Manjakan Mata Kalian, Seperti Ini Kualitas Grafis 4K dari Game Unggulan PS4 Pro

Horizon Zero Dawn

Menurut Sony Interactive Entertainment selama PlayStation Meeting beberapa waktu lalu, racikan hardware baru yang mereka berikan dalam PlayStation 4 Pro tersebut mampu mengeluarkan output native resolusi Ultra HD atau 4K, sekaligus juga efek High Dynamic Range (HDR) selama permainan, untuk meningkatkan tingkat exposure visualnya agar terlihat lebih cerah, sekaligus lebih realistis.

Horizon Zero Dawn Kembali Perlihatkan Kehancuran Masa Depan Manusia

Jika sebelumnya kalian melihat dinosaurus berkepala UFO, kini ada buaya raksasa yang juga menjadi musuh selama bertualang di dunia pasca kiamat di masa depan!
Baca Juga

Salah satu game yang bakal hadir dengan berbagai dukungan teknologi mesin PS4 Pro tersebut adalah Horizon Zero Dawn, game eksklusif PS4 dari Guerrilla Games ini sebelumnya belum diungkapkan apa saja efek tambahan yang bakal kalian dapatkan ketika memainkannya dengan konsol yang “PRO” tersebut. Hingga kemarin Guerrilla Games membeberkan nilai lebih versi PS4 Pro.

Sebelumnya, lihat kembali video trailernya yang dijalankan melalui PS4 Pro.

Horizon Zero Dawn – Gameplay Trailer | PS4 Pro 4K

Kalian yang memainkannya menggunakan kekuatan tambahan dari PS4 Pro, dan melalui televisi beresolusi 4K Ultra HD yang kompatibel dengan teknologi HDR, bakal mendapatkan dunia yang lebih hidup warnanya. Mereka merendernya pada kualitas 2160p checkerboard, teknik spesial yang akan membuatnya tampil lebih mengagumkan pada televisi 4K dengan banyaknya detail yang terlihat. Detail  2160p checkerboard tersebut bisa kalian lihat melalui video di bawah.

Esensinya, seperti yang kami ulas dalam artikel sebelumnya, kemampuan hardware PS4 Pro secara native sebenarnya masih kurang dalam menampilkan resolusi 4K. Namun dengan teknik 2160p checkerboard, game PS4 Pro bisa tampil 4K melalui proses supersampling, sebagian besar game yang dimainkan menggunakan PS4 Pro bakal di-upscaled grafisnya hingga mendekati 4K.

Mengingat kami yakin masih akan lama sampai mayoritas gamer memainkan  game dengan layar televisi / LCD 4K, maka pernyataan Sony tersebut sepertinya juga untuk mendukung kenyataan bahwa masih belum banyak game yang secara native mendukung resolusi 4K.

Game PS4 Pro 2160p checkerboard

Berkat 2160p checkerboard, bahkan jahitan kain pada baju karakter kalian, Aloy juga terlihat dengan jelas. Gambaran lainnya, daun dan batang pohon akan bergoyang dengan gerakan tersendiri karena angin, meskipun jarak obyek jaraknya berkilometer dari lokasi kalian, serta juga lebih banyak detail pada machine (julukan musuh di sini) dan para NPC (non-playable character).

Game PS4 Pro

Sedangkan untuk efek-efeknya, ada HDR (high dynamic range), yang mampu meningkatkan kualitas tampilan jangkauan warna yang bisa ditampilkan (tetap bergantung juga dengan televisinya, yang harus mendukung HDR), sehingga warna terlihat lebih mendekati warna nyata.

PlayStation 4 Pro vs Project Scorpio, Memilih Konsol Game Terkuat Sejagat!

PS4 mungkin masih menjadi yang terlaris di dunia, namun ketika mencari yang terkuat sejagat, apakah predikat tersebut masih dipegangnya? Berikut perbandingan keluarga PS4 vs Xbox One, agar kalian bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan.
Baca Juga

Namun karena game ini kemungkinan juga akan dimainkan di televisi normal, maka Guerilla Games juga menyesuaikan agar warna-warna tersebut tidak akan hilang ketika dimainkan melalui HDTV biasa. Menurut pengembang, meskipun tanpa televisi 4K yang mendukung HDR, game ini tetap akan tampil dengan warna yang cerah dan dalam, serta kontras yang tinggi.

horizon-zero-dawn-4 horizon-zero-dawn-3

Kualitas yang tinggi walaupun dimainkan melalui HDTV 1080p tersebut menurut pengembang bisa dicapai melalui teknik supersampling. Teknik anti-aliasing berkualitas tinggi tersebut mereka gunakan dalam merender game pada resolusi tinggi mendekati 4K Ultra HD, sebelum kemudian mereka menurunkannya ke kualitas 1080p. Hasilnya, walaupun tampil pada kualitas 1080p, lebih banyak detail masih bisa tampil, pinggiran yang halus, tanpa adanya jaggies (efek bergerigi yang timbul akibat dari teknik digital), dan lebih stabil gambarnya.

Guerilla Games juga memperhatikan kualitas shadow map dengan meningkatkan kualitas anisotropic filtering, seingga didapatkan kualitas texture sampling yang lebih baik, tektur lingkungan juga lebih detail.

Horizon Zero Dawn masuk daftar teratas game eksklusif PlayStation 4 yang paling dinantikan kehadirannya. Game ini akan dirilis untuk PlayStation 4 pada 28 Februari 2017 mendatang di Amerika Utara, dan 1 Maret 2017 di Eropa, serta menyusul 3 Maret 2017 di Inggris Raya.

Horizon: Zero Dawn Gambarkan Manusia Nyaris Punah, dan Bumi Kembali ke Era Prasejarah

Inikah masa depan? "Dinosaurus" mesin menguasai Bumi, dan satu-satunya harapan adalah cewek cantik yang jago memanah ini... yakin deh, kalian pasti rela hatinya terpanah oleh saingan baru Lara Croft yang satu ini!
Baca Juga

Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, Horizon Zero Dawn merupakan game action RPG dengan setting open-world yang sebelumnya direncanakan rilis tahun 2016 ini, namun kemudian ditunda sampai tahun depan. Kalian bakal memerankan seorang pemburu wanita bernama Aloy, yang menjelajahi dunia masa depan pasca kehancuran besar / post-appocalyptic dan juga juga bertolak belakang dari apa yang biasanya kalian temui dalam setting fiksi ilmiah yang modern dalam sebuah Killzone yang selama ini ditangani developer game ini, Guerilla Games.

Daftar Lengkap PlayStation 4 Pro Games dan Apa Saja Efek Visual yang Ditambahkan!

Meskipun menurut Microsoft kemampuan PS4 Pro sebenarnya belum cukup untuk merender grafis 4K, namun sudah banyak game PS4 Pro yang dipastikan tampil 4K. Sedangkan sebagian besar lainnya, di-upscaled dari Full HD 1080p.
Baca Juga

horizon-zero-dawn-2 horizon-zero-dawn-1

Sumber: PlayStation


SHARE
Previous articleFacebook Gameroom Dirilis, Tantang Steam Plus Hidupkan Kembali Game Sosial!
Next articlePasti Dinanti Generasi 90an, Mainan Tamagotchi Bakal Dibuatkan Film Layar Lebar!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.