Benarkah Mi Mix, Android Berlapis Emas 18K, Desainnya Bukan Asli Xiaomi?

Xiaomi Mi Mix

Gregetnya Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2, Bikin Lupa Note7, Harga Separuh iPhone 7!

Setelah melihat desain, harga dan juga spesifikasinya, kalian bakal lupa bentuk Note7 itu seperti apa, karena memang bak pinang dibelah wajahnya dengan Xiaomi Mi Note 2!
Baca Juga

Selain Mi Note 2, smartphone lainnya yang diungkapkan Xiaomi kemarin adalah Xiaomi Mi Mix. Android yang sejatinya berupa konsep Mi Phone ini juga langsung diresmikan eksistensinya oleh sang CEO Lei Jun — bahkan ada purea rupanya, serta, sudah dipatok harganya. Tidak heran jika Mifans di seluruh dunia langsung menganggap konsep ini real. Xiaomi sendiri bekerjasama dengan desainer terkenal dari Perancis, Philippe Starck untuk Mi Phone baru mereka ini.

Philippe Starck design concept for Xiaomi Mi Mix #SamiLuo

Menurut Xiaomi, Mi Mix memiliki teknologi layar yang mampu memberikan kedalaman warna hitam (walaupun belum jelas apakah ini OLED atau AMOLED), serta pengalaman pengoperasian smartphone yang minim bezel (bingkai di sekeliling layarnya) yang dicapai berkat layar 6.4-inchi-nya berhasil menguasai keseluruhan panel depan dengan rasio hingga 91.3%. Yup, tidak ada smartphone lain di dunia ini yang mampu mencapainya. Dan, ini baru konsep, yang dibawa versi purwa rupanya selama event Xiaomi kemarin, serta langsung mendapatkan price tag-nya sendiri. Tidak heran banyak yang lebih penasaran dengan Xiaomi Mi Mix dibandingkan Mi Note 2. Bahkan Xiaomi juga sama memberikan tanggal 4 November 2016 sebagai tanggal perilisannya di Cina… ya, hanya di Cina saja sementara ini.

Xiaomi Pertama dengan 23MP, Ini Keunggulan Exmor IMX318 pada Kamera Mi Note 2

Bagaimana dengan fitur kamera Mi Note 2? Apakah lebih baik dibandingkan Xiaomi Mi 5, Mi 5s, Zenfone 3 Deluxe, atau bahkan, Galaxy S7 dan Galaxy Note7?
Baca Juga

harga-xiaomi-mi-mix-4

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 

  • Layar 6.4-inchi tanpa batas atau dengan bezel yang sangat minim. Menguasai 91.3% panel depannya, dan menjadi rasio layar dengan tubuh terbesar pada smartphone hingga saat ini.
  • Material full keramik, mulai dari panel belakang, framenya, dan juga tombol utamanya, dan diproduksi hingga mencapai tingkat kekerasan 8 MoHs. Casingnya unibody menyatu tanpa adanya perekat eksternal. Material keramik jelas bakal membuat sidik jari mudah melekat. Namun juga jelas, lebih kuat dari bahan kaca, atau bahkan, plastik polycarbonate seperti tipikal smartphone lainnya.

xiaomi-mi-mix-10

  • Teknologi akustik cantilever piezoelectric ceramic yang menggantikan speaker earpiece tradisional, memungkinkan kalian mendengarkan suara panggilan tanpa melalui earpiece, namun suara dihasilkan melalui frame metal di sisi atas layarnya.
  • Sensor proximity Ultrasonic tersembunyi di balik layar, dan menggantikan sensor proximity berbasis infra merah seperti pada tipikal sensor ini yang berada di atas layar
  • Aspect Ratio kustom 17:9, yang lebih lebar dibandingkan yang jamak kita kenal, 16:9 membuat layar lebih maksimal menampilkan konten, bahkan rasio tersebut juga didapatkan walaupun tombol Mi ix ini berupa tombol soft key yang terletak pada layar. Disediakan juga fitur UI Quick Ball yang dengan mudah disembunyikan untuk navigasi mudah, serta juga membuat Mi Mix ini tetap minimalis area depannya

xiaomi-mi-mix-2

  • Kamera depan yang kompak, 50% lebih kecil dibandingkan modul kamera tradisional, dan diposisikan di bawah layar, tepatnya di sisi kanan-bawah (bukan di atas layar seperti tipikal kamera selfie sebuah smartphone). Tinggal putar saja smartphone ini ketika kalian mau melakuka selfie.
  • Bagian pinggir di sisi depan juga dibuat sedikit melengkung, memberi kesan memang tidak ada bezel di sini
  • Prosesor Snapdragon 821, quad-core dengan kecepatan 2.35GHz
  • Memory 4GB LPDDR4 RAM + 128GB UFS 2.0 storage; atau 6GB + 256GB (khusus untuk varian Mi Mix yang kameranya berlapis emas 18 karat)

xiaomi-mi-mix-4

  • Baterai 4400mAh, mendukung fast charging Quick Charge 3.0
  • Ada konektivitas NFC dengan teknologi terkini: Read, write, card emulation, P2P, Mi Pay
  • Kualitas audio HD, 192kHz / 24-bit yang mendukung format lossless melalui prosesor audio khusus
  • Juga sama seperti Mi Note 2, GPS dengan sensitifitas tinggi
  • Kamera utama 16MP dengan fokus PDAF, dan juga auto-focus. Di bawahnya ada sensor sidik jari.
  • Menjalankan Android 6.0 Marshmallow yang dikustom dengan MIUI 8

xiaomi-mi-mix-3

  • Khusus Mi MIX 18k ada lapisan emas 18-karat di sekitar sensor kameranya, dan juga di sekitar sensor sidik jarinya (ini varian dengan RAM 6GB + 256GB storage)
  • Harganya sekitar Rp6.7 jutaan untukvarian RAM 4GB, dan Rp7.7 jutaan untuk varian Mi MIX 18k

Xiaomi – MIMIX (Lei Jun)

Xiaomi Mi Mix ini memang menarik, karena baru pertama kali ini kami mendapatkan ultrasonic proximity sensor dan piezoelectric acoustic technology dalam satu perangkat yang sama, dan bahkan muncul dalam sebuah desain yang cantik. Absennya bezel mungkin bakal membuat kalian bertanya-tanya, dimana mau mengistirahatkan jari. Selain itu, sebuah apa material yang keseluruhan menggunakan keramik ini ini melindungi layarnya yang begitu masif (6.4-inchi ini sama seperti layar Mi Max lho!), terutama ketika terkena benturan. Dan, setahan apa material keramik tersebut bisa mudah menyingkirkan bekas sidik jari penggunanya.

Xiaomi Mi Note 2 Dikonfirmasikan, Pertama dengan Layar OLED yang Melengkung!

Akhirnya Xiaomi membuka tabir Mi Note 2, smartphone Android tergaharnya ini menjadi yang pertama mengajukan dua sisi layar OLED yang melengkung...
Baca Juga

Namun yang tidak kalah penting, apakah benar ini desain asli Xiaomi, mengingat banyak yang menganggap Xiaomi Mi Note 2 begitu mirip dengan Samsung Galaxy S7 dan Galaxy Note7? Jawabannya, coba lihat di halaman kedua!

Lanjut ke halaman 2… 

1
2

SHARE
Previous articleMekanika Dota 2: Mengenal Disjoint, Mekanika Untuk Kabur di Dota 2
Next articleGrand Challenge Deck Clash Royale Ini Bisa Bikin Kamu Menang 12 Kali Berturut-turut!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.