Kalau Kamu Main 9 Game Ini, Kamu Pasti Lebih Pintar Dibanding Teman-Temanmu!

game yang bikin pintar
Sumber: Lifehack

Kalau kamu jago main game, sudah biasa. Apalagi kalau jago main game dan prestasi amburadul, hehe. Tapi bagaimana kalau karena jago main game, kamu juga jadi pintar? Nah lho, kok bisa? Bisa-bisa aja dong, karena ada game yang didesain untuk mengasah otak dan berbagai macam penelitian telah membuktikan kalau game secara tidak langsung juga melatih otak!

Penasaran kan, judul apa saja yang masuk dalam daftar game yang bikin pintar dan kemampuan otak apa yang bisa mereka berikan? Yuk langsung saja kita bahas dalam kesempatan kali ini.

10 Pelajaran Hidup dari Game Harvest Moon Ini Bisa Buat Hidupmu Menjadi Lebih Baik!

10 Pelajaran Hidup dari Game Harvest Moon Ini Bisa Buat Hidupmu Menjadi Lebih Baik! Game Harvest Moon Terbaru, download Harvest Moon guide
Baca Juga
1

Brain Age

Game Pintar Brain Age

  • Platform: Nintendo DS dan 3DS

Sempat ikutan ngetren saat booming-nya Nintendo DS, Brain Age adalah game untuk “mengasah otak” yang dikembangkan oleh ilmuwan syaraf dan profesor dari Jepang bernama Ryuta Kawashima. Game yang bikin pintar ini menyediakan berbagai macam minigame sederhana, seperti latihan menghitung cepat, membedakan warna dalam tulisan, dan dan berbagai tugas lainnya termasuk sudoku, untuk melatih otak.

Minigame-nya nggak bisa dibilang keren (dan malah agak receh), tapi kalau kamu rutin memainkan game ini untuk beberapa menit sehari sekali, pastinya bisa menjadi latihan ringan agar otakmu akan terus terstimulasi dan tetap sehat. Bukan sehat jadi nggak gila lho, sehat dalam artian bisa terus berpikir lancar.

2

Tetris

game yang bikin pintar Tetris

  • Platform: Ada di hampir semua konsol dan handheld

Bukan cuma game dengan desain sempurna (hayo, game apa lagi yang gampang dimainkan tapi susahnya minta ampun seperti ini?), Tetris juga kerap kali dipakai sebagai subjek penelitian. Mulai dari mengurangi ingatan traumatis dari penderita post traumatic stress disorder, mengurangi efek ketergantungan kafein dan zat adiktif lain, hingga yang paling sederhana, membantu pengembangan kognitif anak.

Memang, belum ada game yang bisa menandingi kesempurnaan Tetris. Sederhana, susah dikuasai, bebas kekerasan, selalu asyik buat dimainkan, punya banyak manfaat… Nggak ada kekurangannya, deh!

3

Starcraft

game yang bikin pintar Starcraft

  • Platform: PC

Pemain game strategi boleh sombong nih! Nggak cuma kompleks, tapi game real-time strategy (RTS) dapat melatih otak supaya kita bisa berpikir lebih fleksibel. Hasil riset yang dikeluarkan pada 2013 kemarin mengatakan, bermain Starcraft selama 40 jam bisa meningkatkan “fleksibilitas otak”, yang merupakan kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya otak dalam keadaan yang terus berubah. Kemampuan yang digambarkan para ilmuwan sebagai “landasan kecerdasan manusia”!

Ya, jadi dengan memainkan genre game yang bikin pintar ini, secara teori kamu harusnya lebih bisa beradaptasi dan cepat tanggap dengan lingkungan dan keadaan yang terjadi di sekitarmu. Nggak heran lah, kan sudah biasa menghadapi lautan zerg rush yang menyerang markas.

Main Call of Duty juga bikin pintar lho! Nggak percaya, simak halaman 2…