Star Ocean Anamnesis, Seri Mobile yang Berhubungan Dengan Serial Utamanya

Star Ocean Anamnesis

Akhirnya Square Enix membocorkan latar belakang cerita Star Ocean Anamnesis, game mobile yang masih ada hubungan dengan serial utama dari Star Ocean.

Square Enix membocorkan akan adanya serial Star Ocean versi mobile pada awal bulan Oktober 2016 ini. Namun detailnya sendiri baru diberikan Square Enix pada tanggal 20 Oktober 2016 kemarin. Square Enix dan tri-Ace baru saja merilis website resmi dari Star Ocean Anamnesis, game RPG ala Jepang yang akan meneruskan seri utama Star Ocean yang kita ikuti selama ini.
Menariknya, Star Ocean Anamnesis ini merupakan game mobile yang bisa dengan gratis dimainkan! Meskipun gratis, nantinya akan ada sistem micro-transaction yang memungkinkan pemain untuk membeli barang in-game menggunakan uang asli.
Hingga saat ini pendaftaran game ini sudah dibuka dan akan segera rilis pada tahun 2016 ini di Jepang. Pihak pengembang juga memberikan trailer perdana yang menejelaskan tentang lini waktu perjalanan Star Ocean dari seri pertama hingga terakhir. Langsung saja berikut ini video trailer game tersebut.

 

Setting dari Star Ocean Anamnesis ini adalah pada rentan waktu 539 S.D, dua tahun setelah pertempuran antar Federasi Pangalactic dan Kronos selesai, yang dimenangkan oleh pihak Federasi. Bisa dibilang dua tahun setelah kejadian di Star Ocean V. Sementara itu, pesawat perang GFSS-3214F yang biasanya digunakan untuk eksplorasi menjelajah ruang angkasa, disambat sebuah tragedi.

Dalam perjalanan pulang dari suatu misi penyelidikan, pesawat tersebut diserang oleh tiga pesawat bajak laut, sehingga lambung pesawat GFSS-3214F mengalami kerusakan besar. Banyak kru menyelamatkan diri, tetapi kapten tetap dibelakang melindungi kapal. Ia memutuskan untuk mengaktifkan “warp hyperspace” secara darurat. Namun karena pengaruh gravitasi, akhirnya “warp” gagal. Ingatan sang kapten pun lenyap ditelan kegelapan.

Star Ocean Anamnesis

Sang kapten terbangun di galaksi yang jauh dari wilayah Federasi, tepatnya disebuat planet yang berisi tempat buangan. Sang kapten pun melakukan investigasi menggunakan pesawatnya untuk memahami situasi planet tersebut.

Dalam perjalanannya, kapten bertemu seorang wanita yang dikejar mahkluk yang berbahaya di sebuah gurun tak berpenghuni. Keduanya pun bertemu dan terdorong ke sudut, tetapi berhasil merikan diri ke orbit satelit dari planet tersebut. Hal itu dikarenakan sang perempuan misterius tersebut mampu menggunakan kekuatan symbology untuk men-summon pejuang dari serial Star Ocean!

Setelah selamat mereka memutuskan untuk kembali ke bumi, tetapi jarak yang dibutuhkan sangat panjang. Selain itu, pesawat tersebut juga sudah kehilangan energi, bahkan tak mampu memasang perisai. Namun sang perempuan tersebut mampu menggunakan symbology misteriusnya untuk membantu sang kapten kembali ke bumi. Petualangan mereka pun bersambung ke permainan Star Ocean Anamnesis! Jadi sudah siap kah kamu, hai kapten?!

Star Ocean Anamnesis

Dalam Star Ocean Anamnesis, tak hanya karakter-karakter orisinal dari semua serial Star Ocean saja yang akan muncul. Tetapi juga ada dua karakter orisinal baru yang akan dimunculkan dalam game ini, mereka adalah:

1

Ivlish

Star Ocean Anamnesis

Perempuan misteriyus yang akan kamu temui di planet yang terbuang, setelah pesawat perangmu gagal menggunakan “hyperspace warp.” Ia memiliki symbology unik yang sebelumnya belum pernah ada, yaitu mampu men-summon para petarung. Ivlish tak memiliki kemampuan untuk bertarung, tetapi ia akan menjadi penolongmu untuk bisa kembali ke bumi.
Ia juga memiliki kemauan keras, sehingga seringkali menggunakan nada keras dalam percakapannya. Namun ia melakukan hal tersebut lantaran mengkhawatirkan teman-teman yang ada disekitarnya. Ivlish sendiri mengalami amnesia, ia tak ingat masa lalunya. Dilihat dari percakapannya dengan Coro, tampaknya ia memiliki adik lelaki. Karakter cantik ini disuarakan oleh Sumire Uesaka (Chuchu – Show By Rock!).
2

Coro

Star Ocean Anamnesis

Robot lucu ini merupakan operator dari pesawat tempurmu. Nama aslinya adalah Type OCAI-880-56, tapi karena sulit dieja, panggil saja dia Coro! Ia diciptakan untuk memimpin suatu operasi dengan cepat menggunakan sistem komunikasi yang lemah lembut. Namun karena kapasitasnya terlalu pintar, ia mampu mengekspesikan emosionalnya.
Untung sang kapten tak mengembalikan ke pabrik model AI tersebut, sebab sebagian besar model Robot ber-AI seperti Coro sudah banyak yang dikembalikan ke pabrik (mungkin karena terlalu pintar dan cara bicaranya cukup menjengkelkan dan cerewet banget, Hahaha). Kini ia akan menemani kapten dan Ivlish dalam berpetualang menuju bumi. Jangan kaget jika suaranya tak asing ditelingamu, karena karakter lucu ini disuarakan oleh Ryusei Nakao, pengisi suara Frieza dari anime Dragon Ball!
Star Ocean Anamnesis
Sedangkan untuk sistem pertempuran yang dihadirkan dalam game ini sepenuhnya menggunakan grafis HD, dengan render 3D ala anime! Bahkan grafis yang dihadirkan akan sekelas game konsol loh! Untuk kontrolnya, masih menggunakan tipe pertempuran real-time, yang menjadi andalan Star Ocean.
Namun akan ada sistem baru yang akan diterapkan untuk memberikan kontrol intuitif dan pertarungan penuh aksi yang menyenangkan. Untuk menavigasikan karakter, kamu bisa melakukan “swipe” dengan bebas. Ketika kamu ingin menyerang, kamu bisa melakukan “tap.” Terakhir, untuk menghindari serangan musuh, kamu bisa melakukan “flick” di layar smartphone-mu.
Star Ocean Anamnesis
Setiap karakter akan memiliki skill yang berbeda, dimana kamu bisa memilih beberapa skill untuk menggunakannya. Oh ya, masing-masing skill akan mengkonsumsi AP (action Point), jadi kamu harus bijak dalam menggunakannya.
Jika AP yang kamu miliki mencapai 100 (tidak kamu gunakan untuk menggunakan skill), maka kamu bisa melancarkan serangan spesial yang disebut “Rush Combo.” Kamu bisa menggunakannya secara berurutan sebanyak mungkin sesuai dengan karakter yang kamu bawa dalam satu party. Maksimal, kamu bisa membawa empat anggota dalam satu party. Kamu juga bisa melakukan permainan multiplayer dengan tiga pemain lainnya secara online.
Star Ocean Anamnesis
Star Ocean Anamnesis memang akan segera rilis di Jepang pada tahun ini untuk Android dan iOS. Semoga saja kedepannya pihak Square Enix dan tri-Ace juga merilisnya untuk secara global, melihat banyaknya penggemar Star Ocean di luar Jepang.
Diedit oleh Fahrul Razi

SHARE
Previous articleInilah 5 Karakter Nenek Terkuat di Anime Pilihan Fans Jepang. Kamu Setuju?
Next article5 Anime Fighting Sebelum Naruto Eksis yang Tak Kalah Seru
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.