Horizon Zero Dawn Kembali Perlihatkan Kehancuran Masa Depan Manusia

Horizon Zero Dawn

Horizon: Zero Dawn Gambarkan Manusia Nyaris Punah, dan Bumi Kembali ke Era Prasejarah

Horizon: Zero Dawn Gambarkan Manusia Nyaris Punah, dan Bumi Kembali ke Era Prasejarah, guide Horizon: Zero Dawn video, preview Horizon: Zero Dawn review
Baca Juga

Masuk menjadi salah satu game yang menerima penghargaan Japan Game Awards 2016 Future Division selama TGS 2016 lalu, sudah cukup menempatkan Horizon Zero Dawn masuk daftar teratas game eksklusif PlayStation 4 yang paling dinantikan kehadirannya. Game yang akan dirilis untuk PlayStation 4 pada 28 Februari 2017 mendatang di Amerika Utara, dan 1 Maret 2017 di Eropa, serta menyusul 3 Maret 2017 di Inggris Raya ini kembali diperlihatkan progress pengembangannya melalui video terbarunya yang bisa kalian lihat di bawah ini:

Horizon Zero Dawn – Evolution of the Machines Video | PS4

Video di atas memperlihatkan bagaimana tim pengembang dalam mendesain musuh kalian, mesin yang memiliki gerakan dan karaktristik seperti binatang, dan bagaimana gameplay karakter kalian, Aloy selama melawan mereka. Yang baru diperlihatkan di sana adalah Snapmaw, mesin besar yang berkeliaran di sekitar area perairan, dan dari gerak-geriknya sepertinya dia berbasis buaya raksasa. Seperti mesin raksasa lainnya, Aloy membutuhkan strategi khusus untuk mengalahkannya, karena memang setiap mesin memiliki ukuran tubuh berbeda (ada yang sebesar dinosaurus), dan mereka pun bergerak dan menyerang dengan pola yang berbeda.

horizon-zero-dawn-2
Musuh yang dihadapi Aloy ada yang ukurannya puluhan kali tubuhnya…
horizon-zero-dawn-3
Melawan mesin, kalian juga bisa menunggangi mesin… yang sudah jinak tentunya!

PlayStation 4 Pro vs Project Scorpio, Memilih Konsol Game Terkuat Sejagat!

PlayStation 4 Pro vs Project Scorpio, Memilih Konsol Game Terkuat Sejagat! Harga PlayStation 4 Pro Spec, harga Project Scorpio spec
Baca Juga

Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, Horizon: Zero Dawn merupakan game action RPG dengan setting open-world yang sebelumnya direncanakan rilis tahun 2016 ini, namun kemudian ditunda sampai tahun depan. Informasi masih sangat minim, hanya disebutkan kalian bakal memerankan seorang pemburu wanita bernama Aloy, yang menjelajahi dunia masa depan pasca kehancuran besar / post-appocalyptic dan juga juga bertolak belakang dari apa yang biasanya kalian temui dalam setting fiksi ilmiah yang modern dalam sebuah Killzone yang selama ini ditangani developer game ini, Guerilla Games.

horizon-zero-dawn-4
Alat seperti bluetooth headset di telinga Aloy sangat canggih, bisa memberi informasi besar musuh, jarak dengan mereka, dan juga informasi musuh yang akan dihadapi Aloy
horizon-zero-dawn-5
Yang satu ini ukurannya kecil, namun bakal merepotkan jika muncul berkelompok, karena mengejar kemana pun karakter melangkah.

Di masa depan game ini, manusia tidak lagi menjadi spesies yang dominan, evolusi baru justru menarik mereka kembali seakan ke jaman prasejarah, dengan peradaban baru yang disebut mesin menguasai. Mereka diperlihatkan dalam bentuk perpaduan robot dan binatang, karena dari luar diperlihatkan memiliki rangka dan mekanis mesin, namun mengenali keadaan lingkungan alam sekitarnya, dan memiliki ciri khas binatang.

horizon-zero-dawn-6
Sekilas kami melihat rusa di sana…
horizon-zero-dawn-8
Atau mesin yang bentuknya susah dipahami seperti ini

Daftar Lengkap PlayStation 4 Pro Games dan Apa Saja Efek Visual yang Ditambahkan!

Daftar Lengkap PlayStation 4 Pro Games dan Apa Saja Efek Visual yang Ditambahkan! Daftar game PlayStation 4 Pro, game PS4 Pro games, harga PS4 Pro price
Baca Juga

Selama event PlayStation Meeting 2016 yang digelar awal September 2016 lalu, Sony Interactive Entertainment dan Guerrilla Games memperlihatkan bagaimana game ini ketika dijalankan dengan tampilan grafis Ultra HD menggunakan PlayStation 4 Pro. Sejak E3 2016, Sony sudah memastikan jika game ini masuk daftar game kelas AAA yang bakal mendapatkan perlakuan khusus ketika dimainkan menggunakan PlayStation 4 Pro.

Horizon Zero Dawn – Gameplay Trailer | PS4 Pro 4K 

Dalam Horizon: Zero Dawn, Bumi dianggap telah mengalami kehancuran, kota-kota modern tertutupi tanaman yang tumbuh subur, alam telah mengambil alih peradaban yang terlupakan, dan manusia seakan kembali ke jaman prasejarah. Namun kontras dengan hal itu, ternyata manusia tetap didukung dengan teknologi canggih. Mereka bukan makhluk yang mendominasi bumi, namun mesin berteknologi canggih yang kini berada di puncak rantai makanan. Akhirnya manusia pun hidup dalam masyarakat tribal, dalam kelompok kecil yang masih dipengaruhi oleh adat dan tradisi, dan mereka bertahan hidup dengan memburu makhluk (menurut kami, pantas juga disebut monster) yang berbentuk mirip dinosaurus, namun terbuat dari mesin.

horizon-zero-dawn-9
Setiap mesinpunya titik kelemahan dan cara tersendiri dalam mengalahkannya… walau kalian cukup berbekal busur dan anak panah
horizon-zero-dawn-10
Untuk menjangkau kepala musuh berukuran ratusan kali lebih besar dari badan karakter, kalian juga butuh hoverboard melayang seperti ini…

Ada kata berburu, dan juga makhluk dengan bentuk yang mengingatkan pada dinosaurus. Hmmm, jadi ingat Monster Hunter nih! Atau mungkin ini versi mesin dari dinosaurus dalam Jurassic World? Selama permainan kalian bakal mengetahui bagaimana makhluk mesin mendominasi dunia, dan apa tujuan mereka, serta bagaimana nasib peradaban yang eksis sebelum para manusia yang kini hidup dalam kelompok kecil. Jawabannya akan ditemui ketika kalian menemukan barang peninggalan kuno dan bangunan misterius yang ditemui selama permainan.

horizon-zero-dawn-11
Ya, untuk mengalahkannya kalian harus naik ke atas kepalanya yang mirip pesawatnya alien itu…
horizon-zero-dawn-12
Kalau yang ini, tunggu saja sambil ngumpet di pepohonan sebelum menyerangnya…

Aloy di sini menjadi salah satu anggota masyarakat tribal yang diceritakan dalam game, Dia baru belajar memburu mesin. Ingin mengungkap banyak misteri yang menyelimutinya, Aloy melakukan perjalanan yang justru membuatnya menemukan takdirnya sendiri. Sepanjang petualangannya, dia bakal bertemu monster mesin, ada yang berkelompok, ada yang berkeliaran sendiri, namun semuanya menjadi ancaman yang berbahaya. Kalian sampai perlu mengenali kebiasaan, pola serangan, dan titik kelemahan mereka agar selamat jika mereka menyadari keberadaan Aloy. Dan karena fokusnya berburu, kalian bisa memanfaatkan lingkungannya yang digambarkan begitu subur dan indah, menerapkan stealth, bergerak cepat, untuk mengecoh buruan dan menghabisi mereka tanpa mereka menyadari keberadaan karakter.

horizon-zero-dawn-13
Kami jadi ingat Shadow of the Colossus ketika berhadapan dengan momen seperti ini. Ternyata mesin berkepala UFO ini hanya bisa dilumpuhkan ketika kepalanya diserang!
horizon-zero-dawn-14
Dengan musuh sebesar ini, butuh dunia open-world super luas untuk menjadi latar tempatnya…

Horizon Zero Dawn, Seperti Ini Jadinya Jika Dinosaurus Jurassic World Terbuat Dari Mesin!

Horizon Zero Dawn, Jika Dinosaurus Jurassic World Terbuat Dari Mesin! Gambar Horizon Zero Dawn, gambar Jurassic World, review Jurassic world
Baca Juga

Selama berburu, Guerrilla Games juga menerapkan sistem crafting agar Aloy bisa memperlengkapi dirinya dalam Horizon: Zero Dawn. Dia tinggal menggabungkan material alam dengan bagian mesin buruannya menjadi senjata, amunisi, jebakan, dan peralatan lainnya. Selain bertarung cerdas, kalian juga perlu memilih item yang tepat, pada saat yang tepat, untuk mengeksploitasi titik lemah mesin, dan melumpuhkan mereka, bahkan yang berukuran masif sekalipun, dengan cara yang mudah.

Hmmm, jagoan wanita, bertahan hidup di alam liar, ada sistem crafting, mengingatkan kami pada Rise of the Tomb Raider. Hanya saja tidak bisa dipungkiri, aspek berburunya tidak bisa dilepaskan dari Monster Hunter. Bagaimana menurut kalian, apakah Ayla ini cocok untuk menjadi jagoan cewek baru dari dunia game, cantik, tangguh dan mematikan seperti halnya Lara Croft?

Sumber: PlayStation


SHARE
Previous articleAlur Cerita Jurassic World 2 Ternyata Akan Men-‘Jiplak’ Film Star Wars!
Next articleInilah Delapan Monster Ultraman Paling Populer di Mata Fans!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.