Nintendo Switch: Masa Depan Dunia Game Bukan Virtual Reality dan Grafis 4K

Nintendo Switch

Resmi! NX Adalah Nintendo Switch, Konsol Game yang Bisa Dibawa Keluar Rumah

Resmi! NX Adalah Nintendo Switch, Konsol Game yang Bisa Mobile! Spesifikasi Nintendo Switch Spec, harga Nintendo Switch, game Nintendo Switch
Baca Juga

Akhirnya Nintendo mengungkapkan identitas Nintendo NX yang selama ini masih menjadi kode nama untuk platform game baru mereka, 20 Oktober 2016 kemarin. Nintendo Switch merupakan nama resmi untuk NX, yang selama ini menjadi nama konsol game terbarunya mereka ini, yang sekaligus juga bisa dibawa kemana-mana sebagai mesin game portable (handheld). Konsol game hybrid ini bakal dirilis Maret 2017 mendatang.

Bedah Tren Pertumbuhan Game Mobile Asia dan Dunia Bersama App Annie

Dalam Casual Connect Asia 2015 ini, App Annie membeberkan banyak data mengenai tren pertumbuhan game mobile di Asia dan dunia. Seperti apa?
Baca Juga

Seperti kebiasaan Nintendo yang sudah kita kenal selama ini, mereka selalu meletakkan inovasi di atas teknologi terkini. Platform game baru mereka ini melanjutkan estafet Nintendo Wii U yang “dimatikan” lebih awal ketika para rivalnya sudah ancang-ancang berencana masuk ke ranah virtual reality dan visual beresolusi tinggi Ultra HD. Nintendo sepertinya merasa dengan inovasi kontroler bersensor gerak dan juga layar eksternal atau yang beken dengan sebutan second screen melalui Wii GamePad yang mereka ajukan melalui Wii U tidak sanggup bersaing, atau, sepertinya memang tidak sesuai yang mereka harapkan (hanya laku 13 juta unit dari target 100 juta unit).

Tren Video Game: Menegaskan Peran Smartphone dan Tablet Sebagai “Second Screen”

Apa saja yang akan menjadi tren di dunia game setelah kehadiran konsol game terbaru setengah tahun belakangan? Berikut yang akan menjadi tren dalam industri game menurut prediksi Duniaku.
Baca Juga

Karena seperti yang sudah kami prediksikan bertahun-tahun lalu, mobile gaming adalah bagian terpenting industri game, dan Nintendo mulai membidik pasar yang satu ini, mengingat dua kompetitor mereka sepertinya lebih sibuk dengan mahalnya teknologi virtual reality dan pencapaian visual 4K. Sesuatu yang sepertinya menjadi prioritas nomer kesekian ketika kita membicarakan konsep bermain game secara mobile. Dan Nintendi sepertinya memilih strategi baru yang tepat, mereka ikut terjun memanfaatkan perkembangan game mobile yang kian pesat saja akhir-akhir ini, namun dengan tidak serta-merta meninggalkan industri game konsol yang selama ini membesarkan mereka.

nintendo-switch-3
Nintendo kembali merevolusi pengalaman bermain video game konsol (dan, sekaligus handheld)

Apa yang telah disampaikan Nintendo melalui Nintendo Switch seakan menjadi babak baru bagaimana cara bermain video game (konsol) bakal kembali direvolusi oleh Nintendo. Seperti yang diungkapkan CEO The Pokemon Company, Tsunekazu Ishihara, Nintendo Switch (sebelumnya dia menyebutnya sebagai NX) akan mengubah konsep yang selama ini terpaku pada perangkat konsol rumah atau perangkatgenggam.

Sony Interactive Entertainment memang sudah melakukannya dengan Cross-Play dan Cross-Save, untuk membawa permainan konsol ke PlayStation Vita, namun ternyata tidak berkembang, dan realitanya, tidak semua game konsol PlayStation bisa dimainkan dengan baik melalui handheld. Di luar konsol game, nVidia juga pernah melakukannya dengan tablet Shield mereka, untuk men-streamingkan game PC. Namun sepertinya kalian tidak akan bisa sangat mobile ketika melakukan hal itu, karena sentralnya tetap berada pada PC. Dan Nintendo Switch adalah solusinya. 

Nintendo sukses menggabungkan keduanya...
Nintendo sukses menggabungkan keduanya…

Menurut Nintendo, selain menawarkan pengalaman single-player dan multiplayer di rumah, Nintendo Switch juga memungkinkan kalian memainkan game yang sama yang dimainkan dengan tampilan lebar HDTV di rumah ketika kalian mobile, kapan pun, dimana pun. Nintendo Switch tetap bisa kita sebut sebagai konsol, namun mendapatkan aspek mobilitas sebuah handheld. Hasilnya, pengalaman bermain game yang belum pernah kita rasakan sebelumnya.

nintendo-switch-13
Kebalikannya Wii U, “otak” dari Switch adalah handheld-nya… jika Wii U, mesin utamanya adalah Wii U yang biasanya ngumpet di belakang televisi… sedangkan Wii U Game Pad hanya berperan sebagai kontrolernya.
nintendo-switch-8
Konsol game untuk bisa seperti ini pasti butuh biaya (modif mobil) yang cukup mahal…

Ketika berada di rumah, Nintendo Switch kalian tempatkan di atas docking station Nintendo Switch yang menghubungkannya ke televisi, dan kalian bisa mulai bermain dengan keluarga dan teman dengan kenyamanan kamar pribadi atau ruang keluarga. Kemudian ketika kalian mengangkatnya dari docking tersbut, otomatis Nintendo Switch berganti ke mode handheld (dari situlah asal kata switch, transisi dari mode konsol dan handheld), dan kalian mendapatkan kontrol serta visual yang sama seperti ketika memainkannya melalui televisi. Ya, tentu saja, dengan ukuran layar yang berbeda. Namun ketika menyinggung mobilitas, apa ada yang lebih baik ketika kalian bisa memainkan game konsol selama bepergian di luar rumah?

Ultimate Tablet Bagi Para Gamer! Shield Tablet Dengan Prosesor Terkuat Mulai Dijual 29 Juli!

Tiga hari yang lalu memang belum resmi. Namun kemarin nVidia resmi meluncurkan Shield Tablet. Nama Shield di sana menjadi identitas bahwa tablet ini menganut jiwa yang sama seperti handheld game Shield.
Baca Juga
nintendo-switch-4
Satu masalah baru, ukuran Joy-Con mungkin terlalu kecil… namun jika referensinya tangan pria bule seperti pada video pengenalannya, harusnya akan pas untuk tangan orang Indonesia…
nintendo-switch-16
Gabungkan dengan aksesoris grip ini untuk mengubah Joy-Con menjadi kontroler tradisional… namun bentuknya sepertinya masih belum nyaman untuk yang bertelapak tangan kecil…

Selama kalian bermain di luar rumah, Nintendo menyediakan dua kontroler di kedua sisi Switch, yang hebatnya juga bisa dilepas untuk pengalaman bermain yang berbeda dari tipikal handheld yang kontrolernya paten menyatu dengan layarnya. Kontroler yang disebut Joy-Con ini bisa digunakan satu pemain dengan masing-masing kontroler dipegang di tangan, atau dua pemain dengan memehang satu Joy-Con, atau jika ada beberapa kontroler Joy-Con, menurut Nintendo kalian juga bisa menggunakannya dengan satu Switch untuk pengalaman bermain multiplayer secara offline. Ketika terpasang, Joy-Con berperan selain sebagai pegangan Switch dalam mode handheld, atau, disatukan dengan aksesoris grip Joy-Con, yang otomatis juga mengubah bentuknya menjadi sebuah kontroler game konsol tradisional.

Masa Depan Industri Game Ada di Tangan Mobile Gaming?

Masa Depan Industri Game Ada di Tangan Mobile Gaming?
Baca Juga
nintendo-switch-2
Joy-Con ini sangat chubby…

Bentuknya agak chubby sih, dan mungkin karena masalah selera, kalian tidak akan menjadikan Joy-Con Switch ketika diubah menjadi kontroler tradisional sebagai sarana kontrol utama selama bermain di rumah. Jika demikian, Nintendo memberikan solusi lainnya, Nintendo Switch Pro Controller yang dijual terpisah. Dan untuk pengalaman multiplayer yang lebih mendalam, bahkan oleh Nintendo bisa diwujudkan menjadi sebuah sarana turnamen eSports (sayangnya baru Splatoon saja sih game yang cocok), beberapa pemilik Nintendo Switch bisa membawa konsol-handheld mereka masing-masing untuk bermain multiplayer secara offline.

Kontroler pro ini sepertinya lebih nyaman digunakan...
Kontroler pro ini sepertinya lebih nyaman digunakan…

Teknologi yang ditawarkan Nintendo Switch mungkin bukan yang terkini, tercanggih, atau mungkin juga yang termahal. Namun Nintendo berhasil menunjukkan beberapa tahun lalu, jika inovasi Nintendo Wii bisa mengalahkan grafis beresolusi tinggi dan konfigurasi hardware yang lebih tinggi nilainya. Kini mereka melakukannya kembali, dan bahkan berhasil memadukan dua dunia yang selama ini memiliki dua kubu penggemarnya masing-masing, console gaming dan mobile gaming.

nintendo-switch-18
Main game konsol (pribadi) di pesawat komersil? Bisa….!!

Keberhasilan Nintendo Switch memang masih perlu dibuktikan oleh waktu, karena kita juga masih menunggu apakah virtual reality yang digadang-gadang menjadi “the-next-big-thing” dunia game benar-benar sukses diterima pasar, dan visual 4K yang selama ini dibanggakan oleh gamer PC juga bisa diterapkan untuk console gaming. Seandainya benar virtual reality dan grafis 4K adalah masa depan dunia game (konsol), Nintendo setidaknya masih memiliki “cadangan” pasar yang bisa dirangkul melalui Nintendo Switch, casual gamer dan handheld gamer yang selama ini masih setia memainkan game menggunakan smartphone, tablet dan handheld.

Menanti Peluncuran NX, Ini yang Perlu Diketahui dari Mesin Game Baru Nintendo

Menanti Peluncuran Nintendo NX, Ini yang Perlu Diketahui dari Mesin Game Baru Nintendo, harga Nintendo NX, spesifikasi Nintendo NX spec
Baca Juga

nintendo-switch-11

Bagaimana menurut kalian Nintendo Switch ini? Maukah kalian membelinya ketika dirilis Maret 2017 nanti? Apakah bakal sukses seperti Wii, atau seumur jagung (dan juga gak laku) seperti Wii U? Tuangkan pendapat kalian melalui kolom komentar di bawah.

First Look at Nintendo Switch


SHARE
Previous articleResmi! NX Adalah Nintendo Switch, Konsol Game yang Bisa Dibawa Keluar Rumah
Next articleRed Dead Redemption 2 Akan Hadir di PS4 dengan Konten Eksklusif
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.