Resmi dari Akira Toriyama, Ini Penjelasan Ilmiah Urutan Waktu Dragon Ball Super

Identitas Black Goku

Inikah Lawan Sebanding Fusion Zamasu Goku Black dalam Dragon Ball Super 64?

Judul Dragon Ball Super 64 resmi mengkonfirmasikan hadirnya fusion Zamas + Black... aakah ini artinya benar jika episode 65 nantinya juga bakal munculkan fusion Super Saiyan baru "Bapak + Anak" seperti yang dirumorkan baru-baru ini?
Baca Juga

Dragon Ball Super makin memanas, bahkan di Jepang arc Zamasu berhasil menggeser kepopuleran One Piece. Episode 60 yang tayang awal Oktober lalu seakan menjadi titik kulminasi arc terbaru serial anime ini (penjelasannya ada di sini). Identitas Goku Black yang selama ini menjadi pertanyaan besar di tengah komunitas akhirnya terjawab.

Goku Black tidak lain adalah Zamasu. Namun momen pengungkapan tersebut sepertinya melahirkan plot twist baru yang pasti butuh waktu untuk menjelaskannya kepada kita, mengingat Goku sendiri salah menduga jika Zamasu menggunakan Super Dragon Balls untuk menciptakan “kembaran” Goku, dan kemudian menjadi abadi. Dalam episode tersebut, Zamasu yang muncul bersama Goku Black jelas mengaku keduanya sama. Goku Black adalah Goku yang asli, namun dengan pikiran Zamasu.

Wujud Super Saiyan Baru

Banyak teori pun berkembang di sini, seperti yang sudah kami jelaskan dalam artikel sebelumnya, seperti kembali mengangkat mengenai timeline alternatif, atau yang lebih jauh prediksinya, Goku Black itu tidak lain menggunakan tubuh Goku yang meninggal karena sakit yang disebabkan Heart Virus di masa depan. Dan tidak kalah dengan tanda tanya bagaimana keduanya bisa berada dalam satu tempat dan waktu yang sama, serta bagaimana Goku Black mendapatkan tubuhnya tersebut adalah bagaimana Goku dan Z Fighters masa lalu yang saat ini akan bertarung melawan keduanya di masa depan, bisa mengalahkan duet Goku Black dan Zamasu.

6 Misteri Dragon Ball Super 65! Dari Kekuatan Fusion Zamasu sampai Hadirnya Blue Vegitto

Siapa nama yang cocok untuk fusion Zamasu dan Black? ZamaBlack, ZamaKu, ZamOku, ZamAck, KuZama, BlackaZam, BlackaZu, GoMasu, atau Black Zamasu? Siapa Super Saiyan White? Benarkah fusion ini hanya bisa dikalahkan dengan Mafuba?
Baca Juga

Menghadapi Goku Black yang dari setiap pertarungannya bertambah kuat (dan dia itu memang tujuannya mencari Goku, bertarung, bertambah kuat. bahkan mencapai Super Saiyan Rose) sudah sangat merepotkan, kini ditambah dengan seorang dewa jahat yang hidupnya abadi.

Karena banyak simpang siur perihal timeline Dragon Ball Super, banyak yang merasa masih bingung dengan bagaimana semuanya terjadi. Walaupun kalian yang mengikuti versi manga dan animenya bersamaan, pasti bisa menarik benang merahnya. Kami sendiri sudah menjelaskan mengenai timeline tersebut dalam artikel sebelumnya, bagaimana terdapat tiga timeline, bagaimana Future Trunks (FT) yang kalian ketahui saat ini berbeda dengan timeline masa sekarang dimana Goku dan yang lainnya eksis, hingga bagaimana trik Zamasu mengelabui waktu sehingga dia bisa menjalankan 0 Martal Plan untuk membasmi semua manusia.

Urutan Waktu Dragon Ball Super

Artikel kami lainnya juga sudah menjelaskan beberapa fakta menarik yang terungkap dalam episode 63. Seperti, Dragon Ball di masa Future yang ternyata telah dihancurkan, sehingga ini akan mengancam keselamatan FT jika ia tewas. Kami sendiri sudah mengulas mengenai hal ini, dalam bentuk prediksi identitas Goku Black, yang salah satunya Goku yang meninggal karena virus jantung yang dihidupkan menggunakan Dragon Ball dari planel Namek (karena Dragon Ball di Bumi sudah hancur).

Selain itu diketahui ternyata Whis adalah seorang Angel. Ia bertugas mendampingi God of Destruction, dan peran sebagai Angel akan terhenti sampai ada God selanjutnya. Sayangnya di masa ini para God telah dibunuh, sehingga di masa ini pun tidak ada Whis.

Untuk melengkapi penjelasan mengenai timeline Dragon Ball Super yang memang kompleks, akhirnya Toei Animation, studio di balik serial anime Dragon Ball Super, memberi kita diagram yang menjelaskan secara singkat timeline Dragon Ball Super ini, khususnya dalam menyinggung Goku/Vegeta dan juga FT, Goku Black, serta adanya beberapa Zamasu yang eksis. Mengingat ini resmi dari Toei, bisa disimpulkan juga jika penjelasan ini datang langsung dari Akira Toriyama.

fusion-zamasu-goku-black-7

Semoga penjelasan ini bisa mencerahkan kalian semua yang masih bingung dengan timeline alternatif dan masa depan yang eksis di dunia paralel yang digunakan untuk membangun arc baru ini — yang memang susah dipahami. Oh ya, tunggu artikel kali selanjutnya untuk menjelaskan lagi total lima timeline yang eksis dalam keseluruhan cerita saga Dragon Ball.

Lanjut ke halaman 2 untuk penjelasan infographic berikut…

timeline-dragon-ball-super

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleWaktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!
Next article12 Game Smartphone Gratis Terbaru Minggu Ini: Zombie Anarchy, Faily Rider, dan Lain-Lain
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.