Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Sebelumnya saya pernah membahas salah satu Dark Spell yaitu Skeleton Poison, kini saya akan memberikan guide CoC lain lain yaitu membahas Earthquake spell!

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Sebelumnya saya pernah membahas salah satu Dark Spell yaitu Skeleton Poison, kini saya akan memberikan guide CoC lain lain yaitu membahas secara tuntas Dark Spell lain yaitu Earthquake spell!

[read_more id="274620"]

Tampaknya memang tidak ada habisnya mengupas Clash of Clans (CoC), game Supercell yang penuh aksi peperangan antar klan yang satu ini. Setelah sebelumnya saya memberikan guide CoC untuk menggunakan salah satu Dark Spell yang sangat kuat, Skeleton Spell, kini saya akan mencoba membahas lebih detail mengenai Dark Spell lain yaitu Earthquake Spell. Berbeda dengan Skeleton Spell yang bisa digunakan untuk menghancurkan unit bangunan, pasukan Clan Castle, dan Hero musuh, Earthquake hanya bisa digunakan untuk memberi damage kepada bangunan. Namun damage yang dihasilkan adalah berupa persentase, yang besar kerusakannya akan terus menurun sesuai dengan Hit Point (HP) dari bangunan yang kamu serang. Untuk lebih detail, langsung saja kita simak bersama guide CoC tentang penggunaan Dark Spell yang satu ini.

[page_break no="1" title="Cara kerja Earthquake Spell"]

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Sudah saya singgung diawal, Earthquake Spell merupakan salah satu Dark Spell yang mampu memberikan damage kepada bangunan dalam bentuk persentase. Namun, persentase kerusakan yang diberikan berdasarkan dari jumlah HP yang tersisa, bukan maksimal HP yang dimiliki bangunan. Bisa dibilang, Earthquake Spell tidak mampu menghancurkan bangunan dengan efektif (kecuali Wall), karena basis kerusakannya berdasar dari HP yang tersisa. Untuk damage yang dihasilkan akan meningkat sesuai dengan level Dark Spell tersebut yaitu antara 14% hingga 25% (level 4 - Town Hall 8).

[read_more id="276007"]

Jika tidak bisa menghancurkan bangunan, kenapa kita harus memakai Earthquake Spell? Alasan yang paling tepat adalah karena Earthquake Spell akan memberikan damage yang sangat besar ketika HP bangunan musuh masih penuh. Saya akan memberikan contoh kondisi di guide CoC ini, misalnya saja untuk meruntuhkan Air Defense, biasanya kamu memerlukan 3 Lightning Spell (dengan total 6 housing space untuk Spell). Namun ketika kamu menggunakan 1 Earthquake Spell, kamu bisa meruntuhkannya dengan hanya menggunakan 2 Lightning Spell untuk menghabisi Air Defense (dengan total 5 housing space saja). Dengan menghemat 1 housing space, kamu bisa membawa lebih banyak Spell dalam berperang bukan?

Earthquake Spell vs Jump Spell

Earthquake Spell juga sangat cocok untuk menghancurkan Wall, karena sifatnya memberikan 4 kali damage jika terkena Wall musuh. Bahkan mampu menghancurkan Wall musuh jika sudah terkena cukup damage sebelumnya. Strategi menghancurkan Wall ini cukup sering digunakan, tetapi apakah lebih baik dari Jump Spell, yang sama-sama "memberikan jalan" kepada prajurit kita untuk menerobos masuk inti markas musuh? Tenang, jangan bingung, di guide CoC ini saya akan membahas dengan detail perbedaan Earthquake Spell dan Jump Spell. Mereka memang membantumu dalam membuka jalan para pasukan, tetapi digunakan dalam kondisi yang berbeda. Contoh saja:

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Earthquake Spell sangat cocok digunakan untuk meruntuhkan TH musuh yang memiliki pertahanan Wall yang berdempetan. Dengan menggunakan Dark Spell ini, Wall musuh yang dempet akan hancur semua, sehingga kamu memperoleh keuntungan alam penyeranganmu.

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Sedangkan Jump Spell sangat cocok digunakan ketika melawan musuh yang memiliki pertahanan Wall yang renggang. Namun kamu juga harus berhati-hati, pertahanan TH yang renggang akan rawan dengan trap!

[page_break no="2" title="Alasan memakai Earthquake Spell"]

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Sebenarnya, hal ini sudah terjawab dari penjabaran di atas. Namun untuk mempersingkat, saya akan berikan penjelasannya per point, agar lebih mudah dimengerti. Berikut ini adalah alasan kenapa kita harus memakai Earthquake Spell:

  • Memberikan damage lebih kepada bangunan yang memiliki HP tinggi karena basis serangannya menggunakan persentase.
  • Hanya membutuhkan 1 housing space.
  • Memberikan damage yang setara di suatu area, tidak seperti Lightning Spell.
  • Sangat efektif menghancurkan Wall, 4 Spell untuk menghancurkan Wall.

[page_break no="3" title="Cara tepat menggunakan Earthquake Spell"]

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Jika Earthquake memberikan kerusakan yang berbasiskan dengan persentase HP bangunan yang masih tersisa, bagaimana cara yang tepat untuk menggunakannya? Paling efektif adalah kamu deploy untuk bangunan yang memiliki HP penuh atau banyak Wall yang berdempetan sekaligus. Biasanya Earthquake Spell sangat cocok untuk menghancurkan Wall lapis akhir, dekat dengan TH musuh, sebab Wall lapis depan bisa dengan mudah dihancurkan oleh Wall Breaker. Jika menyerang bangunan pertahanan, pastikan kamu memiliki Spell lain yang bisa menghancurkan sisa serangan Earthquake Spell, seperti Lightning atau Sekeleton Spell.

Karena berbasiskan persentase, kenapa kita tidak menggunakan dua atau lebih Earthquake Spell sekaligus saat HP bangunan mereka masih penuh? Mungkin hal ini terpikir oleh sebagian besar pemain CoC, tetapi guide CoC dari saya tidak menganjurkan cara tersebut. Meskipun kamu men-deploy dua atau lebih Earthquake Spell sekaligus hasil kerusakannya akan sama saja ketika kamu men-deploy dua atau lebih Earthquake Spell satu per satu. Hal tersebut sudah diperhitungkan Supercell, jadi kamu tidak bisa menghancurkan bangunan musuh secara instan menggunakan Dark Spell yang cukup murah itu. Hehe..

[page_break no="4" title="Mungkinkah Earthquake Spell menghancurkan TH?"]

Guide CoC: Pengertian Earthquake Spell untuk Menghentakkan Markas Musuh

Pertanyaan bagus, karena TH memiliki HP tinggi, apakah kita bisa menghancurkannya dengan Earthquake Spell dan Lightning Spell? Jawabannya adalah tidak, hal ini dikarenakan basis serangan Earthquake Spell akan terus berkurang sejalan dengan berkurangnya HP dari TH musuh.

Saya akan memberikan contoh di guide CoC kali ini. Misalnya kita akan menyerang sebuah TH 10 yang memiliki HP 5,500 poin dengan Earthquake Spells level 4 (25% dari sisa HP bangunan) dan Lightning Spell level 6 (450 damage), maka perhitungannya:

  • 1 Earthquake Spell diawal akan memberikan damage 1,375 poin. HP dari TH 10 tersisan 4,125 poin.
  • Diperlukan 12++ Earthquake Spell lagi untuk bisa dihancurkan oleh 1 Lightning Spell.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU