Sony Konfirmasikan Kontroler DualShock 4 Profesional untuk Atlet eSport

DualShock 4

Daftar Lengkap PlayStation 4 Pro Games dan Apa Saja Efek Visual yang Ditambahkan!

Meskipun menurut Microsoft kemampuan PS4 Pro sebenarnya belum cukup untuk merender grafis 4K, namun sudah banyak game PS4 Pro yang dipastikan tampil 4K. Sedangkan sebagian besar lainnya, di-upscaled dari Full HD 1080p.
Baca Juga

Merasa DualShock 4 kurang nyaman digunakan untuk bermain tipikal game yang dilombakan dalam ajang eSports? Sony Interactive Entertainment menjawabnya dengan memberikan dua alternatif kontroler yang resmi mendapatkan lisensi dari mereka, Razer Raiju dan Nacon Revolution. Kedua kontroler profesional ini baru saja dikonfirmasikan, dan keduanya mendapatkan lisensi Sony untuk digunakan bersama PS4 mulai tahun ini.

Razer dan Nacon merupakan dua nama yang sudah dikenal di ranah eSports melalui beragam produk kontroler mereka yang menjadi pilihan para atlet eSports profesional. Sony pun menggandengnya untuk mendesain dua kontroler berlisensi ini, sekaligus makin memperkuat ketertarikan Sony dalam mendekatkan konsol mereka ke tengah komunitas gamer profesional, mengingat kini makin banyak game-game fighting, FPS dan MOBA yang juga dirilis untuk konsol tersebut. Melalui kerjasama dengan Razer dan Nacon, Sony berharap mereka bisa mengoptimalkan masing-masing kontroler tersebut digunakan dengan semua keluarga PS4.

PlayStation 4 Pro vs Project Scorpio, Memilih Konsol Game Terkuat Sejagat!

PS4 mungkin masih menjadi yang terlaris di dunia, namun ketika mencari yang terkuat sejagat, apakah predikat tersebut masih dipegangnya? Berikut perbandingan keluarga PS4 vs Xbox One, agar kalian bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan.
Baca Juga

Mengingat keduanya datang dari dua produsen berbeda, maka layout dan beberapa fitur tambahan (selain fungsi standar DualShock 4) juga berbeda untuk menunjang kebutuhan gamer kompetitif dalam beradaptasi dengan keunikan gameplay masing-masing game. Kedua kontroler mulai tersedia akhir tahun ini, dan untuk pemesanan bisa langsung melalui laman resmi masing-masing, yaitu melalui Razer di sini, dan untuk Nacon bisa diakses di sini.

Berikut fitur profesional yang ditawarkan masing-masing kontroler elit ini:

Razer Raiju

razer-raiju-1

razer-raiju-2

  • Dua bumper tambahan, dan dua trigger (yang bisa dilepas) tambahan
  • Ada panel kontrol di sisi depan kontroler
  • Ada switch untuk trigger-stop, dan mode hair trigger untuk mendapatkan respin trigger yang sangat cepat (pasti dibutuhkan para pemain shooter)
  • Dua profil kustom yang bisa digunakan bergantian dengan cepat dan bebas dikustom
  • Ada jack headset 3.5mm serta tombol khusus untuk mengatur volume, dan juga tombol untuk mute untuk mic
  • Lapisan karet tambahan yang bisa dilepas untuk analog stick, untuk grip tambahan
  • Kompatibel dengan semua sistem PS4 melalui kabel USB sepanjang 3 meter (yang juga bisa dilepas, biar tidak ribet ketika kalian mau menyimpannya)

Nacon Revolution

nacon-revolution-1 nacon-revolution-2

  • Dua stick analog dengan 46° amplitude untuk akurasi dan kenyamanan pengoperrasian
  • Empat tombol shortcut tambahan
  • D-pad dengan delapan arah
  • Empat profil kustom, yang semuanya bisa dikonfigurasi melalui aplikasi khusus pada PC, memungkinkan kalian mengatur ulang tombol, menetapkan macro pada keempat kontrol shortcut dan mengatur analog serta sensitifitas trigger
  • Dua ruang internal dengan enam berat tambahan, untuk mendapatkan keseimbangan dan kenyamanan masing-masing pengguna
  • Kompatibel dengan semua sistem PS4 melalui kabel USB sepanjang 3 meter (yang juga bisa dilepas, biar tidak ribet ketika kalian mau menyimpannya)

Bagaimana menurut kalian dua kontroler DualShock 4 profesional ini? Apakah kalian tertarik mendapatkannya? Apakah ini juga satu langkah Sony merangkul gamer eSports yang selama ini masih berkutat di PC gaming untuk masuk ke konsol mereka yang makin kaya akan pilihan game kompetisi? Sayangnya, belum diungkapkan berapa harga kedua kontroler elit ini.


SHARE
Previous articleBlackBerry Terakhir Resmi Dijual, Android dengan Standar Keamanan Tertinggi
Next articleInilah 4 Prototype Board Game Terbaik Jawara SUBOGAMA 2016!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.