 9 Farming Base - Hybrid

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Desain campuran yang sama dengan desain TH 8 diatas, dan sangat susah untuk ditembus! Bomb Tower diletakkan di dekat Giant Bombs, sehingga sangat cocok untuk menghalau pasukan darat seperti Barbarian atau Golem. Bahkan juga sangat baik untuk melawan Valkyrie. Kombo pertahanan tersebut dapat menghabisi pasukan musuh sebelum mereka dapat menjatuhkan Healing Spell. Pertahanan lapis depan juga sangat ketat, sehingga kamu tidak akan bisa menembusnya dengan prajurit tier rendah.

TH 9 War Base - Anti 3 Star Base

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Merupakan desain Clan War yang unik, karena TH kita berada di depan, memungkinkan musuh untuk mendapatkan satu bintang dengan mudah. Tapi susunan pertahanan bangunan lainnya menjadi sangat ketat, sehingga musuh tidak mampu menghabisi seluruh bangunan yang ada (3 bintang). Desain TH 9 ini juga renggang antar wall, sehingga tidak mudah dihancurkan oleh Earth Quake Spell. Untuk Queen Archer Altar akan menjaga bagian tengah, sedangkan Barbarian King Altar menjaga bagian luar di sisi kiri.

[page_break no="3" title="Desain TH 10"]

Dengan adanya Inferno Tower dan dua Bomb Tower, kita tidak perlu takut akan serangan Hog Rider pada saat Clan War mulai. Saat ini musuh pasti akan menggunakan berbagai kombo serangan yang beragam. Jadi kita harus mendesain pertahanan serapi mungkin, baik untuk pertahanan darat dan udara. Gambar dibawah ini diambil dari akun TH 11, tetapi semua bangunan lainnya masih bangunan TH 10.

[read_more id="272490"]

TH 10 Farming Base - Hybrid

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Sama dengan sebelumnya, desain TH 10 hybrid ini bisa kamu gunakan untuk farming. Tujuan utamamu adalah melindungi Dark Elixir dan TH di tengah. Bangunan utama dijaga oleh Inferno Tower. Setelah itu dilapis berikutnya baru ada tangki Elixir dan Gold. Setiap sudut dijaga ketat dengan pertahanan yang dilindungi 1 wall renggang, membuat musuh susah untuk menyerang. Oh ya, berbeda dengan desain TH 8, kali ini Bomb Tower akan ditaruh di layer belakang, karena kini serangan musuh di TH 10 mampu menghancurkan bangunan layer depan dengan mudah.

TH 10 War Base - Anti Earth Quake

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Desain War Base TH 10 ini untuk mengatasi Earth Quake. Intinya tetap sama, melindungi TH di tengah, yang dijaga oleh Inferno Tower dan Bomb Tower (di gambar masih dalam tahap upgrade pembangunan). Penjagaan ketat TH yang dikelilingi bangunan penjaga ini sangat susah untuk ditembus. Apalagi terdapat pelindung udara (Air Defense) yang disiapkan di keempat sudutnya, Dragon dan Balloon juga pasti susah untuk menembus.

[page_break no="4" title="Desain TH 11"]

TH 11 merupakan yang paling banyak berubah di update Clash of Clans bulan Oktober 2016 ini. Hal ini dikarenakan adanya penambahan Bomb Tower serta upgrade level-nya hingga level 5, serta 25 penambahan Wall baru, yang justru jarang dipakai karena keterbatasan Gold untuk membangunnya. Namun ini adalah ujung dari TH, belum ada TH 12, jadi kamu bisa tenang jika semua bangunanmu sudah ter-upgrade. Oh ya, di TH 11 ini ada beberapa bangunan baru, termasuk Eagle Artillery yang sangat kuat!

TH 11 Farming Base - Hybrid

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Kita berada di TH 11, dimana musuh bisa saja menggunakan pasukan kegelapan (Dark Elixir) untuk menyerang! Jadi pastikan base yang kamu miliki mampu menangkal prajurit paling menjengkelkan seperti Miner dan Bowler! Tapi tenang saja, di desain TH 11 ini berbasiskan "ring" atau desain melingkar, dimana TH tengah dilindungi Wall berlapis melingkar, dengan Bomb Tower di luar untuk memberikan damage secepatnya di awal pertempuran. Susunan ini juga sangat efektif untuk mengalahkan Valkyrie, apalagi serangan Barbarian dan Archer. Dengan bantuan Eagle Artillery, kini penjagaan tangki Elixir dan Gold semakin ketat, karena jarak serangnya yang sangat jauh.

TH 11 War Base - Focus on Center

Desain TH 8 Sampai TH 11 Terbaik dengan Bomb Tower di Update CoC Terbaru!

Desain War Base TH 11 ini akan terfokus pada tengah, yang dilindungi oleh bangunan pertahanan yang sangat kuat seperti Inferno Tower di kedua sisi. Tak ketinggalan di sisi kanan dan kiri dipasang dua X-Bow, pastikan kamu memberikan mode udara dan darat. Sementara Tesla menjaga bagian atas, Wizard Tower menjaga bawah. Di bagian tengah, terdapat Eagle Artillery yang akan menyerang jarak jauh dengan kekuatan yang kuat. Untuk setiap Hero Altar diberikan di lapis 2, menjadikan bangunanmu semakin aman dari serangan musuh. Mereka juga sangat menghambat pasukan musuh untuk menuju lapis Wall berikutnya di Base milikmu.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU