11 Game MOBA Steam Selain DOTA yang Paling Populer di Indonesia

game MOBA terbaik selain Dota

Sudah jelas kalau Dota 2 adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) nomor satu di Steam, tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, game MOBA lain apa yang juga suka dimainkan oleh orang Indonesia? Sebagai perbandingan, ada lebih dari 3 juta pengguna Dota 2 di Indonesia dibandingkan dengan 93 ribu pengguna game MOBA nomor satu di daftar ini. Jauh banget kan bedanya?

Untuk mengumpulkan informasi ini, saya mengambil data dari situs analisis dan basis data produk Steam, SteamSpy dan SteamDB. Daftar game MOBA ini mengambil judul-judul yang terdaftar dalam tag “MOBA”, jadi maaf kalau ada game yang kamu rasa tidak cocok disebut MOBA dan lebih tepat dimasukkan ke genre lain.

Sebagai catatan, “pengguna” merujuk pada jumlah orang yang pernah meng-install game tersebut ke akun Steam-nya. Sementara “pemain” adalah orang yang menjalankan game-nya; seberapa pun singkat atau lamanya dia memainkannya.

11

Deadbreed

Dengan konsep dan desain yang cukup unik, mengambil banyak inspirasi dari dunia horor dan makhluk-makhluk undead, Deadbreed sebenarnya bisa menarik. Sayang, game-nya sendiri dipenuhi dengan microtransaction dan gameplay-nya juga kurang mantap.

Saat artikel ini ditulis, total jumlah pengguna Steam di Indonesia yang meng-install Deadbreed berjumlah 9.695 orang dan 184 orang memainkannya selama dua minggu terakhir. Dengan 3.504 pemain dari seluruh dunia yang aktif selama dua minggu terakhir, Indonesia menjadi negara ketiga teramai yang memainkan game ini bersama Perancis, Serbia, Brasil, dan Polandia.

10

Atlas Reactor

Atlas Reactor bisa dibilang merupakan game MOBA yang beda dari teman-temannya. Bukannya terjadi secara langsung atau real-time, Atlas Reactor malah menggunakan sistem turn-based, jadi kamu benar-benar harus bisa berpikir dua langkah di depan musuhmu dan memperkirakan arah gerakan maupun serangan yang akan mereka lakukan.

Walaupun sayangnya seperti League of Legends, game MOBA ini menggunakan sistem rotasi karakter sehingga kalau kamu nggak niat merogoh kocek, kamu cuma bisa memainkan beberapa karakter tertentu saja.

Saat artikel ini ditulis, jumlah pengguna Steam di Indonesia yang meng-install Atlas Reactor berjumlah 9.732 orang, dengan sebanyak 861 orang Indonesia memainkan game ini selama dua minggu terakhir. Total 3.392 orang dari seluruh dunia pernah memainkan Atlas Reactor dalam satu waktu (all-time peak).

9

Steel Ocean

Ini mungkin salah satu game yang kurang tepat dibilang sebagai MOBA, tapi karena masuk tag, akan tetap saya bahas.

Bisa dibilang, Steel Ocean mirip dengan World of Warships garapan WarGaming. Sama-sama pertempuran kapal laut, sama-sama tembak-tembakan kolosal, sama-sama berlatar Perang Dunia 2. Tapi jalannya permainan di Steel Ocean terasa jauh lebih cepat dan tidak begitu pelit dalam memberikan XP dan membuka kapal-kapal baru.

Steel Ocean adalah game MOBA dalam daftar ini yang jumlah penggunanya menembus angka 10 ribu, yaitu pada 10.878 pengguna. 357 pemain di Indonesia sempat aktif selama dua minggu terakhir.

8

Block N Load

Pada dasarnya Block N Load adalah Minecraft dengan fokus pada pertempuran player vs player 5-lawan-5. Selain membangun kotak-kotak untuk melindungi diri, teman-teman, dan markasmu, kamu juga bisa memasang berbagai macam jebakan seperti turret dan power up lainnya.

Block N Load saat ini memiliki 13.142 pengguna yang berasal dari Indonesia, dan 748 orang di antara mereka memainkan game ini selama dua minggu terakhir saat artikel ini sedang ditulis.

7

Dungeon Defenders II

Awalnya Dungeon Defenders II memang game base defense “saja”, tapi dengan kehadiran mode player vs player-nya, game ini bisa berubah menjadi game MOBA yang nggak kalah seru sama Dota, lho. Dukungan kontrolernya juga membuat game ini bisa dinikmati dengan santai di atas sofa dan di depan TV layar lebar.

Terdapat 17.450 pengguna Dungeon Defenders II dan terhitung ada 885 pemain selama dua minggu terakhir dari Indonesia, dengan total 2.390.419 pengguna dari seluruh dunia.

1
2

SHARE
Previous articlePanduan Impor Save Data Dragon Ball XenoVerse ke XenoVerse 2
Next articleKabar Gembira, Sekuel Shaun The Sheep Movie Segara Dibuat Tahun Depan!

Jadi penulis karena nggak bisa koding.