Inilah 7 Channel YouTube Anti Mainstream yang Bisa Bikin Kamu Tambah Pintar

Daripada nontonin vloging-vloging gak jelas, lebih baik kamu tonton channel anti mainstream yang penuh muatan edukasi berikut ini!

Inilah 7 Channel YouTube Anti Mainstream yang Bisa Bikin Kamu Tambah Pintar

Inilah 7 Channel YouTube Anti Mainstream yang Bisa Bikin Kamu Tambah PintarDibanding dengan media sosial lain, perkembangan YouTube di Indonesia belakangan ini begitu pesat. Terlebih dengan maraknya para remaja kreatif yang memanfaatkan YouTube sebagai wadah baru dalam mencari penghasilan.

Tapi yang menjadi kekhawatiran dengan tingginya minat netizen Indonesia terhadap YouTube adalah makin banyaknya konten-konten kurang berkualitas dan tak mendidik yang dibuat oleh para YouTuber. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan dampak buruk yang bakal diterima oleh penonton YouTube yang mayoritas masih di bawah umur.

Nah daripada kamu terjebak dalam channel-channel YouTube kurang mendidik, lebih baik kamu tonton deretan channel YouTube yang bikin pintar berikut ini.


[page_break no="1" title="Crash Course"]


Jika kamu merasa jenuh dengan guru di sekolah yang menerangkan berbagai pelajaran secara membosankan, maka channel Crash Course merupakan solusi tepat memecahkan permasalahanmu tersebut. Channel yang sekarang ini memiliki hampir lima juta subscriber ini memiliki konten beragam mulai dari sejarah, biologi, kimia, fisika sampai ilmu sastra.

Dengan animasi dan infografis yang enggak ngebosenin, membuat kamu bakal betah terus buat menonton channel YouTube yang bikin pintar ini.


[page_break no="2" title="Kurzgesagt"]


Channel YouTube yang bikin pintar selanjutnya adalah Kurzgesagt – In a Nutshell. Channel ini akan memberikan kamu berbagai edukasi penting dengan berbagai pejelasan yang mudah dimengerti.

Sampai saat ini Kurzgesagt telah memiliki lebih dari tiga juta subscriber dengan lebih dari 50 video edukasi yang benar-benar bikin kamu tambah pintar.


[page_break no="3" title="Asapscience"]


Mungkin setelah menonton channel ini, kamu akan mendadak menyukai hal-hal yang berbau science. Disajikan dalam bentuk gambar, membuat berbagai penjelasan ilmiah yang tadinya super rumit bisa kamu pahami dengan mudah. Tak heran channel ini menjadi salah satu channel favorit untuk menambah ilmu pengetahuan.

Sampai saat ini Asapscience memiliki lebih dari lima juta subscriber dengan 190 video yang diunggah seminggu sekali.


[page_break no="4" title="Vsauce"]


Dibawakan oleh Michael, Vsauce adalah channel YouTube yang bikin pintar selanjutnya. Pada intinya, Vsauce akan menjawab segala pertanyaan seputar ilmu pengetahuan. Tapi tentu saja dikemas secara menarik, informatif dan juga ringan.

Saking populernya, channel Vsauce juga dibagi tiga yaitu Vsauce, Vsauce2, dan Vsauce3. Nah kamu tinggal pilih deh channel yang yang pengen ditonton.


[page_break no="5" title="Crazy Russan Hacker"]


Bagi kamu yang hobi mencoba hal baru dan mempraktekannya, maka channel yang satu ini wajib kamu kunjungi. Channel yang dibawakan oleh Teras Kulakov ini akan menunjukan dan mengajari kamu berbagai percobaan ilmiah yang menganggumkan.

Seperti namanya, orang Rusia ini sering melakukan percobaan-percobaan gila yang tak pernah terpikirkan. Saking menariknya, Crazy Russian Hacker sudah memiliki lebih dari delapan juta subscriber.


[page_break no="6" title="Crack an Egg"]


Bukan cuma orang luar negeri saja yang bisa membuat channel YouTube yang bikin pintar. Pasalnya, orang Indonesia pun mampu melakukannya, seperti channel Crack an Egg. Dikemas secara santai dan humoris, channel ini dengan mudah disukai oleh orang-orang yang butuh jawaban akan pertanyaan-pertanyaan remeh.

Sampai saat ini Crack an Egg telah memilik lebih dari 243 video dengan beragam konten menarik dan edukatif.


[page_break no="7" title="Kok Bisa"]


Bisa dibilang channel Kok Bisa adalah channel pertama buatan anak bangsa yang berisikan video-video edukatif melalui infografis menarik dan enak dilihat. Channel yang dibuat oleh tiga anak UI ini punya konsep yang sederhana. Di setiap videonya mereka berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana tapi penting secara logis lewat animasi-animasi yang menarik.

Melalui tagline “Tidak ada pertanyaan bodoh. Yang ada hanya orang bodoh yang tidak mau bertanya”, channel Kok Bisa terus berkembang dan terus memberikan edukasi positif bagi penikmatnya.

[read_more id="274245"]

Nah apakah kamu punya rekomendasi lain tentang channel YouTube yang bikin pintar?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU