Tanpa Hantu, 5 Film Ini Lebih Menakutkan dari Film Horor!

film seram

Pernahkah kamu berpikir tentang keberadaan sebuah film non-horor yang akan membuatmu ketakutan setengah mati? Atau, adakah film seram yang mengerikan tanpa kehadiran sosok mahkluk astral? Jawabannya, ada!

Halloween ini, lupakan film horor mainstream! Saatnya menyaksikan pengalaman horor yang berbeda lewat film seram berikut ini.

1

127 Hours

film seram

Aron Ralston (James Franco) adalah seorang pendaki gunung. Dalam sebuah kesempatan, ia menjelajahi sebuah ngarai di Moab, Utah seorang diri. Nahas, ia malah terjatuh ke dalam sebuah jurang dan terjepit di antaranya sebuah batu besar. Selama 5 hari atau sekitar 127 jam, Aron dihadapkan pada dua pilihan, berkorban atau mati.

Dengan peralatan seadanya, ia mencoba membebaskan diri dengan memotong sebagian tangannya yang terjepit. Adegan demi adegan dalam film yang terinspirasi dari kisah nyata ini pasti akan membuat kamu bergidik ngeri. Selain itu, akting James Franco yang luar biasa juga akan membawamu ikut merasakan situasi yang sama.

2

Buried

film seram

Bagi kamu yang mengidap klaustrofobia (ketakutan akan ruangan sempit), film ini mungkin tidak terlalu cocok untuk ditonton. Pasalnya, Ryan Reynolds akan mengajakmu melewati setiap detik kengerian saat terjebak dalam sebuah peti.

Mengisahkan tentang Paul Conroy yang tiba-tiba saja diserang oleh sekelompok orang Iraq tanpa alasan yang jelas. Saat tersadar, Paul menemukan dirinya telah terkubur dalam sebuah peti. Hanya bermodalkan korek api dan ponsel, Paul harus berusaha menyelamatkan dirinya sendiri.

3

Prisoners

film seram

Mengangkat kisah penculikan anak yang mengerikan, film ini menjadi film thriller paling menakutkan, bahkan dari film seram manapun. Diperankan oleh Hugh Jackman dan Jake Gyllenhaal, kamu akan ikut merasakan kepanikan seorang ayah yang tengah berusaha melindungi keluarganya.

Bercerita tentang dua pasangan yang mendapati anaknya telah hilang, mereka pun mencurigai seseorang dengan keterbelakangan mental sebagai pelakunya. Konflik memuncak saat Hugh Jackman bertindak di luar kendali akibat ketidakpercayaannya dengan kinerja polisi.

4

The Impossible

film seram

Dari sekian banyak film bertemakan bencana, tidak ada film yang lebih mengerikan daripada The Impossible. Dalam film keluaran tahun 2012 ini, sang sutradara, J. A Bayona berhasil menciptakan adegan tsunami yang otentik.

Mengambil latar bencana tsunami dahsyat yang terjadi di tahun 2004, sebuah keluarga terjebak dalam liburan yang mengerikan di Thailand. Berkat tangan dingin sang sutradara, setiap adegan tsunami lengkap dengan pemandangan mayat-mayat bergelimpangannya terlihat semakin realistik. Film seram ini tentu bakal membawamu terhanyut dalam ketakutan yang tiada henti di Halloween kali ini.

5

No Escape

film seram

Bayangkan terjebak dalam sebuah kudeta mematikan. Dalam film ini, kamu akan ikut merasakannya. No Escape adalah sebuah film bergenre action thriller yang sangat sukses menghadirkan nuansa ketakutan selama 1,5 jam penuh.

Kepindahan sebuah keluarga asing ke Thailand ternyata tidak semulus perkiraan. Sesaat setelah sebuah sengketa saluran air terjadi, penduduk lokal Thailand memutuskan untuk mengeksekusi semua orang asing yang ada. Akibatnya, Jack Dwyer (Owen Wilson) pun berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan seluruh anggota keluarganya dari ancaman bahaya.

Deretan film-film di atas membuktikan bahwa kehadiran hantu-hantu menyeramkan tidak diperlukan untuk membangun nuansa horor dalam sebuah sinema. Lewat kepiawaian sutradara serta didukung dengan kemampuan akting yang mumpuni dari para aktornya, bukan tidak mungkin film non-horor akan menjadi lebih menakutkan.

Jadi, film seram mana yang menurutmu paling menakutkan dari film horor? Sisipkan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari